Sponsors Link

5 Khasiat Daun Kumis Kucing untuk Asam Urat Tinggi (#Teruji Ampuh)

Sponsors Link

daun kumis kucingPenyakit asam urat merupakan salah satu penyakit yang menyerang daerah persendian. Rasa sakit yang ditimbulkan oleh kadar asam urat yang tidak terkontrol akan membuat sang penderita merasa sangat tersiksa olehnya. Kumis kucing (Orthosiphon aristatus) merupakan salah satu tanaman yang masuk dalam famili Labiate. Tanaman ini masuk dalam golongan tanaman herbal yang dimanfaatkan di bidang kesehatan. Banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Cina, India, dan Queensland.

ads

Di Indonesia, kumis kucing merupakan salah satu tanaman yang masuk dalam TOGA atau tanaman obat untuk keluarga. Tanaman ini sangat mudah ditanam dan tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daun kumis kucing memiliki kandungan nutrisi seperti, garam kalium, minyak atsiri, flavonoid, Orthosiponin glycosides, dan masih banyak lagi.

Memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, apakah termasuk asam urat di dalamnya? Yuk simak tulisan berikut untuk mengetahui adakah khasiat daun kumis kucing untuk penderita asam urat?

Khasiat Daun Kumis Kucing untuk Asam Urat

  • Mengurangi rasa sakit akibat serangan asam urat

Kandungan flavonoid atau senyawa kimia turunan fenolat ini memiliki sifat sebagai anti-inflamasi dan antioksidan. Anti-inflamasi merupakan salah satu sifat kimia yang sangat berguna untuk penderita asam urat. Sifat kimia ini akan membantu Anda mengurangi rasa sakit akibat peradangan sendi yang terjadi pada tulang dan persendian Anda. Anti-inflamasi ini juga mampu mengurangi memar dan bengkak di area persendian akibat aktivitas pengkristalan asam urat yang terjadi di daerah persendian yang mengalami peradangan. Selain itu, anti-inflamasi ini juga mampu memelihara kesehatan sendi lainnya.

  • Memelihara kesehatan ginjal

Sebelum darah diubah menjadi urine dan dibuang karena tidak lagi berguna untuk tubuh Anda, semua sistem organ dalam tubuh saling bekerja sama untuk menyerap nutrisi dan zat yang berguna bagi tubuh yang ada dalam makanan yang Anda konsumsi. Menyerap kelebihan zat asam urat yang ada dalam darah merupakan salah satu tugas ginjal. Kelebihan asam urat ini dikawatirkan mampu membentuk batu ginjal yang dapat menyumbat saluran yang ada di dalam sana. Kandungan garam kalium yang ada dalam kumis kucing ini dapat memiliki sifat diuretik. Sifat ini mampu mencegah terjadinya endapan batu ginjal dan melarutkannya dalam urine yang nantinya akan dibuang.

  • Melarutkan kadar asam urat yang tinggi dalam darah

Timbulnya penyakit asam urat berawal dari tidak terkontrolnya kadar asam urat yang ada dalam darah Anda. Kadar asam urat ini memiliki hubungan yang sangat erat dengan konsumsi makanan dan minuman, serta gaya hidup yang tidak sehat. Daun kumis kucing memiliki manfaat untuk melarutkan kadar asam urat dalam darah Anda sehingga mereka tidak sempat mengendap dan mengkristal di area persendian Anda. Tidak hanya melarutkan asam urat saja, daun kumis kucing juga dapat membantu melarutkan fosfat dan asam oksalat yang biasanya mengendap di area kandung kemih, ginjal, dan empedu.

Tips pengolahan daun kumis kucing untuk asam urat

  • Teh dari daun kumis kucing

Di toko-toko herbal sekitar rumah Anda mungkin menjual berbagai macam jamu asam urat yang dikeringkan, salah satunya daun kumis kucing. Jika Anda tidak memiliki tanaman kumis kucing dan tidak sempat mengeringkan daun-daunnya, mungkin Anda cukup datang ke toko itu dan menanyakan tentang daun kumis kucing yang telah dikeringkan tersebut. Anda dapat membuat teh dari rebusan daun kumis kucing yang telah dikeringkan. Mungkin segelas hingga 2 gelas teh daun kumis kucing ini mampu mengurangi kadar asam urat dalam darah Anda.

Sponsors Link

  • Rebusan daun kumis kucing

Jika Anda memiliki tanaman kumis kucing di sekitar tempat tinggal Anda maka Anda tidak perlu repot-repot datang ke toko obat-obatan herbal dan membeli daun kumis kucing yang dikeringkan. Cukup petik 5 helai daun kumis kucing dan 3 batang daun meniran segar; campurkan dengan 250 mililiter air; kemudian rebus hingga mendidih dan jumlah air menyusut setengahnya. Sebagai saran, Anda dapat meminum rebusan daun ini selama seharian, dengan intensitas konsumsi 3-4 kali dalam sehari.

Bahasan mengenai khasiat daun kumis kucing untuk asam urat di atas sepertinya akan membantu Anda untuk mengurangi rasa sakit dari penyakit asam urat yang tengah Anda derita. Konsumsi makanan rendah purin dan hindari minuman penyebab asam urat merupakan cara terbaik untuk mengontrol kadar asam urat dalam darah Anda. Namun jika Anda merasakan sakit tak tertahankan akibat asam urat, Anda dapat membeli obat medis asam urat yang direkomendasikan dokter. Tentu saja Anda tidak ingin menderita sakit di area persendian akibat asam urat terus menerus bukan. Yuk mulai perhatikan dan jaga kesehatan tubuh Anda sekarang juga.

, , ,



Oleh :
Kategori : Herbal