Sponsors Link

Kolton – Obat Apa – Fungsi – Dosis – Efek Samping – Kontra Indikasi

Sponsors Link

Obat Kolton atau Tablet Kolton, merupakan salah satu obat medis asam urat yang cukup terkenal. Obat ini mengandung senyawa allopurinol yang berguna untuk mengurangi kadar asam urat dalam darah Anda. Selain mengontrol kadar asam urat yang meningkat, obat Kolton ini berfungsi untuk melarutkan kembali endapan garam yang ada di kandung kemih atau saluran ginjal. Tablet Kolton memang direkomendasikan untuk penderita asam urat namun alangkah lebih baik jika Anda mengetahui bagaimana indikasi hingga tips untuk meminum obat Kolton yang tepat.

ads

Indikasi

Indikasi atau kegunaan dari obat Kolton ini cukup beragam, yaitu:

  • Obat ini dapat membantu melarutkan kembali kandungan garam yang mengendap dalam saluran ginjal dan kandung kemih. Penderita asam urat memiliki potensi batu ginjal yang lebih besar dibandingkan dengan orang normal. Garam dan zat sisa lainnya yang tersaring dalam ginjal akan mengendap dan membatu di dalam ginjal Anda. Hal ini menjadi sangat berbahaya apabila Anda terus menerus mengonsumsi makanan penyebab asam urat yang mengandung zat purin tinggi.
  • Obat Kolton juga berguna untuk mengurangi rasa nyeri akibat penyakit asam urat.
  • Kandungan senyawa allopurinol akan membantu menetralisir darah Anda dari kandungan asam urat yang tinggi.
  • Obat ini juga berguna mengurangi asam urat yang mengkristal di area persendian Anda dan membengkak akibat asam urat.

Dosis

Obat Kolton yang dijual di apotek biasanya memiliki kandungan allopurinol yang berbeda. Biasanya ada yang menjual tablet Kolton 100 mg, 300 mg, dan suntikan 500 mg/vial. Dosis tablet Kolton yang tepat untuk orang dewasa ialah 2-10 mg dikali berat badan Anda/harinya.

Misalnya Anda memiliki berat badan 50 kg, maka obat Kolton yang harus Anda konsumsi adalah 100 mg (saat terasa nyeri saja) dan 500 mg tablet Kolton (saat Anda mengalami serangan asam urat yang cukup parah).
Berikut ini merupakan rincian dosis harian yang dapat Anda gunakan ketika mengonsumsi obat Kolton:

Untuk orang dewasa:

  • Serangan asam urat ringan: 200 – 300 mg/hari atau 2 – 3 tablet Kolton 100 mg;
  • Serangan asam urat sedang atau berat: 400 – 600 mg/hari atau 4 – 6 tablet Kolton 100 mg;
  • Dosis minimal: 100 – 200 mg/hari atau 1 – 2 tablet Kolton 100 mg;
  • Dosis maksimal: 800 mg/hari atau 3 tablet Kolton 300 mg.

Untuk anak-anak:

  • Dosis maksimal: 600 mg/hari atau 2 tablet Kolton 300 mg untuk pagi dan sore hari.

Efek Samping

Disamping kegunaannya, obat Kolton juga memiliki efek samping yang harus Anda perhatikan. Efek samping penggunaan allopurinol ini kerap kali terjadi pada daerah kulit berupa ruam dan gatal (1,3%) dengan mayoritas kejadian yang lebih sering ditemui pada pasien penyakit gagal ginjal, mual (1,3%), gagal ginjal (1,2%), dan muntah (1,2%).

Beberapa efek samping yang kerap kali ditemukan oleh penderita asam urat saat mengonsumsi obat Kolton adalah gatal-gatal, keracunan hati, nyeri sendi, kelainan darah, kelainan elektrolit, kencing darah, hingga Syndrome Johnson. Apabila efek samping ini mulai berlanjut dan bertambah parah, datanglah ke dokter atau rumah sakit. Bisa jadi Anda alergi atau sensitif terhadap senyawa allopurinol.

Kontra Indikasi

Tablet Kolton memang salah satu obat untuk penderita asam urat yang sangat direkomendasikan. Kandungan allopurinol ini akan membantu menetralisir asam urat yang parah dalam darah atau urine Anda. Mengingat kandungan allopurinol yang berfungsi untuk menetralisir asam urat saja maka obat Kolton tidak direkomendasikan untuk menghentikan serangan atau rasa sakit yang parah akibat asam urat. Obat ini tidak memiliki sifat anti inflamasi yang dimiliki oleh beberapa jenis buah untuk asam urat, yang dapat mengurangi rasa nyeri atau menghentikan peradangan di area sendi.

Sponsors Link

Kontra indikasi penggunaan obat Kolton ini adalah munculnya alergi atau hipersensitivitas tertentu saat mengonsumsinya. Selain itu jika Anda termasuk dalam ibu hamil dan menyusui yang menderita asam urat, mungkin Anda harus mengonsultasikan pemakaian obat ini dengan dokter kandungan dan dokter pribadi Anda.

Tips Meminum Obat Kolton

Berikut ini merupakan tips dan peringatan dalam menggunakan obat Kolton untuk mengobati asam urat. Yuk simak dan pahami tips dan peringatannya berikut ini:

  • Konsumsilah sesudah makan

Obat Kolton lebih baik dikonsumsi setelah makan. Anda dapat menerapkan menu makanan dan minuman untuk penderita asam urat yang dianjurkan oleh dokter, sebelum meminum obat ini, upaya kadar asam urat dalam darah Anda kembali terkontrol. Minumlah air putih yang cukup setelah mengonsumsi obat ini.

  • Ikuti anjuran dokter dan membaca informasi

Sebelum mengonsumsinya, lakukanlah konsultasi dengan dokter pribadi Anda mengenai kebutuhan dan tingkat asam urat Anda. Membaca informasi tentang obat Kolton atau allopurinol merupakan hal penting yang harus Anda lakukan. Jangan sampai Anda salah membeli atau meminum obat Kolton dengan dosis yang berlebihan atau tidak sesuai.

Sponsors Link

  • Jarak waktu dan konsistensi

Berilah jarak atau rentang waktu yang cukup untuk meminum satu dosis ke dosis berikutnya. Tentukanlah kapan Anda harus meminum obat ini setiap harinya dan minumlah di jam yang sama setiap harinya. Hal ini akan memaksimalkan manfaat obat Kolton sebagai penetralisir kadar asam urat dalam darah Anda.

  • Minum setiap hari hingga tiga bulan

Untuk merasakan manfaat allopurinol secara maksimal, Anda harus mengonsumsinya secara rutin setiap hari sesuai anjuran dokter. Biasanya dokter juga akan memberitahu Anda kapan harus berhenti untuk mengonsumsi obat Kolton ini.

  • Usahakan jangan mengonsumsi obat lain

Allopurinol sangat mudah bereaksi dengan beberapa jenis obat-obatan lain. Mengonsumsinya secara bersamaan dengan beberapa jenis obat yang mengandung senyawa seperti azathioprine, captopril, cyclophosphamide, enalapril, warfarin, vidarabine, enalaprilat, mercaptopurine, tegafur, pegloticase, aluminium hydroxide, dan beberapa senyawa lain akan menurunkan efek obat dan meningkatkan resiko efek samping.

Demikian penjelasan mengenai obat Kolton tablet yang sering diresepkan oleh dokter untuk membantu pengobatan asam urat. Selain Kolton, masih banyak lagi merk obat asam urat di apotik yang juga berfungsi untuk mengobati penyakit asam urat. Sebelum mengonsumsinya, sebaiknya cek terlebih dahulu kadar asam urat Anda dan berkonsultasi pada dokter. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan