Sponsors Link

8 Rahasia Lemon untuk Asam Urat yang Luar Biasa

Sponsors Link

Salah satu cara menurunkan asam urat tinggi secara alami adalah dengan mengonsumsi buah-buahan. Kandungan alami yang dimiliki oleh beberapa jenis buah berkhasiat untuk menurunkan penyakit asam urat yang tinggi dalam darah Anda, salah satunya lemon. Buah lemon ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk penderita asam urat.

ads

Lemon atau Citrus limon merupakan salah satu buah yang kerap kali Anda temui ketika berbelanja di pasar tradisional maupun super market. Buah ini mengandung zat-zat baik yang berguna untuk tubuh. Di dalam buah lemon terkandung beberapa nutrisi seperti, vitamin C dan B, serat, mineral, serta kalori. Sebanyak 100 gram buah lemon segar mengandung:

  • Energi sebanyak 121 Kj atau 29 kcal dengan karbohidrat sebanyak 9.32 gram; lemak 0.3 gram; dan protein 1.1 gram.
  • Memiliki kandungan vitamin C sebanyak 53 mg/100 gr; vitamin B5 sebanyak 4%; dan vitamin B6 sebanyak 6%.
  • Beberapa mineral yang ada dalam buah ini antara lain, kalsium (3%); zat besi (5%); magnesium (2%); mangan (1%); fosfor (2%); potassium (3%); dan zink (1%).

Setelah mengetahui kandungan nutrisi yang ada dalam buah lemon, selanjutnya Anda akan mengetahui manfaat lemon untuk asam urat. Yuk simak manfaat selengkapnya di bawah ini:

1. Melarutkan asam urat dalam darah

Manfat buah lemon yang pertama adalah melarutkan asam urat yang ada dalam darah Anda. Mengonsumsi makanan yang tinggi purin dan fruktosa, serta menggunakan gaya hidup yang salah akan memicu peningkatan asam urat. Kandungan asam sitrat yang ada dalam buah lemon mampu melarutkan asam urat dalam darah.

Salah satu cara untuk menghindari serangan penyakit asam urat secara tiba-tiba adalah merangsang pembentukan kalsium karbonat dalam tubuh melalui jus lemon. Kalsium karbonat ini akan membantu menetralkan asam urat yang ada dalam darah Anda sehingga Anda terhindar dari serangan asam urat atau mengurangi rasa sakit akibatnya.

2. Mengurangi rasa sakit akibat asam urat

Kandungan asam sitrat yang ada dalam buah lemon akan membantu Anda mengurangi rasa sakit akibat serangan asam urat. Kondisi tubuh yang mengandung asam atau pH <7 akan memicu asidosis atau keadaan dimana asam urat yang mengkristal di area persendian dan membentuk endapan membatu di dalam saluran ginjal. Buah lemon mampu membantu meng-alkalinisasi urin dan menetralkan asam urat dalam darah Anda melalui kalsium karbonat. Penetralan asam urat dalam darah ini erat hubungannya dengan rasa sakit yang Anda rasakan di area persendian sehingga buah lemon memiliki manfaat yang sangat baik untuk penderita asam urat.

3. Menurunkan berat badan

Umumnya masalah awal timbulnya asam urat ialah penderitanya yang memiliki gaya hidup dan pola makan yang kurang sehat sehingga mereka mengalami peningkatan berat badan yang cukup berlebihan atau obesitas. Serangan asam urat yang Anda alami bisa jadi merupakan akibat dari berat badan Anda yang berlebihan. Pengaruh obesitas pada asam urat berdampak pada persendian Anda. Kandungan nutrisi dalam buah lemon terbukti mampu menurunkan berat badan Anda hingga kembali normal dan mencegah terjadinya serangan rasa sakit akibat asam urat. Berat badan yang senantiasa terkontrol akan membuat kesehatan tubuh Anda menjadi terjaga.

4. Mengandung antioksidan

Seperti buah-buahan lainnya, lemon juga memiliki kandungan antioksidan alami yang akan menjaga tubuh Anda dari radikal bebas. Bagi penderita asam urat, antioksidan yang terkandung dalam buah lemon ini sangat bermanfaat. Kandungan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan akan membantu Anda menetralisir zat purin yang masuk melalui makanan serta mencegah munculnya jaringan asing di area persendian akibat asam urat yang mengkristal.

Sponsors Link

5. Konsumsi vitamin C yang baik

Bukan merupakan suatu rahasia, apabila lemon kaya akan vitamin C. Namun tidak seperti jeruk manis yang biasa Anda konsumsi sebagai buah pencuci mulut sesudah makan karena lemon tidak mengandung banyak gula. Hal ini sangat baik untuk penderita asam urat karena Anda memang tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan manis maupun gula yang terlalu banyak.

Tips Mengonsumsi Lemon untuk Penderita Asam Urat

Mengingat banyaknya manfaat buah lemon untuk penderita asam urat, berikut ini merupakan tips pengolahan lemon yang baik untuk asam urat Anda. Yuk simak tipsnya berikut ini:

1. Jus lemon

Tidak perlu menghaluskannya dengan blender, karena Anda dapat membuat jus lemon dengan mengambil air perasan lemon saja. Peras satu buah lemon ukuran sedang atau 2 lemon ukuran kecil, kemudian campurkan dengan 400ml air dingin. Jika Anda tidak suka dengan rasa asamnya, jangan tambahkan gula atau pemanis buatan yang mengandung banyak fruktosa. Anda dapat mencampurkan satu sachet gula stevia atau satu sendok makan madu asli untuk menambah rasa manis namun tetap sehat.

Sponsors Link

2. Jus lemon dan baking soda

Jus lemon untuk asam urat dapat dikonsumsi dengan baking soda. Terapi baking soda untuk asam urat pada beberapa artikel dan penelitian menunjukkan dampak positif bagi kadar asam urat dalam tubuh. Anda dapat mencampurkan 300 ml air mineral dengan 2 sendok makan air perasan lemon, dan ½ sendok makan baking soda. Aduklah secara merata hingga campuran ini tidak berbusa atau mendesis.

3. Infus Water

Tidak hanya baik dan bermanfaat untuk orang yang sedang dalam program diet, infus water ternyata berguna untuk penderita asam urat. Anda dapat mengiris setengah buah lemon ke dalam 200 ml air hangat. Meminumnya di pagi hari kala perut kosong merupakan waktu yang direkomendasikan.

Lemon memang termasuk ke dalam buah untuk asam urat tinggi, namun apabila Anda memiliki pernyakit maag, lakukanlah konsultasi sebelum menggunakan lemon sebagai obat alami untuk asam urat Anda. Mulailah gaya hidup yang sehat dengan melakukan olahraga penurun asam urat dan banyak mengonsumsi air putih untuk menetralisir kadar asam urat dalam darah Anda.

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Buah Buahan