Sponsors Link

7 Khasiat Mengkudu untuk Asam Urat dan Cara Mengolahnya

Sponsors Link

mengkuduBagi beberapa penderita asam urat, mengonsumsi buah-buahan bisa sebagai cara menurunkan asam urat tinggi secara alami. Selain buah untuk asam urat biasa yang kerap kali Anda temui di toko buah maupun supermarket, beberapa jenis buah yang tumbuh liar bisa jadi memiliki manfaat untuk mengontrol asam urat dalam darah Anda. Tanaman mengkudu, rupanya menghasilkan banyak manfaat di bidang kesehatan salah satunya untuk penderita asam urat.

ads

Mengkudu merupakan salah satu buah yang hidup hampir di seluruh dataran rendah Indonesia. Biasanya buah yang satu ini sangat mudah ditemukan di pekarangan-pekarangan sekitar rumah maupun lahan kosong yang sudah lama ditinggalkan. Buah ini merupakan salah satu buah asli dari daerah Asia Tenggara, sehingga bukan barang yang sulit untuk menemukannya di daerah tropis seperti Indonesia.

Sebelum beranjak pada manfaat buah mengkudu untuk asam urat, ada baiknya Anda mengetahui kandungan nutrisi yang ada dalam buah mengkudu. Dalam 1.200 miligram buah mengkudu yang diekstrak secara alami, terkandung vitamin A (2.62 mg); vitamin C (9.81 mg); dan potassium (32 mg). Selain itu buah mengkudu memiliki kandungan protein (5.8%); serat (36%); dan lemak (1.2%). Tidak hanya itu saja, beberapa kandungan lain seperti xeronine, plant sterois, alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elements, phenylalanine, magnesium, dan lain-lain.

Khasiat Mengkudu untuk Asam Urat

Setelah mengetahui kandungan nutrisi yang ada dalam buah mengkudu yang sangat komplit, berikut ini khasiat mengkudu untuk asam urat:

1. Mencegah peradangan sendi

Peradangan pada daerah persendian bisa jadi merupakan akibat dari kelebihan kadar asam urat dalam darah. Salah satu manfaat yang dimiliki oleh buah mengkudu adalah mencegah peradangan sendi. Kandungan senyawa scolopetin yang ada dalam buah mengkudu akan membantu Anda untuk melawan peradangan yang menyerang dareah persendian Anda. Selain itu, buah ini mengandung senyawa terpenoid yang akan membantu sintesis organik yang nantinya akan membantu pemulihan sel-sel dalam tubuh Anda.

2. Mengurangi rasa sakit akibat asam urat

Tidak jauh berbeda seperti khasiat buah kersen untuk asam urat dan beberapa buah-buahan lainnya, mengkudu juga memiliki sifat anti-inflamasi. Mengonsumsi jus buah mengkudu dengan dosis yang tepat selama sebulan, akan membantu Anda mengurangi rasa sakit akibat asam urat dan mengontrol kadar asam urat dalam darah Anda. Sifat anti inflamasi yang ada dalam buah mengkudu akan mengurangi memar dan bengkak di area persendian Anda, serta memberikan perawatan pasca cidera atau kecelakaan.

3. Mencegah penyakit kardiovaskular

Memiliki penyakit asam urat bisa jadi berpotensi untuk terserang penyakit lainnya, salah satunya kardiovaskular. Antioksidan yang terkandung dalam buah mengkudu akan mencegah peningkatan kolesterol yang tidak terkendali. Kolesterol yang tidak terkontrol ini akan membuat Anda berpotensi besar atas penyakit kardiovaskular. Jika Anda tidak menjaga makanan dan minuman  yang dikonsumsi setiap hari, maka asam urat dan penyakit kardiovaskular siap menyerang tubuh Anda.

Sponsors Link

4. Berpotensi untuk menurunkan tekanan darah tinggi

Beberapa kasus menunjukkan bahwa beberapa penderita asam urat mengalami keluhan tekanan darah yang tinggi. Tidak terjaganya konsumsi serta pola makan membuat tubuh menjadi mudah terserang penyakit, salah satunya tekanan darah tinggi. Manfaat buah mengkudu ini adalah menurunkan dan mengontrol tekanan darah Anda. Jangan sampai Anda merasakan sakit akibat asam urat dan memiliki tekanan darah tinggi secara bersamaan. Pasti sangat menyiksa!

5. Merawat kesehatan tulang

Penyakit asam urat memiliki hubungan yang erat dengan beberapa penyakit tulang lainnya. Kandungan nutrisi alami dalam buah mengkudu akan membantu Anda untuk merawat kesehatan tulang. Senyawa asam kapril, metal asetil, dan morindone, akan membantu Anda untuk mempertahankan dan meningkatkan kekuatan tulang. Maksimalkan dengan gerakan senam asam urat serta konsumsi air putih dan makanan bergizi lainnya ya.

Tips Mengolah Mengkudu untuk Penderita Asam Urat

Mengonsumsi buah mengkudu memang bermanfaat untuk mencegah penyakit-penyakit, salah satunya asam urat. Simak tips mengolah buah mengkudu yang baik untuk asam urat berikut:

Sponsors Link

1. Mengonsumsinya secara langsung

Jika Anda terlalu malas untuk mengolahnya menjadi minuman atau olahan lain, mungkin mengonsumsinya secara langsung adalah cara terbaik untuk Anda. Mungkin rasanya sedikit aneh dan getir namun jika Anda sudah terbiasa nantinya hal ini tidak akan terasa. Pilih buah mengkudu yang dirasa sudah matang dan cukup lunak, biasanya buah yang matang akan mengeluarkan bau yang cukup menyengat. Cuci bersih 1-2 buah mengkudu ukuran sedang, lalu potong sesuai selera Anda. Konsumsilah secara rutin minimal 3 kali seminggu dalam 5 bulan untuk merasakan manfaatnya secara maksimal.

2. Mengolahnya menjadi jus

Jus merupakan minuman olahan pilihan yang bisa Anda buat untuk mengobati asam urat. Jika Anda tidak terlalu tahan dengan rasa buah dan aromanya, mengolahnya menjadi jus akan membuatnya lebih mudah dikonsumsi. Anda dapat mencuci bersih satu buah mengkudu matang ukuran sedang, lalu menghaluskannya dalam juicer atau blender. Ingat, jangan menambahkan pemanis buatan atau gula secara berlebihan dalam jus mengkudu ini, mengingat rasa manis alami yang ada dalam buah dirasa sudah cukup.

Itulah tadi pembahasan tentang khasiat mengkudu untuk asam urat dan cara mengolahnya. Menjaga kesehatan persendian Anda dengan mengonsumsi makanan dan minuman untuk penderita asam urat, tentu saja akan sangat membantu Anda dalam mengontrol kadar asam urat dalam darah Anda. Jika Anda menambahkan olahraga untuk menurunkan asam urat seperti jalan kaki, jogging, dan lainnya sebagai aktivitas rutin di pagi hari, mungkin Anda tidak akan merasakan sakit di area persendian akibat asam urat.

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Buah Buahan