Sponsors Link

8 Khasiat Lobak untuk Asam Urat Tinggi Paling Dianjurkan

Sponsors Link

lobakRasa sakit yang timbul akibat penyakit asam urat memang sangat menyiksa, apalagi jika rasa sakit ini disertai dengan ruam merah di kulit dan pembengkakan. Hingga saat ini memang belum ada obat yang bisa menyembuhkan asam urat secara total, karena asam urat akan datang setelah Anda tidak berhasil menjaga pola makan dan gaya hidup Anda.

ads

Memperhatikan zat yang terkandung dalam makanan sepertinya menjadi hal wajib yang harus diperhatikan apabila Anda memiliki penyakit asam urat. Faktor terbesar penyebab kambuhnya asam urat adalah makanan. Mengonsumsi makanan yang tinggi purin dan fruktosa akan menyebabkan kadar asam urat menjadi tinggi. Hal ini akan menimbulkan rasa sakit pada area persendian akibat pengkristalan asam urat pada area persendian.

Lobak sendiri memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Dalam 100 gram atau 0.3 oz lobak, terkandung 16 kcal, karbohidrat (3.4 gram), lemak (0.1 gram), protein (0.68 gram), vitamin B dan C, mineral, dan fluoride. Kandungan nutrisi yang ada dalam lobak ini akan dibahas secara detail berikut ini.

Khasiat Lobak untuk Asam Urat

Lobak merupakan salah satu tanaman sayur jenis umbi akar. Masuk dalam family Brassicaceae, sayur ini memiliki beberapa varietas yang berbeda. Umumnya Anda akan mengatakan bahwa lobak itu berwarna putih dan ungu, namun kenyataannya warna, rasa, dan ukuran masing-masing akan berbeda. Meskipun memiliki varietas yang berbeda, semuanya hampir memiliki manfaat yang sama terutama untuk penderita asam urat. Berikut ini adalah manfaat lobak untuk asam urat:

1. Memelihara kesehatan tulang dan persendian

Kandungan mineral yang ada dalam lobak sepertinya sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan tulang dan persendian akibat asam urat. Rasa linu yang timbul akibat tingginya asam urat pasti akan sangat mengganggu aktivitas Anda bukan?

2. Mengurangi rasa sakit akibat asam urat

Salah satu zat baik yang terkandung dalam lobak adalah anthocyanin. Zat ini merupakan zat flavonoid yang menunjukkan sifat anti-inflamasi. Seperti halnya buah ceri yang dimanfaatkan sebagai cara menurunkan asam urat tinggi secara alami karena mengandung zat anti-inflamasi yang bisa mengurangi rasa sakit akibat pengkristalan kadar asam urat yang ada dalam darah. Sifat anti infalamasi yang dimiliki anthocyanin ini akan mengurangi memar dan pembengkakan di area sendi pada asam urat. Tidak hanya itu, sifat alami zat ini juga akan membantu Anda memelihara seluruh persendian yang ada di tubuh Anda.

3. Cocok untuk diet karbohidrat

Lobak bisa digunakan sebagai menu seminggu untuk penderita asam urat. Penderita asam urat seharusnya memperhatikan jumlah karbohidrat yang masuk dalam tubuhnya melalui control makanan. Kandungan karbohidrat yang akan dirubah menjadi gula bisa jadi berbahaya untuk tubuh Anda apabila nutrisi ini masuk dalam jumlah yang banyak. Kadar gula yang terus menerus meningkat akan meningkatkan kadar asam urat juga. Duh makan lobak aja yuk!

4. Melindungi ginjal

Zat purin merupakan zat yang sangat berbahaya bagi tubuh apabila masuk dan mengendap dalam jumlah banyak di tubuh Anda. Tingginya zat purin yang ada dalam darah akan terbawa ke ginjal. Kemudian ginjal akan berusaha untuk menetralkan zat ini sebelum darah tersaring hingga menjadi urin. Lobak merupakan anti toksin yang sangat baik untuk melindungi ginjal dari infeksi akibat kinerjanya yang berlebihan. Jaga pola makan Anda juga ya.

Sponsors Link

5. Melindungi tubuh dari dehidrasi

Bagi penderita asam urat, air putih merupakan minuman yang paling baik untuk dikonsumsi. Selain dapat membantu pencernaan dan penetralisir kadar asam urat dalam darah, air putih berfungsi untuk menjaga tubuh agar tidak terdehidrasi atau kekurangan cairan. Kekurangan cairan dalam tubuh merupakan hal yang harus dihindari, terutama jika Anda merupakan salah satu penderita asam urat. Lobak memiliki kandungan air yang sangat banyak. Hal ini tentu saja akan melindungi diri Anda dari dehidrasi dan gangguan pencernaan juga. Selain itu banyaknya kandungan air dan serat dalam lobak akan membuat pencernaan Anda lancar.

Tips Mengolah Lobak yang Benar

Setelah mengetahui nutrisi dan khasiat lobak untuk asam urat, tulisan ini akan memberi tips menarik yang bisa Anda ikuti untuk mengolah lobak menjadi makanan yang baik untuk asam urat. Berikut penjelasannya:

1. Campuran salad

Salah satu menu olahan lobak yang paling aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat adalah salad. Anda dapat mencampurkan beberapa jenis sayur untuk asam urat, seperti tomat, wortel, kentang dan lainnya. Campurkan olive oil dan sedikit margarine. Masukkan 1 cangkir lobak yang sudah dipotong tipis, dan ¼ sendok teh lada hitam, serta 2 sendok makan minyak zaitun untuk memperkaya rasa.

Sponsors Link

2. Jus lobak dan alpukat

Jika Anda adalah tipikal orang suka mengonsumsi makanan dalam bentuk jus, mungkin jus lobak dapat menjadi salah satu rekomendasi. Anda dapat membersihkan 1 – 2 buah lobak ukuran kecil, dan memasukkannya ke blender untuk dihaluskan. Seperti biasanya, tidak perlu tambahan pemanis buatan untuk memberkaya rasa. Cukup gunakan gula stevia satu sachet atau dua sendok makan madu dan perasan jeruk nipis atau lemon.

Ingin mencoba jus dengan rasa yang baru? Cobalah jus lobak dan alpukat. Dengan menambahkan ¼ buah alpukat ke dalam bahan-bahan yang ada di atas dan menghaluskannya bisa jadi menambah selera minum jus Anda. Pilih buah alpukat yang matang saja ya.

3. Tumis lobak

Menu makanan yang satu ini bisa Anda coba. Dengan melihat dan menyesuaikan beberapa resep yang tersedia di internet, pasti Anda akan menemukan masakan yang cocok di lidah. Jangan lupa, gunakan minyak zaitun atau olive oil secukupnya saja.

Sudah diketahui bahwa lobak memiliki manfaat yang sangat banyak bagi penderita asam urat. Jadi mulailah hidup sehat dengan makan makanan yang sehat dan melakukan olahraga penurun asam urat secara teratur. Sempatkanlah waktu Anda untuk berolahraga. Dan konsumsilah air putih lebih banyak.

, , ,
Oleh :
Kategori : Sayuran