Sponsors Link

Kenapa Asam Urat Sakit Ketika Malam? Ini Penyebab dan Pencegahannya

Sponsors Link

Salah satu penyakit yang paling banyak diderita di Indonesia yakni asam urat memiliki berbagai gejala yang memunculkan rasa tidak nyaman. Sebagai penumpukan sisa zat purin dalam proses metabolisme, kristal asam urat dapat menyerang berbagai organ tubuh seperti tangan, kaki, siku khususnya pada bagian persendian seperti jari dan pergelangan. Akhirnya timbul rasa sakit, kaku, dan nyeri ketika disentuh baik ketika pembengkakan belum maupun telah terjadi.

ads

Faktanya, kebanyakan gejala berupa rasa sakit ini meningkat dan terus terjadi pada malam hari, tepatnya pada tengah malam hingga pagi hari. Hal ini tentu membuat penderita tidak bisa beraktivitas dengan lancar maupun beristirahat dengan tenang. Lalu, apakah penyakit asam urat bisa disembuhkan? Simak penjelasan di bawah ini:

Penyebab

Gejala rasa sakit pada penyakit asam urat dapat terjadi pada semua kalangan baik pria maupun wanita dari beragam usia. Terlebih lagi, rasa sakit ini datang secara tiba-tiba di tengah tidur malam. Memerahnya kulit yang disertai sensasi panas hingga demam tentu mengejutkan terutama bagi penderita yang mengalami asam urat untuk pertama kali sehingga Anda akan sulit untuk melanjutkan tidur.

Sensasi terbakar pada bagian tubuh terjadi karena kandungan asam urat yang terlalu tinggi di dalam aliran darah. Kandungan asam urat berasal dari zat purin yang gagal dibuang melalui urin setelah proses metabolisme. Kadar zat purin yang normal akan bermanfaat bagi tubuh, salah satunya sebagai penyusun kode genetik dalam sintesis protein. Namun kelebihan zat ini memberikan dampak negatif bagi tubuh yakni menumpuk menjadi asam urat. Sedangkan kakunya sendi disebabkan oleh rasa sakit yang terlalu sering dialami atau telah terbiasa sehingga jaringan tersebut mengeras.

Terutama pada malam hari, suhu rendah di sekitar tubuh dan disertai dehidrasi mampu menimbulkan serangan asam urat. Inilah salah satu pentingnya minum air sebelum tidur untuk kesehatan. Ketika tidur di malam hari, Anda juga mungkin tidak menyadari kekurangan oksigen baik karena penyakit maupun faktor lingkungan sehingga asam urat meningkat di dalam darah, bukannya oksigen pada saat kondisi normal.

Pengobatan

Ketika sakit pada asam urat datang di malam hari, tentunya Anda akan merasa kesulitan untuk melakukan pengobatan kepada dokter karena sudah terlalu larut malam. Maka langkah pertolongan pertama pada asam urat akan sangat bermanfaat bila Anda mengetahui dan mampu menerapkannya untuk mengatasi rasa sakit. Adapun manfaat jangka panjang yang dapat diperoleh ialah mampu untuk menghilangkan asam urat tinggi.

Rasa nyeri yang datang harus segera diredakan melalui bahan yang segar seperti kompres es batu dengan balutan kain. Hal ini juga mampu menyegarkan kulit di sekitar persendian yang diserang asam urat. Sedangkan untuk melancarkan sirkulasi darah, Anda dapat meninggikan posisi sendi yang membengkak dengan penyangga yang nyaman seperti bantal atau tumpukan selimut.

Setelah berbaring, Anda dapat menambah tindakan pengobatan dengan obat anti-inflamasi nonsteroid seperti natrium naproxen dan ibuprofen. Namun Anda juga harus memeriksa apakah tubuh memiliki larangan obat-obatan tertentu untuk meminimalisir efek samping.

Sponsors Link

Pencegahan

Sebelum tidur, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang kaya zat purin, seperti daging merah, protein hewani, makanan seafood, jeroan, dan lain-lain. Hal ini sekaligus diterapkan menjadi gaya hidup sehat yang paling efektif untuk mencegah kambuhnya asam urat. Sama halnya dengan pembatasan terhadap alkohol dan minuman yang mengandung kadar pemanis buatan tinggi tetapi juga tidak lupa menambah asupan air putih. Alkohol dan minuman terlalu manis menjadi makanan yang dihindari oleh penderita asam urat dan rematik maupun penyakit berbahaya lainnya, seperti kemandulan hingga kematian.

Pada kasus asam urat karena faktor genetik, asam urat juga menjadi masalah tersendiri. Maka Anda seharusnya menjauhi faktor risiko yang memperparah asam urat, misalnya memiliki kelebihan badan atau obesitas serta memiliki penyakit kronis seperti diabetes, gangguan ginjal, dan lain-lain. Obesitas dapat dilakukan dengan menerapkan menu diet asam urat yang praktis. Langkah pencegahan juga dapat dilakukan oleh keluarga, khususnya dalam cara memasak makanan yang diinginkan, misalnya memasak ayam untuk asam urat, sehingga Anda tetap dapat mengonsumsinya tanpa risiko tinggi.

Jika Anda mengalami rasa sakit pada persendian terutama di malam hari, Anda harus mampu memastikan perbedaan penyakit asam urat dan rematik. Kedua penyakit ini sering disalahartikan sehingga pengobatan yang dilakukan tidak mempengaruhi rasa sakit. Maka pemeriksaan kadar asam urat dalam tubuh menjadi hal yang penting terutama jika gejala sudah terlihat pada Anda yang mulai beranjak memasuki usia kepala tiga. Pemeriksaan kesehatan secara rutin juga dapat mengenali potensi penyakit lain sehingga menjadi langkah yang baik dilakukan.

, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab