Sponsors Link

Cara Kompres Jahe untuk Asam Urat Tinggi dan Efeknya

Sponsors Link

Pengobatan asam urat tidak hanya dapat menggunakan bahan-bahan kimia. Namun, ada juga beberapa jenis obat herbal untuk asam urat yang mudah ditemukan di sekitar Anda atau bahkan, sudah tidak asing di telinga Anda. Salah satu obat herbal tersebut adalah jahe. Jahe sendiri merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki banyak manfaat dan sudah populer di kalangan masyarakat.

ads

Selain dapat digunakan sebagai rempah-rempah ataupun bumbu untuk menambah cita rasa suatu masakan, tanaman ini juga seringkali dimanfaatkan sebagai obat. Dengan berbagai khasiat serta kelebihannya, tidak heran apabila tanaman jahe menjadi salah satu tanaman yang digemari oleh banyak orang. Manfaat jahe untuk asam urat berasal dari zat-zat yang terkandung di dalamnya. Zat-zat tersebut sangat beragam, di antaranya ada bisabolena, gingerol, kurkumen, filandrena, zingiberol, dan resin pahit. Seluruh kandungan tersebut memiliki manfaat bagi kesehatan manusia.

Lalu, bagaimana cara mengobati asam urat dengan jahe? Ada beberapa cara untuk mengolah jahe sebagai salah satu bahan dasar pengobatan asam urat, seperti mengolahnya menjadi minuman jahe, menjadikan obat oles, mencampurkan dengan masakan, dan lain-lain. Namun, artikel ini akan secara spesifik membahas mengenai cara kompres jahe untuk asam urat dan meredakan nyerinya.

Mengapa Dilakukan dengan Cara Kompres?

Kompres menggunakan air hangat bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah. Dengan meningkatnya aliran darah di dalam tubuh, maka pasokan oksigen ke jaringan-jaringan di dalam tubuh juga akan meningkat. Dengan demikian, sel-sel akan mendapatkan nutrisi dengan cukup. Hormon endorphin dapat menimbulkan efek anti nyeri atau analgesik dan relaksasi otot. Dimana hormon endorphin akan keluar ketika sel tercukupi nutrisinya, sehingga akan merangsang saraf perifer untuk mengirim stimulus ke otak agar mengeluarkan hormon endorphin. Terapi kompres hangat ini dapat mengurangi nyeri, menambah kelenturan sendi, mengurangi nyeri dan tekanan pada sendi, serta melemaskan otot dan melenturkan jaringan ikat.

Kombinasi antara kompres hangat dengan penggunaan tanaman jahe menjadi salah satu bentuk pereda nyeri untuk penyakit asam urat. Zat-zat alami di dalam tanaman jahe bersifat anti peradangan dan antioksidan yang tinggi, sehingga, dapat mengatur proses biokimia di dalam tubuh yang berfungsi meredakan peradangan sendi. Selain itu, sifat pedas, hangat, dan aromatik dari jahe yang jika dikombinasikan dengan air hangat akan memberi efek berupa pelebaran pembuluh darah yang dapat meningkatkan aliran darah seperti yang sudah dibahas sebelumnya.

Cara Mengompres Asam Urat dengan Jahe

Pertama-tama, yang akan dibahas di sini adalah hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan kompres jahe. Salah satu hal penting yang harus diketahui adalah tidak diperkenankannya memijat bagian yang sakit pada asam urat. Mengapa demikian? Sebab, pijatan yang diberikan justru akan menyebarkan kristal-kristal asam urat di dalam darah yang menyebabkan asam urat semakin meradang hingga membengkak dan memerah.

Cara mengompres asam urat dengan jahe juga relatif mudah. Anda tinggal menyiapkan 100 gram jahe, parutan, dan kain yang akan digunakan untuk mengompres. Cara membuatnya adalah:

  • Memarut 100 gram jahe yang akan digunakan serta air hangat.
  • Masukkan parutan jahe ke dalam kain dan celupkan ke air hangat.
  • Kemudian, kompres pada daerah yang nyeri selama sekitar 20 menit.
  • Lakukan cara ini secara berulang hingga nyerinya hilang.
Sponsors Link

Efek Samping Penggunaan Jahe

Meski mengandung sejuta manfaat, jahe ternyata dapat membahayakan tubuh dalam beberapa kondisi tertentu. Oleh karena itu, tidak ada salahnya apabila Anda memperhatikan beberapa efek samping yang dapat disebabkan oleh jahe itu sendiri, diantaranya:

  • Iritasi kulit

Ada beberapa orang yang memiliki kulit yang alergi terhadap jahe, sehingga akan menimbulkan iritasi kulit. Iritasi kulit ini bisa timbul karena kulit yang tidak cocok dengan jahe atau dosis yang dioleskan terlalu banyak. Biasanya akan muncul ruam merah yang menandakan bahwa kulit alergi terhadap jahe.

  • Mengonsumsi jahe dengan obat herbal lainnya

Mengombinasikan beberapa tanaman herbal untuk dikonsumsi dalam waktu yang bersamaan tidak selalu memberikan khasiat yang baik. Sebab, terdapat beberapa jenis tanaman herbal yang tidak cocok dikonsumsi bersamaan, salah satunya adalah jahe. Mengombinasikan jahe dengan obat kimia misalnya, sebaiknya dilakukan berdasarkan petunjuk dokter atau ahli kesehatan. Kombinasi obat herbal membutuhkan pengetahuan yang lebih agar dapat memberikan dosis yang tepat ke dalam tubuh.

Demikianlah informasi mengenai kompres jahe untuk asam urat. Tanaman jahe dengan sejuta manfaat dapat pula digunakan untuk terapi asam urat yang membantu meredakan nyeri pada pasien. Tidak hanya dengan kompres, jahe juga dapat dijadikan sebagai jus untuk penderita asam urat sebagai bentuk pengobatan dari dalam. Namun, hal yang perlu diingat yaitu penggunaan jahe yang berlebihan atau kurang kehati-hatian akan menyebabkan sejumlah efek samping. Oleh karena itu, sebaiknya penggunaan tanaman jahe ini diberikan batasan jangan sampai melampaui dosis yang dapat ditolerir oleh tubuh Anda.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal