Sponsors Link

6 Khasiat Sidaguri untuk Asam Urat dan Cara Pengolahannya

Sponsors Link

Barangkali belum banyak yang mengenal atau mendengar nama tumbuhan yang satu ini. Padahal, tumbuhan yang satu ini banyak sekali tumbuh di lahan perkotaan. Selain banyak tumbuh di perkotaan, tumbuhan ini juga tumbuh di berbagai negara dan benua. Di Indonesia sendiri, persebarannya meliputi pulau Jawa, Madura, Sumba, Bali dan di tempat-tempat lain. Siapa pula yang menyangka bahwa tanaman ini memiliki berjuta manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

ads

Sidaguri (Sida rhombifolia) adalah tumbuhan liar yang umumnya tumbuh di berbagai kondisi lingkungan. Sidaguri sendiri dapat tumbuh dengan tinggi sekitar 2 meter dan memiliki percabangan yang sangat banyak. Di sepanjang batang dan cabangnya, sidaguri ditumbuhi oleh banyak sekali bulu-bulu halus dan rapat. Secara sekilas, sidaguri memiliki bentuk seperti pohon perdu yang rimbun dan menghijau.

Di tengah keberadaannya yang seringkali dilupakan oleh masyarakat, sidaguri memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan manusia. Sidaguri mulai dikenal sebagai salah satu tanaman obat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Banyak sekali penyakit yang bisa disembuhkan dengan sidaguri, antara lain: amandel, influenza, peradangan, asam urat, gastritis dan lain-lainnya. Dalam hal ini, dapat dilihat bahwa tanaman sidaguri memiliki banyak sekali khasiat bagi tubuh manusia.

Kandungan Sidaguri yang Menyehatkan

Tanaman sidaguri merupakan tanaman yang memiliki berjuta manfaat yang baik bagi tubuh manusia jika rajin dikonsumsi. Selain itu, tanaman sidaguri juga memiliki peran aktif dalam menambah stamina dan ketahanan tubuh manusia. Dengan stamina dan ketahanan tubuh yang semakin baik maka manusia akan mendapatkan kesehatan fisiknya secara optimal sehingga dapat menjalankan pekerjaan atau kegiatannya dengan baik.

Khasiat sidaguri juga ditemukan dalam penyembuhan penyakit asam urat. Khasiat sidaguri untuk asam urat ini disebabkan oleh kandungan anti atau pemecah lemak jahat pada tubuh manusia. Kebaikan-kebaikan atau khasiat sidaguri untuk kesehatan disebabkan oleh kandungan baik yang dimiliki oleh sidaguri, antara lain:

  • Kandungan alkanoid
  • Kandungan asam amino
  • Kandungan fenol
  • Kandungan kalsium oksalat

Kandungan-kandungan pada tanaman sidaguri juga diklasifikasikan sesuai dengan bagian tumbuhan itu sendiri. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai antara daun, batang dan akar tanaman dalam menyembuhkan penyakit. Dalam hal pemakaian, kebanyakan warga lebih banyak mempercayai daun sidaguri di mana mengandung: alkaloid, kalsium oksalat, tannin, saponin, fenol, asam amino dan minyak atsiri. Lengkapnya kandungan pada tumbuhan ini membuat sidaguri merupakan hal yang baik untuk dikonsumsi.

Khasiat Sidaguri untuk Asam Urat

Sidaguri

Penyakit asam urat adalah sebuah penyakit yang sangat dihindari keberadaannya oleh kebanyakan orang. Banyak orang yang memilih untuk segera mengobati penyakit ini agar dampaknya tidak terlanjur meluas. Namun patut disayangkan, pengobatan akan penyakit yang disebut berbahaya ini tidak dibarengi dengan pola atau gaya hidup yang baik. Hal ini menyebabkan pengobatan asam urat menjadi kurang efektif.

Pada dasarnya, banyak sekali metode pengobatan penyakit asam urat bagi tubuh manusia. Anda dapat memilih bermacam-macam metode pengobatan, mulai dari pengobatan tradisional hingga pengobatan modern. Salah satu pengobatan tradisional asam urat ialah melalui pengolahan tanaman sidaguri. Tanaman ini dipercaya memiliki khasiat yang sangat baik bagi penderita asam urat jika diolah dan diracik dengan benar.

Tanaman sidaguri sendiri dapat dimanfaatkan sebagai obat-obatan mulai dari daun, batang hingga ke akarnya. Pengolahan yang benar dari tanaman sidaguri akan membawa manfaat yang luar biasa bagi Anda. Selain itu, khasiat olahan tanaman sidaguri dapat Anda rasakan setelah Anda mengonsumsi olahan tanaman ini baik secara ramuan maupun obat olesan. Dengan memanfaatkan olahan obat dari sidaguri makan Anda sudah mengurangi efek samping dari penggunaan obat sintesis.

Baca juga: Manfaat Daun Serai untuk Asam Urat.

Sponsors Link

Dalam penggunaannya sebagai obat herbal, ada beberapa khasiat sidaguri untuk pengobatan asam urat. Khasiat ini berkaitan dengan kandungan yang dimiliki oleh sidaguri dan sifatnya yang dapat menghancurkan kadar asam urat di tubuh. Adapun khasiat sidaguri untuk asam urat antara lain:

  • Kandungan akar sidaguri dapat menjadi obat ampuh yang bisa menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh. Kadar asam urat di dalam tubuh dapat diturunkan melalui eliminasi zat purin yang mengikat persendian manusia;
  • Kandungan sidaguri juga dapat menghancurkan timbunan lemak yang berpotensi menimbulkan asam urat di kehidupan mendatang;
  • Sidaguri dapat juga menjadi obat oles untuk mengurangi inflamasi atau pembengkakan akibat adanya zat purin yang mengikat sendi tubuh manusia;
  • Sidaguri memberikan pengaruh antiseptik pada tubuh sehingga mampu membunuh kuman dan bakteri yang dapat memperburuk kondisi penderita asam urat itu sendiri;
  • Sidaguri dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga proses pemrosesan di dalam tubuh menjadi lebih cepat dan lancar;
  • Sidaguri mampu menambah daya tahan tubuh manusia untuk menghadapi serangan kuman dan bakteri ataupun penyakit lain sehingga manusia menjadi lebih kuat serta dapat terhindar dari penyakit berbahaya lainnya.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, khasiat sidaguri untuk asam urat ini didapatkan dari kandungan atau nutrisi yang ada di dalam sidaguri. Sidaguri mengandung berbagai macam kandungan berguna untuk kesehatan manusia. Salah satu kandungan berguna dari sidaguri adalah asam amino. Seperti yang kita ketahui kandungan ini sangat berguna bagi pasokan protein tubuh. Pasokan protein tubuh sangat dibutuhkan untuk regenerasi sel-sel tubuh yang baru.

Selain asam amino, sidaguri juga memiliki kandungan steroid yang bermanfaat untuk pembentukan otot tubuh. Jika dikaitkan dengan penderita asam urat, kandungan steroid ini sangat berguna untuk mendorong zat purin keluar dari persendian dengan pembentukan otot yang lebih baik. Dengan keluarnya zat purin dari dalam tubuh maka kadar asam urat manusia akan berkurang dan hilang sehingga manusia dapat sembuh dari penyakitnya.

Pengolahan Sidaguri untuk Obat Asam Urat

Khasiat sidaguri untuk asam urat sangatlah dibutuhkan oleh manusia. Selain itu, sidaguri juga memiliki banyak padanan dalam hal obat herbal untuk asam urat. Sebut saja keberadaan daun kelor untuk pengobatan asam urat ataupun daun sirsak untuk menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh manusia. Baca juga: Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun SirsakCara Mengobati Asam Urat dengan Daun Kelor.

Sponsors Link

Semua bahan herbal ini pada dasarnya aman untuk digunakan sebagai obat asam urat oleh manusia. Namun perlu diperhatikan cara mengolahnya oleh kita semua. Pengolahan yang tepat terhadap tanaman-tanaman herbal ini akan membawa manfaat luar biasa bagi Anda. Sebaliknya, pengolahan yang salah justru akan membuat Anda mengalami masalah kesehatan yang lebih serius lagi.

Pengambilan khasiat sidaguri untuk asam urat dapat dilakukan melalui berbagai cara. Sidaguri merupakan tanaman yang dapat dimanfaatkan seluruh bagian tubuhnya sehingga tanaman ini sangatlah berguna. Seluruh bagian tanaman sidaguri dapat dimanfaatkan daun, batang sampai dengan akarnya sehingga Anda perlu mengetahui cara-cara yang benar di dalam pengolahan jenis tanaman ini.

Pada dasarnya pengolahan sidaguri sebagai obat asam urat tidak jauh berbeda dengan pengolahan daun kelor untuk obat asam urat maupun daun sirsak untuk menurunkan kadar asam urat. Sidaguri dapat dimanfaatkan sebagai obat dalam dan luar bagi masalah asam urat. Cara pengolahan antara obat dalam dan luar pun sedikit berbeda namun penggunaannya tetap sama, yaitu pengobatan asam urat yang lebih efektif.

Dalam hal ini, berikut cara pengolahan sidaguri sebagai obat dalam atau ramuan dalam mengatasi dan mengobati asam urat:

  1. Siapkan daun atau akar sidaguri yang masih segar lalu bersihkan dengan air hangat yang mengalir.
  2. Siapkan pula air bersih (secukupnya / 500 mililiter) dan rebus air hingga setengah mendidih.
  3. Masukkan daun atau akar sidaguri ke dalam rebusan air tersebut lalu tunggu hingga 70% air sudah menguap.
  4. Matikan api dan pindahkan air yang menjadi sisa rebusan beserta daun atau akar sidaguri yang sudah layu ke wadah.
  5. Saring produk ramuan dan dapatkan ekstrak airnya.
  6. Konsumsi air ekstrak sidaguri secara rutin (2 kali sehari di pagi dan sore hari).

Pemanfaatan daun atau bagian sidaguri lainnya untuk obat luar juga dapat dilakukan dengan cara menumbuk hingga halus sidaguri. Hasil tumbukan atau minyaknya dapat Anda gunakan sebagai obat olesan bagi pembengkakan akibat asam urat. Pembengkakan yang menyebabkan rasa nyeri ini akan menyusut perlahan-lahan sehingga Anda dapat menjalankan aktivitas seperti biasa. Selamat mencoba.

, , , , , ,



Oleh :
Kategori : Herbal