Sponsors Link

8 Khasiat Oyong untuk Asam Urat Tinggi (#Teruji Ampuh)

Sponsors Link

oyongLuffa aegyptiaca atau lebih dikenal dengan nama oyong atau gambas, merupakan salah satu jenis buah-sayur yang sangat mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket. Sebenarnya oyong termasuk dalam salah satu jenis buah, hanya saja Anda pasti lebih sering menjadikannya sebagai campuran dalam sayur, layaknya tomat maupun wortel. Kemudian tahukah Anda bahwa oyong atau gambas ini bermanfaat untuk penderita penyakit asam urat?

ads

Termasuk tanaman asli daerah Afrika, oyong malah sangat populer di wilayah Asia dan Amerika Serikat sebagai salah satu bahan makanan. Oyong termasuk dalam family Cucurbitaceae, sama seperti mentimun, labu, hingga, semangka. Buah ini kaya akan kandungan gizi yang baik karena dalam satu cangkir buah oyong, Anda akan mendapatkan kalori sebesar 100 Kcal. Selain itu terdapat vitamin A (66.14%); Karbohidrat (19.64%); Vitamin B (17.84%); Magnesium (17.26%) dan Potasium (17.15%).

Khasiat Oyong untuk Asam Urat

Oyong sendiri memiliki khasiat yang cukup besar bagi Anda yang mengonsumsinya. Berdasarkan kandungan gizi yang telah disebutkan di atas, Anda pasti sudah menebak-nebak bahwa jenis buah ini bisa jadi sangat bermanfaat untuk asam urat. Berikut khasiat oyong untuk asam urat dan kesehatan tubuh:

  • Memiliki kandungan magnesium dan potasium lebih dari 10%, buah ini berguna untuk mengurangi rasa sakit di area otot akibat kram, kejang pada otot, hingga asam urat.
  • Potasium akan membantu memecah protein dan karbohidrat dalam darah, dengan cara mengalihkannya sebagai sumber energi dan perbaikan sel-sel yang rusak.
  • Selain Potasium, kandungan magnesium dan copper di dalamnya bersifat anti-inflamasi atau anti peradangan yang akan mengurangi nyeri dan kaku di area persendian pasca cidera.
  • Kandungan magnesium, potasium, dan copper (tembaga) yang ada dalam buah oyong akan membantu Anda yang memiliki masalah dengan otot dan persendian.
  • Magnesium menjadi sangat berguna untuk Anda yang kerap kali mengalami kram, kejang, dan sedang masuk pada tahap perbaikan akibat cidera pada area otot tubuh Anda. Kandungan magnesium yang mencapai angka 17% akan membantu Anda memperbaiki dan menyelesaikan masalah-masalah serta rasa sakit yang kerap kali terjadi di area otot.
  • Tidak hanya itu, oyong juga berguna untuk memelihara kesehatan mata, hati, mengurangi resiko diabetes tipe 2, mengendalikan anemia, kesehatan kulit, dan migrain.

Kandungan gizi yang dimiliki oleh oyong sangat bermanfaat bagi penderita asam urat. Kandungan karbohidrat yang tidak terlalu tinggi, dapat dijadikan salah satu makanan alternatif yang Anda konsumsi. Penderita asam urat senantiasa dianjurkan untuk mengendalikan asupan gizi dengan cara mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuhnya, dan karbohidrat merupakan salah satu nutrisi yang wajib dikontrol, selain gula, purin, hingga sodium.

Tubuh akan mencerna karbohidrat sebagai gula yang berfungsi sebagai sumber energi yang akan Anda gunakan saat melakukan akitivitas. Jika Anda memiliki riwayat penyakit asam urat, gula masuk dalam daftar hitam kandungan makanan penyebab asam urat yang tidak boleh dikonsumsi. Kelebihan gula akibat terlalu banyak karbohidrat yang masuk dalam tubuh, akan memicu berbagai penyakit seperti naiknya kadar gula dalam darah yang memicu naiknya asam urat, obesitas, hingga diabetes.

Sponsors Link

Jadi sekarang Anda tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi buah ini sebagai jus maupun sayur harian Anda. Namun hal ini akan sedikit berbeda apabila Anda merupakan wanita yang tengah hamil. Buah ini sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi sebagai sayur maupun jus. Kandungan tembaga yang bermanfaat untuk penderita asam urat, ternyata dapat berakibat buruk pada janin yang ada di rahim Anda.

Tips Mengolah Oyong untuk Penderita Asam Urat

Khasiat oyong untuk asam urat harus bisa didapatkan dengan maksimal, apabila cara memasaknya tepat. Berikut tips pengolahannya:

  • Mengolahnya sebagai sayur

Anda dapat mengolah buah ini menjadi salah satu menu sayur harian Anda. Dengan memperhatikan campuran gula dan garam, Anda bisa mengolahnya menjadi sup, maupun tumisan. Jika Anda suka menumis, maka usahakan menumis dengan olive oil untuk mengurangi kadar lemak jenuh yang muncul saat dipanaskan. Anda dapat mengolah 3 hingga 4 buah oyong sebagai sayur tanpa bumbu bersodium ataupun penyedap rasa tambahan. anda dapat menggunakan bawang putih dan bawang merah sebagai penyedap rasa alami yang akan memperkaya rasa sayur oyong buatan Anda.

Sponsors Link

  • Jus oyong

Selain mengolahnya sebagai sayur, oyong juga dapat diolah sebagai jus yang kaya manfaat bagi penderita asam urat. Anda dapat mencampurkan 2-3 buah oyong ke dalam blender, dengan 200 ml air putih, dan menghaluskannya. Jangan menambahkan pemanis buatan atau sirup ke dalam jus ini, kedua bahan tersebut merupakan minuman penyebab asam urat. Jika Anda tidak terlalu suka rasa hambarnya, maka Anda dapat menambahkan perasan jeruk nipis atau lemon ( ½ jeruk nipis atau ¼ lemon) dan 2 sendok makan madu asli ke dalam jus tersebut. Pasti menyegarkan!

Anda bisa menjadikan oyong sebagai salah satu makanan rendah purin yang aman bagi asam urat. Lebih baik melakukan pencegahan daripada mengobati, maka dari itu jagalah kesehatan Anda. Pahami nutrisi yang tubuh Anda butuhkan sehingga Anda dapat memperhatikan makanan terbaik untuk asam urat Anda. Segera lakukan konsultasi ke dokter mengenai kesehatan asam urat dan area persendian Anda. Kemudian lakukan juga cara menurunkan asam urat tinggi secara alami, salah satunya dengan konsumsi oyong ataupun bahan herbal lainnya. Semoga bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan