Sponsors Link

Apakah Kecipir Menyebabkan Asam Urat Tinggi?

Sponsors Link

kecipirPenyakit asam urat dapat muncul kembali dan kambuh karena memang penyakit tersebut merupakan salah satu jenis penyakit kronis. Gejala dan serangan asam urat dapat muncul jika kadar asam urat di dalam darah melebihi kadar normalnya sebagai salah satu ciri ciri penyakit asam urat tinggi. Kadar asam urat dapat meningkat karena berbagai macam penyebab yang lebih banyak dikarenakan gaya hidup dan pola makanan yang salah. Oleh karena kondisi penyebab itu banyak sekarang ini penyakit asam urat diderita oleh orang yang masih memiliki usia muda.

ads

Sebagai penderita asam urat, mengatur pola makan merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan demi menghindari munculnya asam urat kembali karena memang penyebab asam urat tersebut adalah karena makanan yang salah. Dalam pengaturan makanan yang sebaiknya dilakukan oleh penderita asam urat, menghindari beberapa jenis makanan terutama yang memiliki kandungan purin tinggi sebaiknya dilakukan mengingat adanya purin dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat di dalam darah.

Salah satu jenis makanan yang dapat menyebabkan penyakit asam urat adalah kacang kacangan karena kandungan purin di dalamnya. Purin yang terdapat di dalam kacang dapat dimetabolisme oleh tubuh dan hasil akhir dari proses metabolisme tersebut adalah asam urat. Yang menjadikan pertanyaan apakah semua jenis kacang memiliki kandungan purin yang cukup tinggi dan dapat menyebabkan asam urat. Dalam penjelasan kali ini akan membahas mengenai salah satu jenis tumbuhan yang dikenal dengan nama kacang yakni kecipir. Berikut ini ulasan mengenai kecipir menyebabkan asam urat atau tidak dalam penjelasan dibawah ini.

Kecipir menurut wikipedia merupakan tumbuhan merambat anggota suku Fabaceae (Leguminosae) yang Pucuk dan polong mudanya dimanfaatkan sebagai sayuran. Kecipir di berbagai daerah memiliki nama tertentu seperti kacang botol atau kacang belingbing di daerah sumatera, kacang emping di palembang, biraro di Manado dan beberapa sebutan nama lainnya. Bukan hanya lokal, nama bahasa inggris untuk kecipir juga beragam mulai dari winged bead, winged pea, hingga asparagus pea.

Tanaman kecipir bagi masyarakat Indonesia banyak dimanfaatkan pucuknya, buah yang muda, dan beberapa dedaunannya dalam olahan berbagai makanan atau sayuran dan bahkan digunakan sebagai lalapan. Kacang kecipir yang sudah tua dapat diolah menjadi beberapa jenis makanan seperti tempe, tepung, minyak kecipir, dicampur dalam kopi dan susu. Selain dapat dimanfaatkan dalam berbagai macam hidangan makanan ternyata kecipir memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Beberapa manfaat obat dan kesehatan yang dimiliki kecipir tersebut diantaranya seperti :

  • Pengobatan bengkak pada mata dan Sakit telingga

Manfaat pertama yang dapat diperoleh dari kecipir adalah membantu dalam proses pengobatan mata yang bengkak melalu ekstrak dari daun kecipir.Selain berguna dalam membantu pengobatan bengkak di mata ternyata ekstrak daun kecipir tersebut juga dapat membantu secara efektif dalam pengobata munculnya sakit di daerah telingga.

  • Obat bisul alami

Daun kecipir yang direbus dan lalu diremas dapat dicampur dengan adas pulasari yang banyak digunakan sebagai salah satu obat bisul alami di masyarakat. Penggunaan kecipir sebagai obat bisul sudah dikenal luas efektifitasnya di masyarakat.

  • Menjaga kesehatan tubuh

Kecipir juga dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dalam hal membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh, memperlancar sistem pencernaan, mencegah terjadinya anemia, baik untuk pertumbuhan sel dan jaringan syaraf, menjaga kesehatan tulang, meningkatkan stamina tubuh, mencegah kerusakan DNA, serta bertindak sebagai sumber energi alternatif bagi tubuh.

Kandungan yang terdapat di dalam buah kecipir dipercaya sebagai sumber dari manfaat kesehatan yang dijelaskan diatas tersebut. Kecipir memiliki kandungan protein dan lemak yang tinggi sama seperti kandungan pada kacang kedelai. Biji kecipir memiliki banyak kandungan nutrisi baik diantaranya flavonoid, saponin, tanin, beberapa jenis mineral seperti fosfor kalsium dan magnesium, karbohidrat, vitamin c, dan antioksidan yang lebih tepatnya adalah tocopherol. Banyaknya manfaat yang dimiliki oleh kecipir tersebut apakah sebagai kacang kacangan kecipir menyebabkan asam urat.

Melihat kandungan yang ada meskipun kecipir termasuk dalam bagian polong polongan atau golongan fabaceae, sejauh ini tidak ditemukan artikel atau ulasan yang menjelaskan bahwa kecipir memiliki kandungan purin yang tinggi bahkan kecipir ternyata baik digunakan untuk para penderita kolesterol dalam menjaga kandungan kolesterol di dalam darah agar tindak tinggi. Oleh karena penjelasan tersebut maka jawab atas pertanyaan apakah kecipir menyebabkan asam urat adalah kemungkinan besarnya tidak meskipun kecipir bukan merupakan bagian dari cara menurunkan asam urat tinggi secara alami.

Kandungan purin di dalam kecipir yang rendah atau bahkan tidak terdeteksi juga disebabkan karena buah kecipir yang dikonsumsi lebih banyak yang masih dalam kondisi muda. Meskipun tidak menyebabkan asam urat dan bukan termasuk dalam pantangan makanan bagi penderita asam urat, konsumsi buah kecipir tetap perlu diperhatikan terutama jika setelah mengkonsumsi ada tanda tanda munculnya gejala penyakit asam urat pada penderita asam urat makan sebaiknya konsumsi kecipir tidak lagi dilakukan.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Sayuran