Sponsors Link

Khasiat Ciplukan untuk Asam Urat: Kandungan dan Pengolahannya

Sponsors Link

Khasiat ciplukan untuk asam urat adalah satu lagi kegunaan bahan alami yang baik untuk mengobati asam urat anda. Informasi mengenai khasiat ciplukan untuk mengobati asam urat diketahui memang masih sangat jarang digunakan dalam masyarakat. Hal ini mungkin dilatarbelakangi oleh masih jarangnya masyarakat mengetahui juga apa itu ciplukan. Sebelum mempelajari mengenai ciplukan, ada baiknya kita melihat dahulu karakteristik dari penyakit asam urat. Seperti dijelaskan pada berbagai sumber informasi kesehatan, asam urat ialah suatu kondisi di mana tubuh memiliki kelebihan metabolisme berupa zat purin yang sangat tinggi. Penumpukan purin di dalam tubuh ini dapat membentuk suatu kristal asam urat dalam urine dan di persendian tubuh manusia. Kristal ini kemudian dapat membuat sendi sewaktu waktu terasa sakit dan disebut sebagai penyakit asam urat. Anda dapat mengobati asam urat ini dengan menggunakan khasiat dari ciplukan. Tahukah apa khasiat dari ciplukan dan kandungannya? Berikut ini penjelasannya.

ads

Informasi Kandungan Ciplukan yang Memiliki Khasiat untuk Asam Urat

Daun ciplukan disebut daun cecendet, dimana daun tersebut berasal dari amerika, akan tetapi daun tersebut sudah terkenal hingga ke austria, pasifik serta seluruh asia. Kandungan dari daun ciplukan ini diketahui akan memberikan reaksi berupa manfaat untuk penanganan asam urat secara tradisional jika dikonsumsi. Biasanya tanaman ini akan tumbuh di perkarangan halaman rumah anda dan dianggap sebagai tanaman liar saja. Padahal ada banyak kandungan nutrisi yang dapat anda nikmati dari konsumsi ciplukan ini. Apa saja kandungannya? Berikut ini daftarnya.

  • Asam Citrun
  • Asam Malat
  • Vitamin C
  • Flavonoid
  • Claidic Acid

4 Langkah Mudah Mengolah Khasiat Ciplukan untuk Asam Urat

Setelah mengetahui kandungan dalam ciplukan tersebut, anda tentu ingin mengetahui apa saja manfaat dari seluruh kandungan tersebut jika anda konsumsi. Secara umum kandungan kandungan tersebut bermanfaat untuk mengurangi kadar purin di persendian anda, hal ini dapat anda ketahui bagaimana cara pemeriksaan asam urat. Sehingga penyakit asam urat anda dapat segera diatasi. Selain itu anda perlu mengolah ciplukan ini untuk dapat mengeluarkan khasiatnya. Simak langkah mudah pengolahan ciplukan berikut ini.

  1. Siapkan Ciplukan dan Cuci Bersih Daun, Akar, Batang, dan Buah

Pertama tama, tentu anda perlu menyiapkan ciplukan. Jangan buang apapun dari bagian ciplukan tersebut. Ambil daunnya, akarnya, batangnya, dan buahnya. Cuci bersih seluruh bagian ciplukan tersebut untuk digunakan membuat ramuan. Jika sudah anda pastikan bersih, maka selanjutnya anda dapat mengolahnya mengikuti langkah selanjutnya.

  1. Rebus Seluruh Bagian Ciplukan Hingga Mendidih

Langkah selanjutnya dari proses pembuatan rebusan ciplukan ini adalah dengan merebus seluruh bagian tersebut. Rebus seluruhnya dalam air yang menutupi seluruh bagian tersebut. Rebus hingga mendidih dan air yang ada di dalamnya berkurang cukup banyak. Jika sudah mendidih anda dapat mematikan rebusan dan melanjutkan langkah pengolahan.

  1. Saring Air Rebusan dari Bagian Ampasnya

Anda kemudian dapat mengambil hasil rebusan sebelumnya. Setelah itu saring air rebusan untuk memisahkannya dari ampasnya. Anda perlu menyaring untuk memudahkan konsumsi air rebusan ciplukan ini. Ambil hanya bagian air rebusannya dan tuangkan dalam gelas.

Sponsors Link

  1. Dinginkan dan Konsumsi Air Rebusan Ciplukan ini dengan Rutin

Tunggu air rebusan tersebut menjadi lebih hangat atau dingin sebelum dikonsumsi. Jika sudah dapat dikonsumsi, maka konsumsilah air rebusan ciplukan tersebut. Anda harus rutin mengkonsumsi air rebusan ciplukan ini, setiap hari hingga masalah asam urat anda teratasi dengan baik dan pengaruh asam urat pada metabolisme anda dapat dihentikan.

Demikianlah tadi beberapa langkah dalam pengolahan khasiat ciplukan untuk asam urat juga informasi mengenai apa saja kandungan nutrisi di dalamnya. Semoga informasi ini dapat mendorong anda untuk lebih bersemangat membuat ramuan ramuan tradisional yang baik untuk kesehatan anda. Jika anda menjaga tubuh anda dengan banyak konsumsi bahan bahan alami seperti dijelaskan, maka anda pun dapat lebih cepat mengatasi penyakit anda termasuk juga menghindarkan anda dari gejala kaki asam urat dan efek sampingnya untuk kesehatan anda.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal