Sponsors Link

Bolehkan Makan Kecap untuk Penderita Asam Urat?

Sponsors Link

Penyakit asam urat merupakan penyakit yang banyak terjadi pada orang yang lanjut usia. Namun tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga mengalami asam urat. Di antara faktor pemicu timbulnya asam urat yang paling umum adalah pola makan. Sering memakan makanan yang mengandung kadar purin yang tinggi akan menimbulkan asam urat yang berlebih. Jika produksi asam urat yang berlebih ini tidak dapat dieksresikan keluar tubuh maka akan mengendap dan terbentuklah asam urat.

ads

Penderita asam urat harus memperhatikan pola makan. Hal ini sebagai cara mencegah asam urat kambuh dan tidak semakin parah dan juga sebagai bentuk pengobatan asam urat. Seringkali anda merasa was-was apakah makanan A atau B boleh dikonsumsi atau tidak. Seperti halnya kecap. Bolehkan makan kecap untuk penderita asam urat?

Kecap merupakan produk cair dengan bahan dasar kedelai yang dengan atau tanpa penambahan bahan makanan lainnya yang sudah diizinkan. Kecap ini adalah salah satu bentuk pangan tradisional yang telah terkenal di negara Asia sejak ribuan tahun silam. Warna kecap cenderung cokelat kehitaman dengan rasa manis atau asin, dan kental.

Kandungan dan Manfaat Kecap

Komponen terbesar kecap yaitu karbohidrat seperti sukrosa, glukosa dan fruktosa. Karena kecap terbuat dari kedelai yang memiliki kandungan protein yang tinggi maka kandungan asam aminonya pun cukup tinggi. Kandungan kecap diantaranya:

  • Air 29,61%
  • Protein kasar 1,46%
  • Lemak 0,14%
  • Abu 7,64%
  • Karbohidrat 61,15%
  • Garam (NaCL) 6,27%

Kecap yang bermutu tinggi berkadar garam 18%, gula minimal 40% dan pH-nya berkisar 4,7 – 4,8. Setiap kecap memiliki nilai kandungan tersebut sesuai dengan perlakuan fermentasi. Manfaat kecap untuk kesehatan diantaranya:

  • Memperlancar peredaran darah dan mencegah anemia
  • Kandungan vitamin A pada kecap dapat menjaga kesehatan mata sehingga sangat membantu indra penglihatan kita.
  • Kecap banyak mengandung asam amino. Diantaranya aspartat, treonin, serin, glutamat, prolin, glisin, lisin, leusin dan lainnya. Kandungan asam amino tersebut dapat menambah sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit.
  • Mengurangi kerusakan ginjal
  • Melancarkan pencernaan
  • Melindungi tubuh dari radikal bebas karena senyawa antioksidan di dalamnya

Bolehkan Makan Kecap untuk Penderita Asam Urat?

Kecap merupakan bahan pelengkap makanan yang mengandung purin rendah. Oleh karenanya kecap aman dimakan oleh penderita asam urat. Kandungan senyawa utama kedelai dalam kecap yaitu isoflavon, lesitin dan asam amino yang berfungsi untuk menstabilkan kadar asam urat normal dalam darah. Selain itu, pengaruh positif dari isoflavon tersebut dapat menghilangkan kram jari tangan dan kaki, membuat tubuh lebih segar pada penderita asam urat dan rematik.

Kecap jenis apa yang diperbolehkan untuk penderita asam urat?

  • Pilihlah kecap asin, bukan kecap manis. Kecap manis tentunya lebih banyak mengandung gula (16-61%) dibandingkan kecap asin (4-19%). Kandungan gula atau fruktosa yang tinggi akan menimbulkan produksi lemak di dalam hati semakin tinggi sehingga menyebabkan naiknya kolesterol. Kolesterol yang tinggi juga merupakan pemicu asam urat tinggi. Anda tidak mau hal ini terjadi, bukan? Contoh kecap asin yaitu kecap asin Kikkoman, kecap asin Jamur, kecap cap Anggur dan lainnya. Namun jangan terlalu banyak menggunakannya, karena akan memicu darah tinggi.
    Sponsors Link

  • Pilihlah kecap yang dibuat secara fermentasi bukan hidrolisis. Pada kecap hidrolisis komponen gula telah rusak dan pembentuk cita rasa seperti senyawa ester dan asam organik pun tidak ada.
  • Hindari kecap ikan. Kecap ikan merupakan kecap yang berasal dari fermentasi ikan atau seafood. Teksturnya hampir mirip dengan kecap pada umumnya namun beraroma ikan. Hal ini dikhawatirkan, ikan yang digunakan adalah ikan dengan kandungan purin tinggi. Jika demikian, dapat memicu tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Kecap ikan ada yang terbuat dari ikan asin dan udang. Udang mengandung 234 mg/100g purin yang termasuk dengan kandungan purin tinggi.

Anda boleh memakan kecap ini dengan tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Bukan berarti kecap yang terbuat dari kedelai ini dapat dikonsumsi secara bebas tanpa efek samping. Mengkonsumsi kecap secara berlebihan dapat menimbulkan efek negatif, diantaranya:

  • Gagal ginjal disebabkan oksalat dan pitoestrogen di dalam bahan dasar kedelai.
  • Membuat sel darah menggumpal karena kandungan hemagglutinin di dalamnya.
  • Menghalangi penyerapan mineral di dalam tubuh manusia karena kandungan fitat dalam kecap yang cukup tinggi.
  • Menurunkan jumlah sperma berkurang karena meningkatkan kadar hormon seks estrogen sehingga mengganggu kesehatan pria.

Nah itulah tadi penjelasan mengenai kecap untuk penderita asam urat. Boleh dikonsumsi, tapi jangan berlebihan. Semoga bermanfaat.

, , ,