Sponsors Link

6 Khasiat Buah Kersen untuk Asam Urat Paling Disarankan

Sponsors Link

buah kersenMemiliki penyakit asam urat yang kerap kali kambuh memang menyebalkan. Tidak sembarang makanan dan minuman bisa dikonsumsi dengan bebas. Hanya beberapa makanan yang baik untuk dimakan oleh penderita asam urat dan minuman yang aman untuk asam urat saja yang boleh Anda konsumsi. Tulisan sebelumnya pernah membahas buah untuk asam urat yang aman untuk dikonsumsi. Pada tulisan kali ini, Anda akan diberi informasi mengenai khasiat buah kersen untuk asam urat.

ads

Jika Anda hidup di daerah pedesaan atau memiliki pekarangan rumah yang ditumbuhi buah-buahan, mungkin kersen atau talok merupakan salah satu pohon yang tumbuh di sana. Tanaman ini merupakan salah satu buah yang tumbuh subur di daerah beriklim tropis maka tidak jarang kita menemuinya di area pekarangan maupun lahan-lahan kosong yang tak terawat. Kemudian apakah buah kersen memiliki khasiatbagi penderita asam urat?

Sebelum Anda mengetahui manfaat buah kersen bagi penderita asam urat, ada baiknya jika memahami kandungan nutrisi dalam buah ini. Dalam 100 gram buah kersen atau talok ini terkandung kalori sebanyak 380 Kj; air (77.8 gram); vitamin C (80.5 gram); protein (0.38 gram); lemak (1,56 gram); karbohidrat (17.9 gram); kalsium (124.6 mg); fosfor (84 mg); zat besi (1.18 mg); karoten; (0.0019 gram); ribofalin; dan niacin.

Khasiat Buah Kersen untuk Asam Urat

Kandungan nutrisi dalam buah sekecil kersen ini bukan tanpa manfaat. Selain rasa manis dari buah yang berbentuk seperti ceri ini memiliki banyak manfaat. Buah ini termasuk dalam kingdom Plantae dan famili Muntingia. Memiliki tinggi fisik pohon hingga mencapai 8 meter, buah yang satu ini dapat berbuah terus menerus sepanjang tahun. Berikut ini merupakan khasiat buah kersen untuk asam urat yang wajib Anda ketahui:

1. Memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu mengurangi rasa sakit akibat asam urat

Buah kersen memiliki kandungan  nutrisi yang bersifat sebagai anti-inflamasi yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit akibat asam urat. Selain meredakan rasa sakit, kandungan antycynoid akan membantu Anda mengurangi memar dan bengkak di area sekitar persendian Anda. Tidak hanya bermanfaat untuk bagian sendi yang mengalami pengkristalan akibat asam urat saja, beberapa penelitian menunjukkan sifat alami zat anti inflamasi yang merawat semua area persendian dalam tubuh Anda. Mungkin buah kersen juga akan membantu Anda untuk menyembuhkan rasa sakit pasca cidera atau kecelakaan pada persendian juga.

2. Menetralisir kadar asam urat yang tinggi

Awal mula terjadinya asam urat adalah adanya kelebihan kadar asam urat dalam darah yang kemudian mengkristal di salah satu area persendian tubuh Anda. Solusi untuk menyembuhkan asam urat adalah senantiasa mengontrol kadar asam urat dalam darah Anda dengan mengonsumsi obat medis asam urat atau menggunakan cara menurunkan asam urat tinggi secara alami. Mengonsumsi buah-buahan tertentu bisa jadi salah satu obat untuk asam urat. Kandungan vitamin C yang ada dalam buah kersen akan membantu Anda untuk menetralisir kadar asam urat dalam darah Anda. Mengonsumsi vitamin C alami ini juga akan membantu Anda mengontrol supaya kadar asam urat Anda tidak melonjak tinggi.

3. Merawat area persendian

Tidak hanya area persendian yang merasakan sakit akibat asam urat saja. Jika Anda rutin mengonsumsi buah kersen, seluruh area persendian yang ada dalam sistem gerak Anda menjadi terawat. Kandungan nutrisi alami yang ada di dalamnya akan membuat sendi-sendi sekujur tubuh Anda jauh dari rasa kaku. Anda dapat menyeimbangkan dengan konsumsi air putih dan olahraga yang rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Sponsors Link

4. Mencegah penyakit hipertensi dan kardiovaskular

Penderita penyakit asam urat kerap kali mengalami beberapa keluhan seperti hipertensi dan penyakit kardiovaskular. Pola makan dan gaya hidup yang kurang terperhatikan menjadi salah satu penyebab komplikasi asam urat atau munculnya penyakit-penyakit dalam tubuh Anda. Salah satu manfaat dari buah kersen lainnya adalah mencegah penyakit hipertensi dan kardivaskular yang menyerang bersamaan dengan penyakit asam urat yang Anda derita.

Tips Mengolah Buah Kersen untuk Penderita Asam Urat

1. Camilan buah

Sama halnya seperti buah-buahan lain yang memiliki manfaat untuk asa urat yang biasanya dikonsumsi secara langsung untuk menikmati manfaatnya. Menikmati buah kersen secara langsung menjadi tips pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengobati asam urat Anda secara alami. Petik dan cuci bersih buah kersen matang sebanyak 20-40 biji untuk dimakan sehari-hari. Sensasi unik saat makan buah yang satu ini akan membuat Anda ketagihan. Patut dicoba bukan?

Sponsors Link

2. Jus

Jika Anda menginginkan cara yang sedikit berbeda, mungkin membuatnya jus akan lebih menarik. Anda dapat menyiapkan 30-40 butir buah kersen matang dan mencuci bersih buahnya. Masukkan dalam blender atau juicer. Ingat, jangan menambahkan pemanis buatan! Buah kersen sudah memiliki rasa yang cukup manis kok, jadi memberikan pemanis tambahan seperti gula maupun sirup hanya akan membuat rasanya menjadi terlalu manis dan buruk untuk asam urat Anda. Tambahkan perasan air lemon atau jeruk nipis untuk memberikan sensasi asam di dalam jus yang Anda buat. Selain rasa asam, manfaat lemon untuk asam urat juga sebagai anti inflamasi.

Memiliki penyakit asam urat memang membuat Anda menjadi selektif dalam memilih makanan yang hendak Anda konsumsi. Mengingat belum Adanya obat yang bisa menyembuhkan asam urat secara total, mengontrol pola makan menjadi salah satu cara yang paling baik untuk menghindari asam urat. Mengonsumsi buah-buahan yang rendah purin dan kaya vitamin akan membantu Anda untuk mengontrol kadar asam urat dalam darah Anda. Mulailah gaya hidup sehat dan pola makan yang baik dari sekarang.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan