Sponsors Link

Khasiat Brotowali untuk Asam Urat dan Cara Mengolahnya

Sponsors Link

brotowaliBrotowali atau Tinospora crispa merupakan salah satu jenis tumbuhan yang dipercaya sangat ampuh untuk mengobati penyakit asam urat. Tanaman obat brotowali dapat dengan subur tumbuh di daerah beriklim tropis, tanaman brotowali merupakan jenis tanaman perdu. Bagian brotowali yang dapat digunakan untuk mengobati asam urat yaitu bagian batangnya. Brotowali dapat dengan mudah ditanam di kebun ataupun di pekarangan rumah.

ads

Brotowali mengandung berbagai zat yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan diantaranya yaitu flavonoid, alkaloid, kolombin, kaokilin, steroid, terpen, barberin, damar lunak, zat pahit pikroretien dan juga glikosida. Selain dapat menyembuhkan asam urat, brotowali juga mempunyai banyak manfaat lainnya diantaranya yaitu dapat membantu dalam menyembuhkan luka, menambah nafsu makan, menurunkan panas atau demam dan juga dapat mengobati reumatik. Berikut ini akan dibahas mengenai khasiat brotowali untuk asam urat, apa saja khasiat dari brotowali untuk asam urat? Simak pembahasannya dibawah ini.

Khasiat Brotowali dan Efek Samping Brotowali

Pada tumbuhan brotowali ada terdapat dua bagian yang dapat dijadikan obat herbal untuk menyembuhkan berbagai penyakit yaitu bagian batang dan daun. Ciri khas dari tumbuhan brotowali yaitu memiliki rasa yang sangat pahit, selain itu memiliki batang yang berbintil, memiliki daun tunggal dengan ukuran 7-12cm dan lebar 5-10cm, tumbuhan brotowali bisa tumbuh hingga mencapai kurang lebih 2,5m dan cara pembudidayaannya dapat dengan menggunakan cara stek. Brotowali mempunyai khasiat yang ampuh untuk mengobati asam urat, perlu diketahui pula jenis makanan untuk asam urat. Kandungan zat-zat pada Brotowali mempunyai sifat-sifat khusus yang bermanfaat untuk kesehatan.

Sifat yang pertama yaitu terdapat alkaloid yang berfungsi sebagai anti infertilitas. Selain itu terdapat analgesik yang mempunyai manfaat sebagai penghilang rasa sakit dan antipiretik berfungsi sebagai penurun panas pada tubuh. Sifat lainnya yaitu sebagai antidiabetik dan antineoplastik, brotowali juga berfungsi sebagai pengontrol gula darah dalam tubuh dan mencegah terjadinya kanker. Brotowali juga mempunyai sifat anti alergi yang berfungsi mengurangi resiko terjadinya alergi pada tubuh, dan sifat lainnya yaitu imunologi, antiporotik dan juga antidepresan. Selain khasiat brotowali untuk asam urat dan juga untuk kesehatan tubuh lainnya, rupanya mengkonsumsi brotowali yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Ada beberapa efek samping yang dapat disebabkan karena mengkonsumsi brotowali yang berlebihan.

Walaupun mempunyai banyak khasiat akan tetapi lebih baik dalam penggunaan brotowali sebagai obat herbal lakukan sesuai takarannya atau dalam periode pendek. Dalam sebuah riset menjelaskan bahwa brotowali lebih aman dikonsumsi dalam jangka pendek atau tidak dilakukan secara terus menerus. Pada riset tersebut menjelaskan bahwa kita haruslah siaga terhadap beberapa efek samping yang mungkin akan terjadi dari penggunaan brotowali dalam jangka panjang. Berikut ini efek samping dari penggunaan brotowali yang mungkin akan terjadi diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Penggunaan brotowali oleh wanita hamil haruslah dihindari, karena dapat menyebabkan gangguan pada kehamilan seperti menghentikan perkembangan janin dalam kandungan.
  2. Brotowali mempunyai sifat imunologi sehingga dapat menyebabkan sistem imun menjadi aktif hal tersebut memicu beberapa penyakit seperti multiple sclerosis, rheumatoid arthritis dan bahkan lupus.
  3. Menyebabkan maag. Hal ini disebabkan karena mengkonsumsi brotowali yang berlebih yang dilakukan sebelum makan.
  4. Dapat menyebabkan hipoglekimia yaitu keadaan kandungan gula yang berada dibawah keadaan normal.
  5. Menyebabkan berbagai masalah pencernaan dan dapat membebani kerja ginjal.

Oleh karena itu meskipun brotowali mempunyai banyak sekali khasiat, perlulah mengetahui dosis yang tepat untuk mengkonsumsi brotowali sebagai obat herbal untuk asam urat.

Sponsors Link

Cara Mengolah Brotowali untuk Asam Urat

Cara pengolahan brotowali yang digunakan untuk mengobati asam urat sangat mudah. Bahan yang perlu disiapkan yaitu batang brotowali dan air putih sedangkan alat yang dibutuhkan kompor dan alat untuk merebus. Cara mengolah brotowali untuk asam urat yaitu sebagai berikut:

  • Siapkan 1 buah batang brotowali atau dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, lalu cuci hingga bersih dan potong-potong batang brotowali menjadi lebih kecil
  • Setelah dicuci hingga bersih dan batang di potong-potong masukkan potongan batang tersebut ke dalam wajan, tambahkan air sebanyak kurang lebih 3 gelas.
  • Tunggu rebusan batang brotowali hingga mendidih untuk mengetahui rebusan dapat diangkat yaitu dengan melihat kandungan air yang tadinya 3 gelas menjadi kurang lebih 1 gelas.
  • Setelah kadar air menurun menjadi 1 gelas, tiriskan air hingga dingin lalu saring

Setelah ditiriskan dan disaring minuman brotowali pun sudah siap dikonsumsi. Rebusan batang brotowali merupakan salah satu minuman untuk asam urat. Dosis yang dapat digunakan untuk mengobati asam urat yaitu sebanyak 3 kali sehari dengan takaran 1 gelas. Konsumsilah air rebusan brotowali pada saat satu jam sebelum makan. Dosis lainnya dapat dikonsumsi sebanyak 2 kali dalam sehari dan dikonsumsi pada waktu pagi dan juga sore dan konsumsi setelah makan.

Untuk pemilihan waktu setelah atau sebelum makan makan dapat disesuaikan dengan kenyamanan yang dirasakan pada perut setiap orang. Sekian pembahasan mengenai khasiat brotowali untuk asam urat. Selain dengan mengkonsumsi minuman dari brotowali tetap jaga pola makan, istirahat yang cukup dan olahraga secara rutin. Hindarilah berbagai pantangan bagi penyakit asam urat. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal