Sponsors Link

Kristal Asam Urat dalam Urine : Penyebab – Gejala – Bahayanya

Sponsors Link

Asam urat atau gout adalah penyakit nyeri tidak tertahankan karena penumpukan zat purin yang berlebihan sehingga mengkristal di sendi. Penyakit ini dapat menimbulkan pembengkakan dan rasa panas di persendian. Rasa sakit dapat berlangsung selama 3-10 hari.

ads

Penyakit asam urat dapat menimbulkan komplikasi asam urat pada penyakit lain karena tidak diobati. Beberapa komplikasi penyakit asam urat misalnya deformitas sendi, jantung koroner, asidosis metabolik, diabetes, dan lainnya. Selain itu, Journal of The American Society Nephrology menyatakan bahwa asam urat yang tinggi dapat menyebabkan hiperurisemia yang berhubungan dengan kelainan kardiovaskular dan hipertensi serta penyakit ginjal.

Penelitian yang dilakukan dr. Rudolf dari Lembaga Kesehatan Masyarakat bagian Timur Vienna menemukan bahwa ada hubungan antara asam urat yang tinggi dengan penyakit ginjal. Hal ini dapat dilihat dari adanya kristal asam urat dalam urine. Ginjal yang sehat dapat menghancurkan sisa makanan dengan baik dan membuangnya bersama dengan urine.

Selain asam urat, kristal dalam urine dapat disebabkan oleh:

  • Dehidrasi: kurangnya konsumsi air putih mengakibatkan penumpukan kotoran jahat dalam tubuh seperti nitrogen dan asam urat sehingga terjadi pengkristalan dalam air seni.
  • Infeksi saluran kemih: adanya bakteri dan kuman yang mengubah nilai pH urine menjadi sangat asam. Nilai pH urine yang kurang dari 7 akan menunjukkan sifat asamnya
  • Ginjal dan kandung kemih batu: adanya kristal yang menyebabkan kencing batu (urolitiasis)

Asam urat dalam jumlah sedikit dibutuhkan oleh tubuh dan sisanya dibuang melalui urine. Oleh karena itu, tingginya asam urat dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit. Kelebihan asam urat membuat ginjal tidak dapat melakukan metabolisme asam dengan benar sehingga menjadi endapan kalsium oksalat (benih kristal). Kristal asam urat terjadi karena kristal oksalat tidak dapat diencerkan oleh pH asam urine.

Gejala Kristal Asam Urat dalam Urine

Tingginya asam urat dapat dilihat dari bentuk kristal yang ada di urine. Sulit untuk melihat gejala adanya kristal asam urat. Namun, Anda dapat melihat perubahan warna urine yang dapat dilakukan dengan cara tes urine di laboraturium. Kristal asam urat dalam urine dapat menyebabkan perubahan warna.

Jika terdapat perubahan warna, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyakit dan pengobatan yang harus dijalani. Kadar asam urat normal di tubuh harus berkisar 3,6 mg / dL hingga 8,3 mg / dL. Kristal kecil yang ada di urine dan variasi gejala yang ada dapat disebabkan meningkatnya kadar asam urat di dalam urine.  Kristal asam urat tersebut dapat tertangkap oleh mikroskop dan berwarna kuning kecoklatan.

Kristal asam urat yang ada di dalam urine juga memengaruhi berat urine. Hal tersebut dikarenakan kandungan yang ada di dalam urine diwakili oleh berat urine. Jika kandungan di dalam urine banyak (misalnya gula, sel darah merah, sel darah putih, protein), maka berat urine akan semakin tinggi, begitu pun sebaliknya. Berat urine yang rendah menandakan konsumsi air putih Anda cukup. Namun, jika berat urine sangat rendah atau sangat berat, fungsi ginjal dapat terganggu dan hal tersebut harus Anda periksakan ke dokter.

Sponsors Link

Bahaya Kristal Asam Urat dalam Urine

Adanya kristal asam urat dalam urine pada tubuh penderita menandakan fungsi ginjal yang tidak baik. Oleh karena itu, penderita harus segera mengambil langkah jika menemui tanda-tanda dan gejala sakit jika buang air kecil. Bahaya penyakit yang mungkin timbul karena kristal asam urat adalah:

  • Gagal ginjal: kristal-kristal yang disebabkan oleh asam urat yang terlalu tinggi dapat membuat kerja ginjal menjadi buruk. Kerja ginjal jadi terhambat dan menyebabkan ginjal tidak mampu mencerna dan mengeluarkan kelebihan asam urat yang tentunya akan sangat berbahaya.
  • Batu ginjal: asam urat yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan batu ginjal. Pengkristalan asam urat dalam ginjal menyebabkan batu ginjal yang menyumbat saluran urine sehingga penderita akan merasakan nyeri pada saat buang air kecil

Segeralah konsultasi ke dokter jika Anda merasa tidak nyaman saat buang air kecil. Biasanya dokter akan memberikan obat yang mengandung allopurinol dan febuxostat untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan kreatinin yang mana bersamaan dengan pemeriksaan kadar ureum darah untuk mengetahui kecepatan penyaringan ginjal.

Sponsors Link

Penting untuk selalu menjaga kebutuhan cairan tubuh dengan meminum air putih sebanyak minimal 2 liter per hari. Selain itu, cara mencegah asam urat lainnya adalah:

  • menghindari makanan yang mengandung purin tinggi
  • mengurangi asupan minuman beralkohol
  • rutin mengonsumsi susu
  • menghindari kegemukan atau obesitas
  • menghindari konsumsi obat-obatan yang berpotensi meningkatkan asam urat
  • memperbanyak konsumsi vitamin C
  • rajin berolahraga

Demikian penjelasan mengenai kristal asam urat dalam urine. Semoga bermanfaat dan jaga selalu kadar asam urat dalam tubuh Anda.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab