Sponsors Link

7 Khasiat Bawang Putih untuk Asam Urat (#Terampuh)

Sponsors Link

Memiliki penyakit asam urat bukanlah hal sepele karena rasa sakit di area sendi dapat membuat aktivitas Anda terganggu. Apalagi jika Anda merupakan ibu yang tengah mengandung calon buah hati Anda. Bahaya asam urat bagi ibu hamil akan berdampak buruk bagi kesehatan bayinya yang akan dilahirkan nanti. Menderita asam urat di tengah-tengah kehamilan memang sangat berbahaya karena Anda tidak bisa terlalu sering mengonsumsi obat pereda sakit. Obat yang Anda konsumsi ini nantinya akan berpengaruh pada janin yang tengah Anda kandung. Sebagai gantinya, Anda bisa membaca tentang cara menurunkan asam urat tinggi secara alami sebagai terapi asam urat yang tengah Anda rasakan.

ads

Allium sativum merupakan nama ilmiah dari bawang putih atau garlic. Masuk dalam kingdom Plantae atau tanaman, umbi akar yang satu ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup beragam. Dalam 100 gram bawang putih, Anda akan mendapatkan kalori (149 kcal); karbohidrat (33.060 gram); lemak (0.5 gram); protein (6.36 gram); berbagai macam vitamin dan mineral baik; serta selenium. Kemudian apa sajakah manfaat bawang putih untuk asam urat? Simak jawabannya berikut ini!

Khasiat Bawang Putih untuk Asam Urat

Jika Anda sedang mencari obat herbal untuk asam urat, mungkin Anda dapat mencoba bawang putih sebagai home remedies yang bisa Anda lakukan sendiri. Mengingat penyebab asam urat adalah tingginya kadar asam urat yang ada dalam darah Anda maka belum ada obat yang mampu menyembuhkan asam urat selamanya. Sebagai gantinya, tulisan ini akan membahas tentang khasiat bawang putih untuk asam urat. Berikut penjelasannya:

1. Mengandung antioksidan

Bawang putih memiliki kandungan antioksidan alami yang akan melindungi persendian Anda. Sifat antioksidan ini dapat mencegah oksidasi dan radikal bebas yang siap membuat persendian Anda radang. Peradangan pada area sendi tentu saja akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Disinilah peran bawang putih, yaitu sebagai penghambat oksidasi radikal bebas dan kerusakan sendi. Selain itu, bawang putih juga berguna untuk mencegah kerusakan tulang rawan. Hebat juga ya si bawang putih?

2. Sifat anti-inflamasi yang mengurangi rasa sakit

Mengonsumsi bawang putih yang diekstrak dapat membuat rasa sakit akibat asam urat berkurang secara bertahap. Anti-inflamasi yang terkandung dalam bawang putih ini mampu mengurangi kadar sitokin pro-inflamasi. Sifat ini merupakan hasil perolehan dari senyawa jenis belerang yang ada dalam bawang putih. Senyawa ini memiliki kinerja yang cukup unik, yaitu menghambar produksi beberapa senyawa kimia dan mengaktifkan senyawa lain yang memiliki potensi sifat anti-inflamasi.

Sederhananya, sifat anti-inflamasi yang terkandung dalam bawang putih mampu meredakan rasa sakit, memar, dan pembengkakan akibat asam urat. Selain itu bawang putih juga mampu meredakan peradangan pada persendian Anda.

3. Mengurangi efek obat

Mengonsumsi obat kimia khusus asam urat kerap kali membawa dampak yang luar biasa bagi organ lambung Anda. Dampak ini akan berkurang jika Anda meminum ekstrak bawang putih secara rutin. Kandungan sulfur yang ada dalam bawang putih dapat menekan sitokin pro-inflamasi dan meningkatkan produksi lendir dalam lambung Anda.

Singkatnya, obat asam urat kadang dapat berdampak merugikan pada organ lain salah satunya lambung. Bawang putih dapat menjadi salah satu obat alami yang dapat meredakan rasa sakit akibat asam urat. Apabila Anda mengonsumsi obat dari dokter, ada baiknya dikonsultasikan dengan dokter, waktu terbaik untuk mengonsumsi bawang putih agar tidak berbarengan minumnya dengan resep dokter.

Sponsors Link

4. Menyehatkan sistem metabolisme

Penderita asam urat akut akan memiliki kecenderungan yang lebih besar untuk terkena tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular. Bawang putih memiliki manfaat untuk mengurangi tekanan darah, kadar kolesterol, dan hipertensi. Mengonsumsi bawang putih secara teratur dapat menjaga kesehatan kardiovaskular dan mengurangi resiko terhadap kinerja serta kesehatan jantung Anda.

 Tips Mengolah Bawang Putih untuk Mengobati Asam Urat

1. Dimakan langsung

Jika Anda tidak merasa terganggu dengan aroma dan rasa asli bawang putih, mungkin memakannya langsung dapat membuat rasa sakit akibat asam urat menjadi berkurang. Cukup kupas 4-5 siung bawang putih, dan memakannya langsung akan membantu Anda meredakan rasa nyeri di daerah sekitar persendian Anda.

Sponsors Link

2. Dilumurkan pada bagian yang sakit

Bagi Anda yang mengalami pembengkakan area sendi akibat penyakit asam urat, Anda dapat menggunakan bawang sebagai salah satu obat luar untuk mengurangi rasa sakit. Anda dapat mengupas 3-5 bawang putih dan menghaluskannya hingga tampak seperti bubur masker. Kemudian lumurkanlah bawang putih halus ini pada bagian yang bengkak atau memar. Kandungan zat-zat alami pada bawang putih akan membantu Anda mengempeskan bengkak dan menghilangkan memar di daerah persendian Anda.

3. Mencampurkannya dalam jus buah

Khasiat bawang putih untuk asam urat juga bisa didapatkan dengan dibuat jus. Anda dapat mencari resep jus buah yang dicampurkan dengan bawang putih sebagai obat asam urat, atau Anda dapat mencoba jus bawang yang satu ini. Kupas bersih 2 siung bawang dan campurkan dengan 60 gram buah ceri. Anda dapat menambahkan 50 mililiter air dan perasan lemon, serta madu untuk menambah cita rasa jus yang Anda buat.

Melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli tulang dan persendian merupakan hal yang perlu Anda lakukan sebelum mulai treatment alami menggunakan bawang putih. Beberapa kasus menunjukkan adanya alergi dan gangguan sistem pencernaan pasca mengkonsumsinya.

Apabila Anda sudah mendapatkan persetujuan dokter, maka seimbangkanlah dengan konsumsi air putih dan olahraga secara teratur. Jagalah pola makan dan gaya hidup Anda. Pastikan Anda mengonsumsi makanan rendah purin seperti ikan mackarel, jeruk, melon dan lainnya serta hindari minuman penyebab asam urat seperti alkohol dan soda, supaya terhindar dari rasa sakit akibat asam urat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal