Sponsors Link

5 Komplikasi Asam Urat dan Kolesterol Tinggi

Sponsors Link

Asam urat dan kolesterol merupakan salah satu senyawa yang diproduksi oleh tubuh melalui proses metabolisme tertentu. Sebagai senyawa yang diproduksi oleh tubuh tentu kedua zat tersebut memiliki manfaat masing dan fungsi masing masing baik itu fungsi asam urat maupun fungsi kolesterol yang berguna bagi segala proses kimiawi yang terjadi di dalam tubuh manusia. Dalam kondisi kadar kedua senyawa tersebut yang tidak normal atau melebihi batasnya, ternyata dapat menyebabkan munculnya permasalahan kesehatan serius.

ads

Penyakit asam urat maupun kolesterol merupakan penyakit yang terjadi dengan gejala yang hampir mirip dan tentunya biasanya keduanya dapat terjadi secara bersamaan. Kedua jenis penyakit tersebut lebih banyak disebabkan oleh kondisi gaya hidup yang tidak sehat sehingga menyebabkan adanya peningkatan kadar asam urat maupun kolesterol yang mempengaruhi kondisi kesehatan. Penyakit asam urat dan kolesterol merupakan jenis penyakit kronis yang akan terjadi sepanjang waktu dan dapat kambuh setiap saat.

Kondisi kedua penyakit tersebut harus dapat diperhatikan dengan baik dan perlu penanganan khusus mengingat semakin tingginya kadar kedua zat dan semakin lamanya penyakit diderita tanpa adanya usaha untuk mengatasi keadaan tersebut maka peluang munculnya komplikasi dapat terjadi dan semakin membahayakan kesehatan penderitanya. Berikut ini beberapa komplikasi asam urat dan kolesterol yang perlu diketahui dan dipahami sebagai peringatan terutama bagi yang sudah menjadi penderitanya dalam ulasan di bawah ini.

  1. Penyakit Jantung

Adanya penumpukan kristal asam urat dan kolesteral dapat menyebabkan tingginya resiko komplikasi penyakit jantung. Kristal asam urat yang menumpuk dapat menyebabkan lapisan bagian dalam pembuluh darah koroner rusak serta penumpukan kolesterol akan menghambat laju darah sehingga dapat memicu terjadinya berbagai macam jenis penyakit jantung. Komplikasi penyakit jantung tersebut harus perlu diperhatikan karena penyakit jantung masih menjadi salah satu penyakit mematikan di Indonesia.

Agar kondisi komplikasi penyakit jantung tidak terjadi maka setiap penderita yang sudah terdiagnosis memiliiki penyakit asam urat dan kolesterol harus benar benar menjaga agar peningkatan kadar kedua senyawa tersebut di dalam tubuh tidak sering terjadi. Untuk mencegahnya terjadi satu satunya jalan adalah menjaga pola makan dan menghindari beberapa jenis makanan tertentu serta melakukan gaya hidup sehat untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan daya tahannya.

  1. Gagal Ginjal

Saat kadar asam urat tinggi di dalam tubuh maka akan terjadi penumpukan kristal asam urat di beberapa bagian tubuh terutama di daerah persendian dan pastinya ginjal pun juga. Penumpukan kristal asam urat di daerah ginjal dapat memicu terjadinya batu ginjal. Adanya batu ginjal tersebut dapat menyebabkan terjadinya infeksi pada ginjal menyebabkan muncul keadaan fungsi ginjal yang gagal berkerja dengan baik sehingga proses eksresi dan penyaringan beberapa senyawa tidak akan berfungsi dengan optimal.

Pengendapan kristal asam urat di dalam ginjal juga dipicu oleh salah satu proses ekstraksi dari kristal asam urat yang berlebih di dalam tubuh bersamaan dengan urin. Bentuk kristal asam urat yang menyerupai kristal jarum juga memicu terjadinya resiko lebih tinggi pada kerusakan ginjal. Kondisi gagal ginjal merupakan salah satu bentuk permasalahan kesehatan yang serius dan dapat berdampak pada keadaan yang paling buruk yakni kematian sehingga patut di waspadai. Kondisi gagal ginjal ini merupakan salah satu bahaya asam urat dan koleterol tinggi yang dampaknya sangat besar.

  1. Stroke

Selain penyakit jantung, komplikasi asam urat dan kolesterol lainnya yang juga cukup berbahaya adalah stroke. Stroke merupakan jenis penyakit yang terjadi akibat terganggu atau terhambatnya pasokan darah ke otak. Stroke dapat terjadi akibat adanya sumbatan pada saluran pembuluh darah yang menuju ke otak atau disebut sebagai stroke iskemi dan juga dapat dipicu oleh pecahnya pembuluh darah yang menuju ke otak yang disebut dengan istilah stroke hemoragik.

Adanya peningkatan kadar asam urat dan kolesterol yang tinggi dapat memicu terjadinya sumbatan pada pembuluh darah yang menuju ke otak. Sumbatan pada pembuluh darah tersebut berpotensi menyebabkan terjadinya stroke iskemi. Kondisi kerusakan yang terjadi pada otak akibat tidak adanya aliran darah dan oksigen yang masuk ke bagian otak tersebut akan menyebabkan bagian tubuh yang dikendalikan oleh otak tersebut akan rusak dan tidak berfungsi dengan baik.

  1. Kelumpuhan permanen

Kondisi asam urat yang terlalu tinggi melebihi kadar asam urat normal akan menyebabkan masalah pada beberapa bagian tubuh terutama di daerah persendian. Kelumpuahan tersebut dipicu oleh beberapa kondisi seperti kolesterol yang menyebabkan hambatan darah pada otak yang mengendalikan bagian gerak tubuh sehingga menyebabkan terjadinya kelumpuhan permanen. Asam urat yang banyak menumpuk pada bagian persendian akan menyebabkan terjadinya kerusakan beberapa jaringan sehingga menimbulkan kelumpuhan. Kondisi kelumpuhan permanen akan lebih besar resikonya ketika penderita juga mengalami masalah diabetes.

  1. Komplikasi lainnya

Selain beberapa bentuk komplikasi asam urat dan kolesterol yang berbahaya seperti disebutkan diatas, ada juga komplikasi lain yang juga beresiko terjadi diantaranya seperti kondisi psikologis yang terganggu dan menyebabkan penderita emosi akibat penyakit yang berkepanjangan, memicu terjadinya diabetes yang akan semakin memperparah keadaan penderita asam urat maupun kolesterol tersebut, terbentuknya benjolan tofi, serta beberapa kondisi lainya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai komplikasi asam urat dan kolesterol yang kadarnya terlampau tinggi dan tidak bisa dikendalikan di dalam tubuh. Komplikasi yang adan dapat memperburuk kesehatan penderita dan akan lebih mengarahkan pada keadaan yang paling buruk yakni hilangnya nyawa penderita akibat semakin beratnya komplikasi yang ada. Keadaan komplikasi tersebut terjadi ketika kadar asam urat dan kolesterol yang tinggi tidak kunjung diatasi dan dijaga agr tidak muncul kembali.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab