Sponsors Link

Cara Mengonsumsi Kemangi untuk Asam Urat dan Efek Sampingnya

Sponsors Link

Penyakit asam urat sekarang ini menjadi salah satu permasalahan kesehatan yang penderitanya semakin tinggi. Ada beberapa penyebab tingginya kadar asam urat di dalam tubuh, baik dari pola makan yang tidak sehat maupun gaya hidup yang buruk. Sebagian besar orang bahkan tidak waspada jika menderita asam urat karena tidak pernah mengecek kadarnya dengan cara pemeriksaan asam urat darah secara rutin.

ads

Asam urat darah yang juga biasa disebut dengan penyakit gout ini, pada umumnya akan menyebabkan keluhan seperti nyeri pada persendian tulang hingga pembengkakan pada kaki pada penderitanya. Hal ini tentunya bisa menggganggu pekerjaan dan segala aktivitas yang dilakukan, karena bisa menyebabkan ketidak nyamanan saat bergerak. Dengan begitu, jika muncul gejala asam urat sebaiknya segera diperiksakan agar dapat segera dilakukan penanganan secepat mungkin.

Jika berbicara mengenai penanganan atau pengobatan asam urat, salah satu bahan alami yang bisa membantu menurunkan kadar asam urat adalah tanaman kemangi. Tanaman kemangi atau lebih tepatnya daun kemangi ternyata memiliki sifat diuretik, yang mana bisa membantu menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh dan juga bisa mencegah penderita mengalami gagal ginjal.Selain itu, seperti halnya dengan manfaat daun serai untuk asam urat, manfaat daun kemangi untuk asam urat ini disebabkan karena memiliki kandungan yang bermanfaat seperti berikut ini:

  • Zat kalsium, yang dapat membantu mengatasi permasalahan tulang yang muncul akibat asam urat seperti nyeri pada lutut, pergelangan kaki atau lainnya.
  • Minyak atsiri, yang bermanfaat untuk mengatasi persendian tangan, kaki, lutut atau lainnya yang mengalami ngilu saat digunakan.
  • Senyawa anti inflamasi, yang bisa mengatasi pembengkakan pada kaki yang bisa muncul karena kadar asam urat yang tinggi dalam darah.
  • Zat fosfor, yang bisa membantu mengontrol kandungan asam dan basa dalam tubuh agar tetap seimbang.
  • Senyawa lain seperti flavonoid, anetol, boron, eugenol dan arginin yang merupakan nutrisi yang bermanfaat untuk penderita asam urat.

Dengan banyaknya kandungan di dalamnya, tidak heran lagi jika daun kemangi sangat bisa dimanfaatkanuntuk mengobati asam urat dengan mengatasi berbagai tanda-tanda asam urat yang dialami penderitanya. Di samping kandungan di dalamnya dapat membantu menurunkan kadar asam urat, kandungan yang ada di dalam daun kemangi juga dapat menjaga kesehatan tubuh juga bisa menjaga jantung agar tetap sehat, meningkatkan kesehatan tulang dan lain sebagainya.

Daun kemangi biasanya dikonsumsi sebagai lalapan atau sebagai campuran masakan tertentu untuk menambah aroma. Untuk mengobati penyakit asam urat, daun kemangi bisa diolah menjadi ramuan tradisional. Di bawah ini merupakan langkah untuk membuat ramuan tradisional dari daun kemangi untuk asam urat agar cepat sembuh, yaitu:

  • Disiapkan daun kemangi yang segar dan berwarna hijau pekat secukupnya dan air bersih untuk merebus.
  • Cuci daun kemangi sampai benar-benar bersih, lalu masukkan ke dalam panci yang sudah diisi air.
  • Rebus sampai mendidih lalu saring air rebusannya, kemudian diamkan sampai agak dingin.
  • Ambil satu gelas air rebusan untuk dikonsumsi.

Perlu diingat bahwa air rebusan daun kemangi untuk asam urat yang dibuat hanya untuk satu kali konsumsi saja, jangan disimpan untuk dikonsumsi lagi kemudian. Untuk membantu terapi asam urat tinggi tanpa obat, ramuan daun kemangi ini bisa dikonsumsi 1-2 kali dalam sehari secara teratur.

Daun kemangi termasuk ke dalam tanaman sayur yang tidak memiliki efek samping untuk kesehatan, malah bisa meningkatkan kesehatan tubuh dengan memberikan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Namun jika memanfaatkan daun kemangi untuk asam urat tentunya juga harus berhati-hati, sehingga sebelum menggunakannya harus dikonsultasikan pada dokter dahulu jika ingin menggunakannya bersamaan dengan obat obatan dari dokter. Ada beberapa efek samping yang bisa timbul dengan mengkonsumsi daun kemangi ini, seperti:

  • Di samping bermanfaat untuk mengatasi ciri-ciri penyakit asam urat tinggi, daun kemangi juga dapat menurunkan kadar gula di dalam darah. Sehingga dapat menimbulkan efek seperti pusing atau sakit kepala terutama jika dibarengi dengan konsumsi obat diabetes.
  • Jika dikonsumsi sebagai lalapan, bukan sebagai ramuan dan kurang bersih saat mencuci bisa saja masih terdapat bakteri yang menempel. Sehingga bisa menyebabkan rasa mual, muntah atau sakit perut.

Menggunakan ramuan daun kemangi untuk mengatasi asam urat dan menghilangkan nyeri asam urat dengan cepat yang aman adalah mengkonsumsinya sesuai anjuran saja, jangan berlebihan karena walaupun bersifat alami jika berlebihan malah bisa menimbulkan masalah lainnya. Demikian informasi mengenai berbagai manfaat daun kemangi untuk asam urat, beserta dengan cara pembuatan ramuan daun kemangi. Semoga bermanfaat.

, ,



Oleh :
Kategori : Sayuran