Sponsors Link

6 Khasiat Terong Ungu untuk Asam Urat Tinggi Paling Mujarab

Sponsors Link

Terong ungu atau eggplants memiliki nama latin Solanum melongena merupakan jenis buah-sayur berbentuk lonjong dengan rata-rata diameter 4-12 cm, buah ini memiliki kulit bertekstur halus dan berwarna ungu. Buah ini sudah masuk ke dalam komoditas budidaya pertanian sejak masa prasejarah di China. Seiring berjalannya waktu, beberapa tulisan sejarah dari buah ini menyebutkan bahwa pedagang Arab memperkenalkannya sepanjang jalur Mediterania di abad pertengahan.

ads

Berbicara mengenai makanan, tentu saja sangat erat kaitannya dengan nutrisi maupun zat yang terkandung di dalamnya. Hal ini akan menjadi sangat penting, apabila Anda memiliki riwayat penyakit asam urat. Anda akan terlihat lebih selektif saat mengonsumsi makanan karena tidak ingin rasa sakit di area persendian akibat asam urat mengganggu hari-hari produktif Anda.

Secara umum, terong ungu mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Memiliki kandungan kalori sebesar 25 kcal/100 gram (3.5 oz), buah ini masuk ke dalam daftar rekomendasi sayuran yang boleh dimakan oleh penderita asam urat. Selain kalori, buah ini juga mengandung karbohidrat yang rendah lemak, mengandung protein, vitamin B, C, E, dan K, serta berbagai jenis mineral lainnya.

Khasiat Terong Ungu untuk Asam Urat 

Terong ungu memiliki konsentrasi air sebanyak 92%, 6% karbohidrat, 1% protein, dan sisanya merupakan lemak serta mineral. Kandungan nutrisi yang ada dalam buah ini sebenarnya sangat dipengaruhi oleh tempat dan musim saat dia bertumbuh. Lalu, bolehkah penderita asam urat makan terong? Jawabannya adalah tergantung penggunaannya, simak penjelasan berikut:

1. Karbohidrat alternatif pengganti nasi

Kandungan karbohidrat sebanyak 6%, menjadikan buah ini salah satu alternatif asupan karbohidrat pengganti nasi. Efek mengenyangkan yang akan Anda dapat setelah mengonsumsinya, sangat membantu Anda yang tengah diet karbohidrat dan gula. Dalam 100 gram terong ungu, Anda akan mendapatkan karbohidrat sebanyak 5.88 gram, dengan detail gula sebanyak 3.53 gram dan serat sebanyak 3 gram.

Kandungan serat ini nantinya akan memberi efek mengenyangkan dan gula akan mudah terbakar karena masuk dalam jumlah terbatas. Dalam aspek ini terong ungu menjadi buah-sayur yang sangat direkomendasikan bagi penderita asam urat. Selain asam urat, ternyata buah ini juga dapat dikonsumsi sebagai makanan rekomendasi penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula dalam darahnya.

2. Memperbaiki dan menjaga persendian

Disamping mengandung karbohidrat, terong ungu sebagai sayur untuk asam urat tinggi, juga mengandung protein. Meskipun hanya 1% atau setara dengan 0.98 gram/100 gram buah, terong bisa jadi membantu penderita asam urat untuk memperbaiki area persendiannya yang mengalami peradangan.

3. Mengurangi rasa sakit akibat asam urat tinggi

Selanjutnya adalah mineral. Dalam buah ini, terkandung beberapa jenis mineral baik yang berguna untuk tubuh Anda. Sebut saja kalsium, iron, mangan, magnesium, fosfor, potassium, dan zink. Kandungan mineral ini sangat berguna untuk membantu pemeliharaan tulang dan persendian akibat sakit maupun saat masa perbaikan pasca cidera. Sebut saja iron, mangan, dan magnesium, tiga mineral ini akan sangat berguna untuk penderita asam urat dalam mengelola asam urat berlebih yang mengkristal dalam persendian Anda. Sedangkan sisanya, termasuk dalam mineral yang baik untuk memelihara kesehatan tulang.

Sponsors Link

4. Makanan rekomendasi yang dapat dikonsumsi

Dan tampaknya Anda tidak perlu khawatir akan kandungan zat purin yang ada di dalam buah-sayur ini. Terong ungu termasuk dalam daftar sayur yang memiliki kadar zat purin yang rendah, sehingga Anda dapat memasukkannya dalam variasi menu sayur ramah asam urat yang akan Anda konsumsi.

Meskipun memiliki kandungan yang berguna bagi tubuh dan cukup aman bagi penderita asam urat, tetap saja Anda perlu mengontrol jumlah terong ungu yang dikonsumsi setiap hari. Memperhatikan kandungan gizi yang ada dalam bahan makanan yang akan dikonsumsi merupakan hal penting, namun tidak mengabaikan cara pengolahan bahan makanan tersebut juga tidak kalah pentingnya. Nah, berikut ini merupakan tips yang dapat Anda ikuti untuk mendapatkan manfaat buah terong sebagai makanan rendah purin yang dapat mengontrol kadar asam urat dalam darah Anda.

Tips Mengolah Terong Ungu untuk Asam Urat

Nah, setelah mengetahui khasiat terong ungu untuk asam urat, sekarang saatnya membahas tips mengolahnya yang tepat agar kandungan terong kita dapatkan secara maksimal. Berikut tipsnya:

1. Terong goreng, apakah aman?

Salah satu menu olahan terong yang kerap kali Anda jumpai di berbagai warung makan lesehan adalah terong goreng yang disajikan dengan berbagai jenis sambal. Siapapun pasti tergoda dengan tekstur renyah dan lembut dari makanan olehan yang satu ini. Namun tahukah Anda bahwa menggoreng terong sebelum dikonsumsi merupakan cara memasak yang salah?

Sponsors Link

Kegiatan menggoreng buah ini memang membutnya terasa gurih dan lezat, namun sayangnya hal ini sangat tidak disarankan. Terong goreng memiliki kandungan lemak jenuh di dalamnya, sehingga bisa jadi meningkatkan kolesterol dalam tubuh Anda. Apabila Anda makan di warung tenda atau lesehan, bisa jadi ahli masak menambahkan bumbu bersodium pada menu terong Anda. Bumbu ini memang akan memperkaya rasa masakan, namun akan membuat kadar asam urat dalam darah Anda meningkat seketika. Duh, jangan suka jajan sembarangan ya!

Sebagai alternatif, tulisan ini merekomendasikan cara memanggang sebagai pengganti menggoreng. Dengan menambahkan minyak rendah lemak atau olive oil pada terong yang Anda panggang, bisa menambah rasa sedap dalam makanan olahan Anda. Wajib dicoba nih!

2. Jus terong, enak nggak sih?

Tidak hanya khasiat oyong untuk asam urat saja yang bisa dibuat jus, ternyata buah terong juga lho. Jika Anda tidak sempat memanggang terong atau membuatnya sebagai tumisan, mungkin jus terong dapat menjadi salah satu rekomendasi yang bisa Anda coba. Dengan mencuci bersih 2 buah terong ukuran sedang, menambahkan perasan air lemon atau jeruk nipis dan madu akan membuat jus ini terasa menyegarkan.

Sebelum menjadikan buah terong sebagai menu makanan, alangkah baiknya jika Anda melakukan konsultasi dengan dengan dokter pribadi Anda. Terutama jika Anda sedang hamil dan memiliki kasus asam urat yang tinggi. Anda perlu membaca tentang bahaya asam urat bagi ibu hamil dan melakukan konsultasi sebagai cara yang paling aman untuk mengetahui kesehatan Anda.

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Sayuran