Sponsors Link

9 Khasiat Habbatussauda untuk Asam Urat dan Dosisnya

Sponsors Link

Khasiat Habbatussauda untuk Asam UratPenyakit asam urat merupakan sebuah penyakit yang menyerang persendian sebagai akibat dari pengkristalan natrium urat di dalam tubuh. Tanda-tanda asam urat yang muncul biasanya adalah rasa sakit yang menyerang secara  tiba-tiba pada bagian persendian selama 3-10 hari.

ads

Penyakit asam urat dapat diobati dengan cara medis maupun cara tradisional. Merupakan hak bagi pasien untuk memilih jenis pengobatan yang mana saja. Namun, bagi Anda yang cenderung memilih jenis penanganan asam urat secara tradisional menggunakan obat herbal untuk asam urat, maka, artikel ini dapat Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan mengenai obat herbal apa yang akan Anda pilih.

Saat ini, kita akan membahas sebuah tumbuhan dengan nama ilmiah Nigella sativa atau habbatussauda yang lebih populer dengan nama jinten hitam. Habbatussauda dapat dimanfaatkan sebagai obat asam urat karena kandungan nutrisi di dalamnya.

Tentang Habbatussauda

Sudah sejak lama habbatussauda dikenal sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan sakit kepala, sakit gigi, dan sebagai suplemen untuk menjaga kebugaran tubuh. Habbatussauda telah dimanfaatkan sebagai obat lebih dari 2000 tahun yang lalu. Seorang Ibnu Sina telah menulis buku berjudul Canon of Medicine yang di dalamnya juga menjelaskan mengenai habbatussauda dan manfaatnya bagi tubuh.

Bahkan, Nabi Muhammad SAW merekomendasikan penggunaan habbatussauda secara rutin untuk mengobati segala jenis penyakit, kecuali kematian. Diyakini bahwa habbatussauda mampu menyembuhkan kelelahan, menambah energi, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, habbatussauda juga bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti hepatitis, wasir, diare, demam, batuk, dan termasuk di dalamnya adalah asam urat.

Khasiat Habbatussauda untuk Asam Urat

Terdapat sejumlah manfaat jinten hitam untuk asam urat atau habbatussauda untuk mengobati penyakit asam urat, antara lain:

  1. Melancarkan peredaran darah di sekitar persendian
  2. Menyembuhkan pembengkakan dan meredakan nyeri di sekitar persendian
  3. Membantu ginjal membuang zat purin melalui urine dan feses secara bertahap
  4. Mengurangi produksi zat purin di dalam tubuh
  5. Memperbaiki dan meningkatkan sistem pertahanan (imunitas) tubuh terhadap serangan bakteri dan virus agar pasien asam urat tidak menderita komplikasi penyakit lain
  6. Meredakan nyeri dan linu pada daerah persendian
  7. Terapi bertahap untuk menyembuhkan asam urat
  8. Menetralkan kadar asam urat di dalam tubuh
  9. Mengurangi peradangan, rasa sakit, melawan infeksi, dan mengurangi demam

Kandungan Nutrisi di dalam Habbatussauda

  1. Asam lemak tak jenuh atau linoleat dan oleat.
  2. Lima jenis asam amino
  3. Ariginin yang sangat aktif dan penting untuk tumbuh kembang balita
  4. Karotin
  5. Mineral, terdiri dari zat besi, sodium, potasium, dan kalsium
  6. Minyak volatile yang terdiri dari nigelon, timohidrokuinon, dan timokuinon

Dosis Penggunaan Habbatussauda

Seorang peneliti dari Departemen Rehabilitasi dan Reumatologi Sekolah Medis Yucunzu Yil University di Turki, Ibrahim Takeoglu, telah berhasil membuktikan bahwa habbatussauda sangat berkhasiat untuk mengobati radang sendi akibat asam urat. Cukup dengan mengonsumsi 2 x 2 habbatussauda setiap hari, penyakit asam urat dapat diatasi. Dengan mengonsumsi habbatussauda sesuai anjuran dan secara rutin, maka penyakit asam urat bisa saja disembuhkan.

Hal ini tentu saja harus disertai dengan upaya-upaya hidup yang lebih sehat, seperti menjauhi makanan dan minuman yang banyak mengandung purin sebagai pemicu penumpukan kadar asam urat di dalam tubuh. Mengonsumsi makanan-makanan yang lebih alami dan bebas bahan kimia merupakan salah satu cara untuk menangani penyakit asam urat tersebut.

Untuk mengobati asam urat dengan habbatussauda, Anda dapat membuat ramuannya sendiri, dengan cara:

  • Siapkan 3-4 gram habbatussauda
  • Seduh ke dalam air panas
  • Diamkan selama 10 menit
  • Tambahkan madu
  • Aduk sampai merata

Jangan lupa untuk meminumnya secara rutin setiap hari. Bila Anda tidak mau repot membuat ramuannya sendiri, Anda juga bisa mendapatkan habbatussauda dari suplemen untuk asam urat yang dijual di apotek atau toko obat. Harga dan merknya bermacam-macam, dan biasanya dibuat dengan sediaan kapsul.

Khasiat habbatussauda untuk asam urat juga dapat dikonsumsi bersamaan dengan daun salam. Ketika kedua bahan tersebut direbus bersamaan, sarinya dapat Anda minum dan berkhasiat menurunkan kadar asam urat di persendian secara signifikan. Selain itu, habbatussauda juga dapat dikombinasikan dengan penggunaan daun seledri.

Demikianlah manfaat dari habbatussauda dalam mengobati penyakit asam urat. Baik dikombinasikan dengan bahan lain ataupun dikonsumsi secara tunggal, habbatussauda tidak pernah kehilangan manfaatnya untuk menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh seseorang. Habbatussauda mengandung zat-zat yang dapat menyehatkan tubuh seseorang secara nyata. Asalkan ada niat dan keinginan yang kuat untuk sembuh dari pasien penyakit asam urat, maka penyakit asam urat dapat disembuhkan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal