Sponsors Link

Bolehkah Kangkung Untuk Asam Urat? Ini Penjelasan Lengkapnya

Sponsors Link

Apakah Anda termasuk penderita asam urat? Apakah Anda gemar mengkonsumsi kangkung? Bolehkah kangkung untuk asam urat? Bagaimana cara mengkonsumsi kangkung yang benar untuk kesehatan?

ads

Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang banyak ditemui di Indonesia. Tanaman tropis ini tumbuh di berbagai daerah, baik di darat maupun di air. Hal ini yang membuat kangkung tersebut memiliki dua jenis, yaitu kangkung darat dan kangkung air. Sayuran ini sangat disukai banyak orang dan dapat diolah menjadi beberapa jenis makanan. Selain enak untuk dikonsumsi, kangkung juga memiliki berbagai kandungan gizi yang baik untuk tubuh diantaranya, yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, mineral, kalsium, fosfor, kalium, zat besi, tinggi akan kandungan serat, dan sebagainya.

Adapun manfaat kangkung untuk kesehatan, diantaranya sebagai berikut.

  • Mencegah anemia, karena kangkung mengandung zat besi yang dapat membantu pembentukan sel darah merah;
  • Mencegah diabetes, karena ekstrak kangkung mampu membantu menghambat penyerapan gula;
  • Mencegah sariawan dan gusi berdarah, karena vitamin C untuk asam urat pada kangkung cukup tinggi. Vitamin C bagus untuk asam urat dan membantu mengatasi permasalahan sariawan dan gusi;
  • Menenangkan pikiran, karena memiliki kandungan vitamin B kompleks dan omega3 yang dapat meningkatkan serotin dalam otak dan menciptakan suasana nyaman dan menenangkan pikiran;
  • Menjaga kesehatan mata, karena mengandung vitamin A sebesar 6300 IU (semakin hijau jenis sayuran, maka semakin tinggi kandungan bekarotennya yang dapat mengubah provitamin A menjadi vitamin A dalam pencernaan); dan lain-lain.

Di sisi lain mengenai manfaat kangkung, banyak orang mengatakan bahwa kangkung dapat menyebabkan kantuk. Hal ini dikarenakan kandungan kalium yang cukup tinggi, yaitu sekitar 175 mg setiap cup kangkung. Tingginya kalium dalam kangkung mampu menurunkan tekanan darah seseorang, sehingga menyebabkan rasa kantuk oleh sebagian orang. Namun banyak yang beranggapan bahwa kangkung bahaya dikonsumsi oleh penderita asam urat tinggi dan dijadikan sebagai pantangan makanan bagi penderita asam urat. Apakah benar? Berikut pembahasan mengenai hubungan kangkung dengan asam urat dan boleh tidaknya kangkung untuk asam urat serta bagaimana mengkonsumsi kangkung yang benar bagi penderita asam urat.

Apa hubungan kangkung dengan asam urat?

Menurut rekomendasi dari American College of Rheumatology, bahwa mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam dan kangkung sangat dianjurkan bagi pasien asam urat (gout artristis). Sebenarnya teruntuk orang yang normal tanpa riwayat asam urat dibolehkan untuk mengkonsumsi kangkung tanpa harus mengkhawatirkan nantinya akan terjangkit asam urat jika terlalu banyak mengkonsumsi sayuran tersebut. Hanya saja teruntuk seseorang yang sedang mengalami asam urat tinggi, sebaiknya mengurangi konsumsi kangkung sampai asam uratnya normal kembali. Kangkung bukanlah penyebab asam urat tinggi, hanya saja sebagai pantangan jika seseorang tersebut mengalami asam urat tinggi.

Mengkonsumsi kangkung dengan jumlah yang cukup akan membantu syaraf Anda menjadi lebih rileks. Kangkung mengandung purin dalam jumlah rendah karena setiap 100 gram kangkung hanya mengandung 48 mg purin. Hanya saja jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih memang tidak baik bagi penderita asam urat. Tubuh menyediakan atau memproduksi zat purin secara alami sebanyak 85%, sedangkan 15% sisanya diperoleh dari makanan dan minuman luar yang mengandung purin. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat dikatakan bahwa kangkung merupakan sayuran penyebab asam urat yang relatif aman untuk dikonsumsi apabila dikonsumsi dengan cara yang benar, khususnya bagi penderita asam urat.

Bahaya kangkung jika dikonsumsi secara berlebihan, khususnya bagi penderita asam urat tinggi apabila dibiarkan maka akan berpengaruh terhadap kesehatan ginjal yang bermasalah. Hal ini akan menyebabkan penderita mengalami batu ginjal atau penumpukan zat purin dalam ginjal yang sulit dicerna dan akan mengendap menjadi kristal. Jika hal tersebut terjadi pada Anda, maka Anda diharuskan cuci darah sebagai perawatan jalan seseorang yang sudah terpengaruh kesehatan ginjalnya. Namun Anda tak perlu khawatir jika ingin mencicipi.

Sponsors Link

Cara Mengkonsumsi Kangkung yang Benar

Sebenarnya kangkung dapat membahayakan seseorang yang mengkonsumsinya jika dimasak atau dimakan dengan cara yang salah. Terutama bagi Anda yang menderita asam urat harus lebih memperhatikan cara mengkonsumsi kangkung yang benar agar tidak membahayakan persendian. Sebenarnya mengkonsumsi kangkung tidak berbahaya apabila cara pengolahnya dengan benar, bersih dan seseorang yang mengkonsumsinya dalam keadaan sehat atau tidak memiliki riwayat penyakit tertentu. Berikut cara mengkonsumsi kangkung yang benar agar tidak mengakibatkan efek yang dapat membahayakan kesehatan Anda, khususnya bagi penderita asam urat, yaitu sebagai berikut :

  • Kangkung harus dicuci dengan bersih dan dimasak sebelum dikonsumsi. Apabila tidak dicuci dengan secara bersih, maka masih ada bakteri dan virus yang menempel yang mengakibatkan timbulnya penyakit yang berhubungan dengan sistem percernaan dan persendian. Perlu Anda ketahui bahwa penderita asam urat yang mengkonsumsi kangkung terutama dalam keadaan mentah dan dalam porsi yang banyak, maka kadar asam urat akan semakin meningkat. Secara tidak langsung kondisi ini akan memperparah rasa sakit yang disebabkan karena peradangan asam urat di sekitar persendian.
  • Tidak boleh digoreng dengan menggunakan minyak bekas, karena bukan malah mendatangkan rasa enak, malah akan menimbulkan rasa nyeri pada organ persendian
  • Tidak boleh menggunakan bumbu penyedap rasa (MSG) dan garam yang berlebihan. Hal ini dikarenakan apabila kebanyakan menggunakan bumbu penyedap rasa (MSG) atau memakai garam dengan secara berlebihan, maka akan mengakibatkan timbulnya penyakit persendian seperti asam urat.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat dikatakan bahwa sebenarnya kangkung termasuk ke dalam jenis makanan untuk penderita asam urat yang relatif aman dikonsumsi jika cara pengolahannya benar dan tidak mengkonsumsi secara berlebihan. Tidak selamanya jenis kangkung menimbulkan bahaya. Namun jika Anda mengonsumsinya dengan jumlah yang cukup, maka sayuran tersebut akan mendatangkan efek baik untuk kesehatan tubuh. Hal yang perlu Anda ketahui bahwa jenis kangkung yang memiliki kandungan purin lebih tinggi atau sebaiknya dihindari bagi penderita penyakit asam urat, yaitu jenis kangkung air dibandingkan dengan jenis kangkung darat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Sayuran