Sponsors Link

Kristal Asam Urat Pada Urin Bayi : Penyebab – Bahaya – Pengobatan

Sponsors Link

Asam urat merupakan senyawa membentuk kristal dari hasil sisa metabolisme sehingga biasa disebut kristal asam urat. Berasal dari makanan yang mengandung zat purin terlalu banyak, ginjal pun mengalami penurunan fungsi. Zat purin merupakan salah satu pembentuk nukleotida dalam rangkaian protein RNA dan DNA bersama zat bernama pirimidin. Perbedaan purin dan pirimidin cukup jelas seperti jumlah cincin karbon yang dimiliki, titik didih dan tidik leleh, kode genetik yang diwakili, dan lain-lain. Pada dasarnya zat purin tentu dibutuhkan bagi tubuh namun apabila terlalu banyak akan memberikan dampak negatif. Salah satunya ialah menurunnya kinerja ginjal sehingga membuat zat sisa metabolisme menumpuk di persendian sebagai kristal asam urat.

ads

Penyebab

Pada orang dewasa, penyakit asam urat tentu menjadi penyakit biasa apabila sering mengonsumsi makanan dengan kandungan zat purin tinggi seperti jeroan, makanan kaleng, ekstrak daging, makanan hasil laut, makanan kaya lemak, dan lain-lain. Bahkan beberapa jenis sayuran yang sering dijumpai seperti brokoli untuk asam urat tergolong memiliki zat purin tinggi. Namun jika kristal asam urat ditemukan pada urin bayi, tentunya penyebab ini dapat menjadi berbeda karena bayi belum mampu mengonsumsi makanan seperti yang telah disebutkan.

Umumnya, bayi yang baru lahir hanya mengonsumsi kolostrum, cairan air susu yang keluar dari payudara pada fase awal kehamilan. Sebagai bagian dari ASI yang kaya antibodi serta imunoglobulin, kolostrum berperan penting untuk menjaga kesehatan bayi yang akan mengalami pertumbuhan. Cairan berwarna kekuningan dan bersifat kental inilah yang menjadi penyebab kristal asam urat.

Kristal asam urat pada urin bayi biasanya dijumpai pada popok berupa kemerahan. Warnanya yang serupa dengan bata pada mulanya hanya berupa bercak oranye hingga merah muda namun lama kelamaan sering disalahartikan sebagai darah. Hal ini jelas menimbulkan kecemasan bagi beberapa orang tua sehingga Anda harus mengetahui normal atau tidaknya kristal asam urat dalam urin bayi ini melalui jangka waktu terjadinya gangguan yang diderita oleh bayi.

Bayi telah memiliki lambung sebagai sistem pencernaan namun masih berukuran kecil. Tetapi, sistem metabolisme tinggi sudah dibutuhkan untuk buang air secara simultan melalui menyusu yang cukup. Terjadinya kristal asam urat melibatkan proses pencernaan kolostrum yang keluar sebelum ASI biasa. Cairan yang sifatnya mudah dicerna oleh perut bayi ini dikonsumsi dalam kadar yang sangat sedikit ini belum bisa diolah dalam sistem sekresi menjadi urin normal. Maka terbentuklah kristal asam urat sebagai awalan keluarnya urin sesungguhnya pada bayi.

Bahaya

Bayi yang mengeluarkan kristal asam urat dalam jangka waktu yang pendek, pada umumnya kurang dari seminggu, terbilang normal apabila bayi mengeluarkan urin yang tampak jelas setelahnya. Namun jika kristal asam urat masih terjadi, maka bayi mungkin mengalami gangguan tertentu seperti dehidrasi. Minimnya asupan gizi berupa ASI maupun formula bayi dapat mengakibatkan dehidrasi yang berujung pada kristal asam urat. Selain itu, kurangnya gizi juga dapat menghambat pertumbuhan bahkan memicu penyakit berbahaya lainnya.

Dehidrasi dari faktor lingkungan dapat terjadi jika suhu yang terlalu dingin atau panas mengenai bayi. Selain ketidaknormalan suhu di sekitarnya, diare dan muntah-muntah juga dapat mempercepat hilangnya cairan yang memicu dehidrasi. Air seni yang dikeluarkan akan mengental dan berwarna kuning gelap sebagai gejala dehidrasi pada bayi.

Sponsors Link

Cara Pengobatan

Pada orang dewasa, pengobatan asam urat cukup rumit dan seringkali asam urat datang kembali sehingga menghambat aktivitas. Umumnya masyarakat mengonsumsi obat-obatan yang dijual di pasaran atau memilih ramuan untuk asam urat yang berbahan alami. Obat yang mengandung bahan kimia biasanya dapat lebih cepat menyembuhkan asam urat. Sedangkan obat yang berasal dari bahan alami tentu memiliki sedikit efek samping dan dapat menyembuhkan penyakit lain yang masih berkaitan dengan masing-masing bahan alami. Namun perlu diingat bahwa Anda harus memahami bahan-bahan yang dikandung obat jenis tertentu apakah sesuai dan dapat diterima dengan baik oleh tubuh Anda.

Langkah yang dianjurkan bagi orang tua si bayi yang mengalami kristal asam urat ialah berkonsultasi ke dokter. Namun Anda dapat memastikan terlebih dahulu apakah bayi telah mendapat formula yang tepat dengan kebutuhan dan kondisi kesehatannya seperti tidak pengobatan terhadap alergi. Kesalahan yang sering diabaikan seperti teknik menyusui juga menjadi penyebab dehidrasi yang pernah terjadi pada kasus tertentu.

Untuk menjaga kesehatan bayi setelah lahir, maka ibu hamil juga dapat melakukan berbagai tindakan pencegahan, misalnya mengonsumsi makanan penurun asam urat untuk ibu hamil, rutin memeriksakan kandungan, hingga mengontrol stress yang mungkin datang. Melakukan tindakan pengobatan asam urat bagi ibu hamil sangat bermanfaat bagi anak agar penyakit asam urat tidak menurun pada keturunan sekaligus meningkatkan kesehatan ibu setelah melahirkan hingga masa mendatang.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Penyebab