Sponsors Link

Bolehkah Mengkonsumsi Kentang untuk Asam Urat Tinggi?

Sponsors Link

Penyakit asam urat merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak sekali dialami terutama oleh kalangan orang tua meskipun saat ini mulai banyak penderita dengan usia yang masih relatif muda. Kondisi penyakit asam urat tersebut terjadi akibat adanya peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh diatas kadar normalnya yakni 6,0 mg/dl untuk wanita dan 7,0 mg/dl untuk pria. Peningkatan asam urat tersebutlah yang dapat menyebabkan terjadinya berbagai macam gejala dan serangan asam urat.

ads

Beberapa serangan yang dapat menyebabkan seorang penderita penyakit asam urat menjadi kesakitan dan merasakan kondisi yang bahkan dapat menghambat segala aktivitas akibat adanya peningkatan kadar asam urat tersebut seperti munculnya nyeri hebat serta pembengkakan pada beberapa sendi terutama sendi gerak seperti pada jari kaki dan tangan maupun bagian tubuh lainnya. Kondisi serangan asam urat tersebut terjadi akibat adanya penumpukan kristal asam urat yang berbentuk seperti kristal jarum.

Kondisi penumpukan asam urat tersebut tidak boleh dibiarkan begitu saja karena asam urat di dalam tubuh perlu dibantu untuk dieksresi lebih cepat sehingga gejala yang ada akan hilang kadar asam urat dapat kembali terkendali. Salah satu cara mencegah asam urat kambuh kembali adalah dengan mengatur pola makan dan memperhatikan jenis makanan tertentu yang salah satunya akan dijelaskan dalam artikel ini yakni kentang. Berikut penjelasan mengenai kentang untuk asam urat tinggi dalam ulasan di bawah ini.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai boleh tidaknya kentang untuk asam urat tinggi, maka penjelasan awal ini akan lebih menitik beratkan mengenai pengenalan terhadap kandungan dan manfaat dari kentang. Kentang merupakan jenis tanaman yang dimanfaatkan umbi batangnya dan sudah dikenal cukup lama sebagai salah satu alternatif makanan yang mengandung karbohidrat. Kentang di masyarakat dapat diolah menjadi berbagai macam makanan mulai dari dicampurkan dalam sop hingga perkedel kentang.

Kentang memiliki beberapa kandungan yang tentunya bermanfaat bagi tubuh diantaranya karbohidrat, protein, lemak, serat pangan, tidak mengandung kolesterol, kalsium, vitamin C, zat besi, vitamin B6, magnesium, kalium, dan beberapa mineral lain seperti fosfor, niasin, kolin, dan zinc. Dengan kandungan yang ada tersebut tentu kentang memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut ini beberapa manfaat kentang yang disebutkan di bawah ini.

  • Menjaga berat badan, kentang merupakan jenis karbohidrat yang dapat menetap lama di tubuh dan dicerna secara perlahan sehingga sering kali digunakan dalam program diet untuk menjaga dan membantu menurunkan berat badan. Kentang yang digunakan untuk menjaga berat badan harus diolah dengan benar.
  • Melancarkan pencernaan, kandungan serat di dalam kentang dapat membentuk memperlancar pencernaan dan mengatasi kondisi sembelit atau kesulitan buang air besar yang memang muncul karena dipicu oleh tubuh yang kekurangan serat.
  • Membentuk energi, kandungan beberapa senyawa penting  di dalam kentang dapat membantu memecah nutrisi yang ada di dalam tubuh untuk berguna dalam membentuk energi bagi keperluan aktivitas harian manusia.

Bolehkah makan kentang untuk asam urat tinggi?

Jika dilihat dari kandungan dan manfaat yang ada, tidak ada efek buruk atau memperburuk kondisi penderita penyakit asam urat ketika mengkonsumsi kentang. Karena hal tersebut, kentang dapat dikonsumsi oleh penderita asam urat sebagai salah satu makanan sehat yang juga bermanfaat untuk mencegah komplikasi asam urat berupa penyakit kolesterol karena di dalam kentang tidak ditemukan kandungan kolesterol sedikit pun.

Selain tidak adanya efek buruk dari konsumsi kentang pada penderita asam urat, kentang ternyata juga bermanfaat dalam membantu mengatasi kondisi asam urat. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya kandungan vitamin B5 yang dapat memecah asam urat di dalam tubuh sehingga dapat dieksresikan lebih mudah dan menjadikan kadar asam urat berkurang dari sebelumnya. Asam urat menjadi satu diantara 5 pilihan makanan penderita asam urat yang aman untuk dikonsumsi seperti jagung, wortel, daun seledri, dan kubis.

Bagaimana cara konsumsi kentang yang benar?

Kentang dapat bermanfaat bagi penderita asam urat ketika di konsumsi dengan benar dan diolah secara baik. Konsumsi kentang bagi penderita asam urat dapat dilakukan setiap hari secara rutin untuk setidaknya membantu mencegah kambuhnya penyakit dan gejala asam urat yang ada. Cara mengolah kentang untuk asam urat sebaiknya cukup dengan merebusnya hingga matang tanpa perlu ditambahkan bahan bahan lain. Kentang yang digoreng juga tidak baik dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kentang untuk asam urat tinggi yang secara umum baik dikonsumsi bagi penderita asam urat karena kandungan nutrisi dan manfaatnya. Kentang yang dapat dikonsumsi penderita asam urat dan memberikan manfaat berarti ketika diolah dengan hanya direbus tanpa ada penambahan bahan atau bumbu lainnya.

, ,
Oleh :