Sponsors Link

5 Cara Mengolah Kemiri untuk Asam Urat Paling Manjur

Sponsors Link

kemiriSiapa yang tidak mengenal bumbu satu ini, kemiri merupakan bahan rempah yang digunakan oleh masyarakat sebagai bumbu masakan. Namun dibalik manfaatnya sebagai masakan, ternyata kemiri juga dapat dijadikan ramuan dalam mengobati penyakit asam urat.

ads

Kemiri untuk asam urat juga banyak digunakan sebagai bahan kecantikan dan obat tradisional dalam pengobatan beberapa jenis penyakit. Selain bijinya yang dimanfaatkan, olahan minyak kemiri juga baik digunakan sebagai olahan kosmetik dan masakan.

Kemiri merupakan bahan alami yang memiliki kandungan bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti vitamin E, serat, mineral, magnesium, tembaga, gliserida, asam linoleat, asam minyak, protein, vitamin B1, dan zat lemak. Sebagai bahan pengobatan asam urat alami bagi penderita asam urat, beberapa olahan kemiri bisa dijadikan pilihan dalam menu diet penderita asam urat dan kolesterol sehat Anda. Anda juga dapat menggunakan penanganan asam urat secara tradisional sebagai alternatif alami.

Untuk mengetahui olahan apa saja yang bisa dijadikan pengobatan alami dari kemiri, berikut beberapa referensinya:

1. Kemiri Bersama dengan Buah Nanas dan Lobak

Campuran jus ini dapat dijadikan sebagai pilihan dalam pengobatan penyakit asam urat Anda. Caranya yaitu siapkan bahan sebagai berikut :

  • Buah nanas matang (ambil 3 – 4 iris)
  • Lobak putih
  • 2-3 buah kemiri

Setelah bahan tersebut dicuci bersih, langkah selanjutnya masukkan semua bahan secara satu persatu kedalam mesin blender, setelah dirasa cukup halus tambahkan 2-3 sendok makan madu, agar ada sensasi rasa manis jambu. Dirasa sudah lengkap, silahkan sajikan jus tersebut sebagai minuman keseharian Anda, lakukan cukup 1 kali dalam sehari. Coba praktekan selama 3 sampai 6 bulan, hasilnya dapat dicek melalui darah atau medical check up lainnya.

2. Kemiri Bersama dengan Batang Serai

Untuk bahan yang satu ini tidak untuk dibuat minuman atau jamu, melainkan ramuan sebagai obat luar yaitu obat oles atau balur. Manfaat bahan ini yaitu untuk menghilangkan terjadinya kaki bengkak pada persendian dan bagian lain pada saat terjadi inflamasi asam urat. Bahan yang diperlukan yaitu :

  • Siapkan 3  batang serai yang sudah dibuang daunnya dan sudah dibersihkan.
  • Siapkan 3-4 butir kemiri yang sudah dibuang kulitnya.
  • Siapkan air secukupnya.
  •  Siapkan wadah atau tempat untuk dipanaskan.
  • Setelah bahan tersebut dipersiapkan, tumbuk batang serai sampai akhirnya menjadi hancur.
  • Setelah itu campur dengan kemiri yang sudah dihaluskan dan masukkan air secukupnya.
  • Setelah bahan tersebut tercampur, siapkan tempat atau wadah sebagai tempat untuk memanaskan campuran tersebut, tujuannya agar ramuan tadi terasa panas dengan dipanaskan diatas bara api atau kayu perapian.
  • Setelah dirasa cukup panas, diamkan sebentar sampai ramuan agak hangat.
  • Lalu setelah hangat ramuan siap dibalurkan ke tubuh yang dirasa bengkak dan sakit.
  • Diamkan sampai benar-benar bengkaknya hilang.

Dan ramuan yang masih tersisa, jangan langsung dibuang ampasnya. Karena bisa Anda jadikan sebagai bahan kompres dan balutan pada bagian yang bengkak.

Sponsors Link

3. Minyak Kemiri dan Jahe

Ramuan lain yang bisa dijadikan sebagai obat luar alias baluran yaitu dengan menggunakan kemiri serta jahe. Caranya cukup mudah, siapkan 1 ruas jahe kemudian haluskan jahe tersebut, setelah dirasa halus campur dengan beberapa tetes minyak kemiri. Setelah ramuan tersebut tercampur balurkan atau oleskan pada persendian atau bagian tubuh yang dirasa sakit dan bengkak akibat penyakit asam urat. Rutin menggunakan ramuan ini akan membuat rasa bengkak dan sakit berangsur hilang.

4. Kemiri sebagai Lalapan (Disangrai / Gongseng)

Jika Anda hobi dengan yang namanya lalapan, tentu terdengar asing apabila kemiri dijadikan sebagai bahan santapan sehari-hari. Kemiri untuk asam urat memiliki kandungan yang mampu mengurangi rasa sakit yang terjadi karena disebabkan asam urat. Caranya cukup ambil beberapa butir kemiri ( sesuaikan degan selera ), lalu siapkan perapian / kompor, panggang atau digongseng / sangrai kemiri tersebut. Setelah dirasa cukup sajikan dengan lalapan dalam menu harian Anda. Cara ini memang jarang dilakukan karena rasa yang sedikit aneh, tapi bila dibandingkan dengan manfaatnya, tentu dapat dijadikan pilihan dalam penanganan asam urat secara tradisional.

Sponsors Link

5. Kemiri sebagai Lalapan (Dikukus atau Rebus)

Sajian bahan sajian berupa lalapan, kemiri untuk asam urat juga dapat diolah seperti dikukus atau direbus. Caranya cukup mudah, ambil beberapa butir kemiri atau sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Siapkan panci untuk merebus atau mengukus kemiri, rebus atau kukus dalam beberapa menit saja. Jangan sampai terlalu lama karena akan menghilangkan kandungan vitamin di dalamnya. Setelah dirasa cukup, angkat dan diamkan sejenak. Setelah hangat, jadikan kemiri sebagai menu lalapan Anda. Lakukan dengan rutin niscaya asam urat akan sendirinya berkurang dan hilang.

Perlu menjadi catatan pula, semua penyakit tidak akan sembuh bahkan hilang total apabila Anda tidak dapat menerapkan hidup sehat dan menghindari makanan penyebab asam urat. Hindari makanan dan minuman yang dapat menjadi pencetus datangnya gejala dan tanda-tanda asam urat. Dengan rutin menjaga tubuh berolahraga dan banyak konsumsi asupan yang dianjurkan, maka kesehatan Anda akan terjaga dengan baik.

Perlu waktu apabila Anda memutuskan pengobatan dengan cara alami, berbeda jika Anda memilih obat kimia karena reaksi kimia akan cepat terasa. Namun dengan pengobatan alami tubuh Anda akan terjaga dari yang namanya efek samping obat kimia yang tentu sangat berbahaya. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal