Sponsors Link

Bolehkah Kubis Untuk Asam Urat ?

Sponsors Link

Asam urat adalah produk akhir yang didapat dari pemecahan purin. Pada umumnya asam urat adalah antioksidan dari manusia dan hewan yang akan menyebabkan gouIt, jika terjadi pengkristalan karena terdapat purin dalam jumlah yang berlebihan pada darah. Jika kadar asam urat tidak berlebihan maka asam urat dapat menjadi antioksidan tetapi sebaliknya jika kadarnya berlebihan justru asam urat akan berperan sebagai prooksidan. Berdasarkan jenis kelaminnya, batas normal kadar asam urat terbagi menjadi 2, diantaranya:

ads
  1. Laki-laki : 2,5 – 7 mg
  2. Perempuan : 2,6 – 6 mg.

Hal yang paling berpengaruh pada meningkatnya kadar asam urat pada tubuh adalah tingginya kadar purin yang masuk ke dalam tubuh. Purin dapat kita temukan dalam bahan makanan baik yang berasal dari hewan ataupun tumbuhan, tetapi tidak semua makanan harus kalian hindari untuk dikonsumsi. Berikut ini beberapa bahan makanan yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh, diantaranya:

  1. air putih yang akan membantu tubuh terhidrasi dan menjaga urin tetap encer;
  2. makanan yang mengandung banyak vitamin C yang akan membantu mengurangi kadar asam urat;
  3. sayur-sayuran yang rendah purin, dan;
  4. makanan kaya serat yang akan membantu memecah pengkristalan asam urat.

Intinya bagi para penderita asam urat, wajib hukumnya untuk mengetahui kadar purin yang terkandung didalam makanan yang anda konsumsi. Berusahalah untuk menghindari makanan yang mengandung kadar purin tinggi.

Kubis

Kubis merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan gizi lengkap mulai dari kalsium, kalium, mangan, zat besi, vitamin B1, vitamin B, vitamin C, folat, dan kolin, serta kandungan serat yang tinggi. Kubis juga dikenal sebagai bahan alami yang mengandung anti inflamasi dan dapat membantu mengatasi beberapa gejala kesehatan seperti keseleo, pembengkakan, bisul, luka, dan nyeri sendi. Kubis bisa dikatakan sebagai salah satu sayuran yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, mulai dari: membantu mengatasi tubuh yang kekurangan vitamin C, mengatasi kekurangan serat, mengatasi kekurangan belerang, membantu mengeluarkan toksik, dan menjaga kesehatan syaraf otak.

Bolehkah Kubis Untuk Asam Urat

Kubis memiliki kandungan serat yang tinggi yang juga sangat dibutuhkan untuk menyerap kadar asam urat yang berlebih didalam tubuh, karena dapat membantu menghilangkan nyeri sendi yang disebabkan oleh penumpukan asam urat. Hanya saja kubis memiliki kandungan purin yang dapat berpengaruh buruk meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Karena itulah pemanfaatan kubis untuk asam urat tidak bisa dilakukan dengan cara dikonsumsi, tetapi dengan cara menempelkannya pada bagian tubuh sendi yang terasa nyeri karena asam urat. Kubis juga memiliki kandungan vitamin C dan belerang tinggi yang dapat membantu memurnikan darah dan membersihkan racun yang menjadi penyebab dari munculnya penyakit arthtritis, kulit, rematik, dan juga asam urat

Pengobatan menggunakan kubis dapat dilakukan dengan menempelkan beberapa helai daun kubis dapat membuat serat dalam kubis menyerap kadar asam urat berlebih pada bagian tubuh atau sendi tempat ditempelkannya. Ingat, serat pada kubis memang berpengaruh baik untuk penyembuhan asam urat tetapi bukan untuk dimakan karena jika dimakan justru akan meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh, kubis hanya bisa dijadikan kompres alami untuk menurunkan kadar asam urat dan menghilangkan rasa nyeri yang ditimbulkan oleh kadar asam urat yang tinggi.

Sponsors Link

Pengolahan Kubis

Asam urat bukanlah penyakit yang layak untuk disepelekan karena penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi yang berakhir pada kelumpuhan. Ada berbagai cara yang bisa para pasien pilih untuk menyembuhkan penyakit ini, baik secara kimiawi ataupun alami. Obat-obat kimia mungkin terasa lebih cepat pengaruhnya, hanya saja obat-obatan ini justru dapat berpengaruh buruk pada kesehatan jangka panjang. Ada banyak cara alami yang bisa digunakan untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh yang jelas aman dan berkhasiat, salah satu contohnya dengan menggunakan kubis yang akan kita bahas berikut ini.

Sebelumnya sudah dibahas jika kubis memiliki kandungan gizi yang lengkap serta serat yang tinggi, disisi lain kubis juga memiliki kandungan vitamin C dan belerang tinggi yang dapat membantu memurnikan darah dan membersihkan racun yang menjadi penyebab dari munculnya penyakit arthtritis, kulit, rematik, dan juga asam urat. Sekali lagi, pengobatan menggunakan kubis tidak dengan cara dikonsumsi! Tetapi dengan cara digunakan sebagai kompres alami. Berikut ini cara pengolahan kubus yang bisa dilakukan untuk pengobatan asam urat:

  1. Siapkan beberapa lembar daun kubis yang masih segar.
  2. Cuci terlebih dahulu beberapa lembar daun kubis yang sudah disiapkan hingga bersih.
  3. Simpan lembaran daun kubis tersebut di dalam freezer dan diamkan untuk beberapa saat.
  4. Saat rasa nyeri yang disebabkan oleh asam urat muncul, segera ambil beberapa daun kubis yang sudah membeku lalu tempelkan pada bagian tubuh atau sendi yang terasa nyeri
  5. Balut bagian tubuh atau sendi yang terasa nyeri ini dan dengan daun kubis beku menggunakan handuk atau kain bersih, lalu diamkan beberapa saat.
    Sponsors Link

  6. Suhu tubuh kita yang tinggi akan membantu memanaskan kubis yang sudah beku dan membuat semua senyawa dalam kubis menjadi terserap ke dalam kulit, sehingga asam urat yang memicu rasa nyeri terlarut dan juga meredakan peradangan.

Pengobatan alami menggunakan kubis ini berguna untuk melarutkan kristal asam urat yang menyebabkan munculnya rasa nyeri, sehingga peradangan pada sendi atau bagian tubuh menjadi berkurang. Jadi kubis adalah salah satu contoh sayuran alami yang meskipun mengandung purin tetapi memiliki kandungan serat serta vitamin C tinggi yang dapat membantu memecah asam urat yang mengkristal, memurnikan darah, membersihkan racun, radikal bebas, dan asam urat. Hanya saja kubis dapat kalian manfaatkan untuk obat luar atau hanya menjadi kompres untuk menghilangkan rasa nyeri pada sendi atau bagian tubuh tertentu yang muncul karena efek dari asam urat. Tetapi jika kulit anda mengalami alergi karena kubis dan muncul sensasi rasa gatal, maka segera angkat daun kubis yang sempat anda tempelkan! Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan pengobatan dengan cara yang sama selanjutnya.

Demikian artikel mengenai bolehkah kubis untuk asam urat, semoga informasi yang ada pada artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.

, , ,