Sponsors Link

Pembentukan Kristal Asam Urat Dan Efek Penumpukannya

Sponsors Link

Setiap manusia pastinya memiliki senyawa yang terdapat di dalam tubuh sebagai hasil metabolisme yang berguna bagi kelangsungan aktivitas dan proses yang terdapat di berbagai organ penunjang hidup manusia. Salah satu senyawa yang secara normal terdapat di dalam tubuh adalah asam urat. Asam urat merupakan hasil metabolime zat purin di dalam tubuh oleh enzim xanthine oksidase yang secara normal dalam kadar tertentu memiliki fungsi dan perannya bagus tubuh manusia.

ads

Beberapa fungsi asam urat bagi tubuh tersebut diantaranya sebagai antioksidan yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh pada beberapa zat oksidatif yang masuk di dalam tubuh, bertindak sebagai neuroprotektif, sebagai tanda adanya kondisi berbahaya yang terdapat di dalam tubuh ketika kadarnya tidak sesuai dengan kondisi normal. Kadar asam urat normal pada tubuh berbeda antara laki laki dan perempuan. Kadar asam urat pada laki laki maksimal 7 mg/dl dan pada wanita maksimal 6,0 mg/dl.

Tingginya kadar asam urat di atas kadar normalnya dapat menyebabkan permasalahan pada tubuh yang disebut sebagai penyakit asam urat. Penyakit asam urat tersebut merupakan kondisi kronis yang dapat terjadi dan menimbulkan beberapa kondisi gejala yang diantaranya seperti nyeri serta pembengkakan pada daerah persendian tubuh seperti di daerah jari kaki. Munculnya kondisi gejala tersebut disebabkan oleh adanya penumpukan kristal asam urat yang dijelaskan dalam uraian di bawah ini.

Pembentukan kristal asam urat sebenarnya sama saja dengan proses pembentukan asam urat karena pada dasarnya asam urat memang berbentuk kristal kristal di dalam tubuh. Pembentukan asam urat secara umum diantaranya melalui beberapa tahap sebagai berikut ini :

  • Metabolisme DNA dan RNA

Proses pembentukan asam urat diawali dengan metabolisme RNA dan DNA di dalam tubuh, dimana DNA dan RNA tersebut akan dirubah menjadi adenosin dan guanosin. Metabolime yang terjadi dalam tubuh ini akan terus berlangsung dan berulang secara terus menerus.

  • Pembentukan Xanthine

Adenosin yang terbentuk dari hasil metabolisme DNA tersebut akan dimetabolisme menjadi hipoksantin, sedangkan guanosin dimetabolisme menjadi xantin. Hipoksantin hasil metabolisme Adenosis yang sudah terbentuk juga akan dirubah menjadi xantin.

  • Pembentukan Asam Urat

Asam urat merupakan hasil metabolisme purin yang ada di dalam tubuh oleh enzim xanthin oksidase. Selain itu, xantin yang terbentuk dari metabolisme guanosin dan adenosin juga akan dirubah menjadi asam urat dengan bantuan enzim xanthin oksidase.

  • Pembentukan Asam Urat Dari Purin

Seperti yang dijelaskan diatas, asam urat juga dapat dibentuk dari purin di dalam tubuh manusia. Dalam proses metabolisme purin, ada enzim lain yang secara tidak langsung juga berperan di dalamnya yakni enzim hypoxantin-gaunin phosporibosil transferase atau HGPRT. Enzim ini memiliki peran untuk memetabolisme purin menjadi penyusun DNA dan RNA. Penurunan kadar enzim HGPRT dapat menyebabkan terjadinya hambatan metabolime purin menjadi penyusun DNA dan RNA. Hambatan ini menyebabkan penumpukan purin yang akan dimetabolime oleh enzim xanthin oksidase menjadi asam urat.

Adanya penumpukan asam urat di dalam tubuh akibat tingginya pembentukan asam urat dikarenkan berbagai penyebab tersebut dapat menyebabkan asam urat tidak tereksresi oleh ginjal secara maksimal. Penumpukan asam urat akan banyak terdapat pada daerah pesendian paling kecil seperti jari kaki dan jari tangan. Kristal asam urat yang menumpuk tersebut menjadi penyebab terjadinya berbagai jenis penyakit asam urat yang menyebabkan gejala seperti nyeri dan pembengkakan karena bentuk kristal yang menyerupai jarum.

Untuk dapat mengatasi munculnya gejala yang sangat menyakitkan bagi penderita asam urat maka harus ada upaya dalam mengurangi penumpukan asam urat ataupun mencegah terjadinya penumpukan tersebut. Beberapa cara yang dapat dilakukan diantaranya seperti :

  • Mengatur pola makan

Pengaturan pola makan menjadi salah satu upaya utama dalam mengatasi penumpukan kristal asam urat karena memang penyebab utama penyakit asam urat tersebut juga karena pola makan yang salah. Makanan dengan kandungan purin tinggi harus benar benar dihindari dan lebih banyak mengkonsumsi makanan sehat.

  • Mengkonsumsi obat obat

Selain mengatur pola makan, cara lain untuk menurunkan kadar kristal asam urat adalah dengan mengkonsumsi obat obatan. Obat yang dapat dikonsumsi diantaranya obat penurun kadar asam urat seperti allopurinol dan sebagainya serta obat yang dapat mengurangi gejala seperti obat antiinflamasi dan antinyeri. Beberapa pengobatan traditional untuk asam urat mungkin juga dapat dicoba untuk mengatasi penyakit asam urat yang sudah terlanjur menyerang.

Itulah beberapa penjelasan mengenai pembentukan kristal asam urat, proses penumpukannya, dan cara mengatasi gejala yang muncul akibat penumpukan kristal asam urat termasuk mengurangi kadarnya yang tinggi di dalam tubuh. Mengatur pola makan menjadi cara utama dalam mencegah dan mengatasi kondisi penyakit asam urat baik yang sudah menjadi penderita maupun yang belum.

 

, , ,



Oleh :
Kategori : Penyebab