Sponsors Link

7 Khasiat Timun untuk Asam Urat Tinggi Paling Ampuh

Sponsors Link

Memiliki riwayat penyakit asam urat pasti membuat Anda sedikit tersiksa. Bukan hanya tersiksa karena rasa sakitnya, tapi karena ketatnya pola makan yang harus Anda jaga. Selain melakukan konsultasi dengan dokter pribadi, membaca tulisan ini, juga merupakan salah satu alternatif penambah informasi yang berkaitan dengan penyakit yang Anda miliki ini.

ads

Selain buah-buahan kaya vitamin C seperti jeruk dan buah ceri, kini saatnya membahas buah yang sangat mudah ditemui, bahkan di tukang sayur keliling yang kerap kali melintas di depan rumah Anda. Timun merupakan salah satu buah yang nyaris panen dan dijual tanpa mengenal musim. Jika Anda suka berjalan-jalan di pasar tradisional, maka setiap hari Anda selalu menemukan penjual buah atau sayur yang menjajakan timun sebagai barang dagangannya. Kemudian adakah khasiat timun untuk asam urat? Simak tulisan berikut untuk mengetahuinya.

Kandungan Nutrisi dalam Timun

Timun atau mentimun (Cucumis Sativus) merupakan salah satu buah yang masuk dalam famili CUcubitceae layaknya tanaman oyong dan pare. Kedua buah dalam family tersebut masuk dalam makanan untuk asam urat, lalu bagaimanakah dengan buah mentimun? Apakah mentimun memiliki manfaat untuk penderita asam urat?

Sebelum mengetahui manfaat timun untuk penyakit asam urat, sebaiknya Anda mengetahui kandungan apa saja yang dimiliki oleh buah yang satu ini. Mentimun memiliki jumlah kalori yang terkandung sebanyak 16 kcal/100 gram. Selain kalori yang terbilang rendah, mentimun juga memiliki kandungan karbohidrat (3.43 gram); lemak (0.11 gram); protein (0.65 gram); vitamin-vitamin; mineral; air; dan fluoride. Timun juga sebagai salah satu buah yang baik untuk dibuat jus, sebenarnya apa sajakah khasiat timun untuk asam urat ya?

Khasiat Timun untuk Asam Urat

Berikut ini merupakan khasiat buah mentimun untuk penderita asam urat yang harus Anda ketahui:

1. Buah rendah purin

Bagi penderita asam urat yang melakukan diet rendah purin, mentimun merupakan salah satu buah yang mengandung zat purin yang rendah. Dalam 100 gram buah mentimun, hanya terdapat 7.3 miligram zat purin saja. Hal ini tentu saja membuatnya sangat cocok bagi Anda, penderita asam urat yang tengah menyusun daftar menu yang baik untuk dikonsumsi.

2. Menambah asupan air yang dibutuhkan tubuh

Nyeri yang dialami penderita asam urat merupakan akibat dari kadar asam urat dalam darah Anda yang tidak terkontrol. Sebagian besar dokter akan menyarankan Anda untuk mengonsumsi air putih terutama saat Anda mengalami rasa sakit akibat asam urat. Bukan tanpa alasan, air putih merupakan salah satu cairan yang mampu mengurangi kandungan asam urat dalam darah Anda. Kandungan air yang terdapat dalam timun akan membantu Anda menambah konsumsi air yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda untuk mengurangi kadar asam urat yang tidak terkontrol.

3. Mengurangi peradangan

Mengingat rasa sakit karena asam urat merupakan akibat dari aktivitas peradangan area sendi maka buah mentimun dapat mengurangi peradangan tersebut. Zat-zat yang terkandung dalam mentimun dapat mencegah enzim pro-flamasi yang dapat  dan meradangkan bagian-bagian tubuh Anda.

4. Menetralisir kadar asam urat yang tinggi

Kandungan vitamin C yang ada dalam buah ini mampu mengurangi kadar asam urat yang ada dalam darah. Vitamin C yang ada dalam buah mentimun memiliki kegunaan yang hampir sama dengan manfaat lemon untuk asam urat. Kedua buah ini mampu menetralisir kadar asam urat yang tinggi dalam darah Anda, akibat pola makan dan gaya hidup yang kurang sehat.

Sponsors Link

5. Mengatur berat badan tubuh Anda

Hal yang senantiasa harus dijaga oleh penderita asam urat adalah kadar asam urat dan kandungan gula. Kerap kali dokter memberikan saran untuk Anda yang memiliki riwayat penyakit yang satu ini melakukan diet. Selain mencegah kadar asam urat yang tidak terkontrol, dokter juga tidak ingin membuat asupan nutrisi dalam tubuh Anda menjadi berlebihan. Kelebihan asupan gizi ini bisa jadi menambah berat badan Anda secara drastis. Timun menjadi buah yang sangat ramah untuk mengatur berat badan karena hanya mengandung gula sebanyak 1.67 gram/100 gram dan serat sebanyak 0.65 gram yang siap membantu kelancaran kinerja sistem pencernaan Anda.

Tips Mengolah Timun untuk Penderita Asam Urat

Ingin mendapat manfaat dari buah mentimun untuk penyakit asam urat Anda? Yuk ikuti tips sederhana yang bisa Anda coba di bawah ini:

1. Camilan

Penderita asam urat sangat disarankan untuk mengonsumsi buah sebagai pengganti makanan ringan. Mengapa? Hal ini dikarenakan banyaknya makanan ringan yang mengandung sodium, fruktosa, dan kandungan bahan-bahan lain yang buruk untuk kesehatan asam urat Anda. Sebagai gantinya, Anda dapat menjadiken timun sebagai camilan Anda. Kupas dan cuci bersih 2 buah mentimun, kemudian potong sesuai selera Anda. Tambahkan buah untuk asam urat lainnya untuk menambah variasi rasa yang ada dalam camilan buah yang Anda miliki.

Sponsors Link

2. Jus

Buat Anda penggemar jus, mungkin Anda bisa mempraktekkan tips untuk membuat jus mentimun yang ramah untuk asam urat Anda. Siapkan bahan-bahan:

  • 1 buah mentimun kupas bersih
  • ½ buah lemon
  • 2 cm jahe

Cara membuat:

  • Potong buah mentimun dan jahe, masukkan dalam blender atau juicer
  • Peraslah ½ buah lemon dan masukkan airnya ke dalam blender
  • Tambahkan air sebanyak 100 ml, kemudian haluskan dengan blender
  • Jus mentimun siap dinikmati

Itu tadi merupakan kandungan, khasiat timun untuk asam urat dan tips menarik yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kadar asam urat dalam darah Anda. Jagalah pola makan dan gaya hidup Anda sehingga Anda tidak perlu merasakan sakit akibat asam urat yang tiba-tiba tidak terkontrol.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Buah Buahan