Sponsors Link

Bagaimana Terjadinya Komplikasi Diabetes Melitus dengan Asam Urat?

Sponsors Link

Penyakit asam urat merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh adanya gangguan peredaran darah dalam tubuh manusia. Banyaknya kandungan purin di dalam tubuh hingga membentuk kristal-kristal di bagian sendi atau sekitar sendi menghambat peredaran darah, sehingga, penyakit ini seringkali menimbulkan penyakit-penyakit yang lain. Maka tidak mengherankan apabila ditemukan banyak kasus di mana seorang penderita penyakit asam urat juga menderita satu atau lebih penyakit lain di dalam tubuhnya. Ada beberapa jenis penyakit yang menjadi komplikasi asam urat seperti batu ginjal, gagal ginjal, obesitas, tekanan darah tinggi (hipertensi), kolesterol, jantung koroner, dan diabetes.

ads

Jenis penyakit asam urat sendiri ada bermacam-macam, salah satunya adalah komplikasi dengan jenis penyakit yang lain. Di dalam tulisan ini, kita akan fokus membahas mengenai komplikasi penyakit asam urat dengan diabetes melitus, resiko apa saja yang mungkin diterima oleh pasien dan cara mengatasinya. Di Indonesia sendiri, penyakit diabetes tergolong salah satu jenis penyakit yang paling banyak ditemui serta tergolong ke dalam penyakit yang berbahaya. Sama seperti penyakit asam urat – dan banyak penyakit jenis lain, diabetes melitus juga dapat memicu serangan penyakit lain ke dalam tubuh penderitanya.

Diabetes melitus adalah salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh tingginya kandungan gula di dalam darah. Biasanya, diabetes menyerang orang-orang dengan pola hidup yang tidak sehat, seperti makan terlalu banyak dengan aktivitas dan olahraga yang tidak terlalu banyak. Penyakit ini terjadi ketika hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas di dalam tubuh seseorang tidak cukup untuk mengubah glukosa dari makanan-makanan yang dikonsumsinya. Kondisi tersebut akan menyebabkan meningkatnya kadar gula di dalam darah dan memicu terjadinya penyakit diabetes.

Mengapa bisa Terjadi Komplikasi Diabetes Melitus dengan Asam Urat?

Pada dasarnya, penyakit asam urat dan diabetes melitus ini saling berhubungan satu sama lain. Mengapa demikian Penumpukan asam urat pada pembuluh darah akan mengganggu sirkulasi atau peredaran di dalam tubuh. Kondisi tersebut berpotensi menimbulkan terjadinya penumpukan gula yang ada di dalam darah, yang kemudian memunculkan serangan diabetes.

Begitu pula sebaliknya, ketika kadar gula darah seseorang meningkat drastis melebihi kapasitas normal, secara otomatis tubuh akan mengeluarkan cairan dalam jumlah banyak bahkan hingga orang tersebut dapat mengalami dehidrasi. Keluarnya cairan tubuh dalam jumlah banyak akan membuat peredaran darah terganggu dan meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh dan memicu serangan penyakit asam urat. Bahkan, apabila tidak segera ditangani, kegagalan sirkulasi darah ini dapat menyebabkan kematian.

Penyakit asam urat dapat meningkatkan resiko seseorang terkena diabetes. Menurut survey yang dilakukan oleh seorang dokter spesialis alergi dan imunologi Rumah Sakit Umum Massachusetts, Dr. Hyon Choi, wanita yang menderita penyakit asam urat beresiko terserang penyakit diabetes 71% lebih banyak dibanding wanita tanpa asam urat. Untuk laki-laki sendiri, resiko pasien asam urat lebih besar 22% dibandingkan mereka yang tidak menderita asam urat.

Cara Penanganan Komplikasi Diabetes Melitus dengan Asam Urat

Penjelasan mengenai hubungan antara diabetes dan asam urat di atas diharapkan sudah mampu memberikan informasi kepada Anda mengenai bagaimana komplikasi di antara kedua penyakit tersebut. Bahaya asam urat dan diabetes tentu saja perlu kita waspadai dan kita hindari demi tubuh yang tetap sehat dan bugar. Dengan demikian, hal yang selanjutnya perlu kita ketahui yakni mengenai cara mengatasi atau bahkan cara mencegah munculnya penyakit tersebut di dalam tubuh. Berikut beberapa caranya:

Sponsors Link

  • Pertama, yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan rutin setiap bulan agar kita mengetahui kadar gula dan kadar asam urat di dalam tubuh. Dengan demikian, kita dapat mengendalikan dan mengatur pola makan kita dengan mengurangi makanan-makanan baik yang mengandung gula berlebih maupun kadar purin yang menyebabkan penyakit asam urat.
  • Menerapkan gaya hidup sehat, seperti menghindari alkohol. Minuman beralkohol dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh yang dalam jangka panjang akan berdampak pada penyakit diabetes.
  • Cara-cara sederhana lain yang dapat dilakukan adalah dengan menurunkan berat badan (bagi yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan), berolahraga secara teratur, mengontrol kadar gula di dalam darah, memperbaiki gaya hidup, membatasi konsumsi karbohidrat, membatasi konsumsi purin, meminum banyak air putih, dan masih banyak lagi.
  • Menghindari pantangan makanan bagi penderita asam urat dan diabetes juga dapat Anda lakukan untuk menjaga kondisi tubuh tetap normal.

Demikian penjelasan mengenai komplikasi asam urat dengan diabetes termasuk cara-cara pencegahannya. Menerapkan gaya hidup sehat serta mengendalikan asupan-asupan nutrisi di dalam tubuh menjadi aspek penting yang harus diperhatikan untuk menghindari kedua jenis penyakit tersebut. Tidak ada salahnya apabila kita mengontrol pola makan kita di masa-masa muda agar tidak menyesal di hari tua nanti.

, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab