Sponsors Link

Khasiat Leunca Untuk Asam Urat Tinggi dan Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

leuncaPenyakit asam urat merupakan kumpulan berbagai macam gejala yang dapat terjadi akibat adanya peningkatan kadar asam urat didalam darah jauh diatas nilai normalnya. Pada setiap jenis kelamin memiliki nilai kadar normal asam urat yang berbeda, angka normal laki laki sebesar 7 mg/dl sedangkan wanita tidak boleh melebihi dari nilai 6 mg/dl kadar asam urat di dalam darah. Munculnya gejala pada setiap orang tentu berbeda beda ada yang sudah menderita asam urat hanya karena kadarnya meningkat sedikit namun ada juga yang baru dapat merasakan gejala asam urat ketika kadarnya jauh sangat tinggi dibandingkan nilai normal.

ads

Gejala kaki asam urat yang terjadi sebagai akibat dari peningkatan kadar asam urat tersebut dapat terjadi terutama pada daerah persendian dengan bentuk gejala nyeri serta pembengkakan. Gejala yang ada tersebut muncul akibat adanya peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh yang tidak dapat langsung terekskresi sehingga menyebabkan penumpukan asam urat oada beberapa daerah sendi, penumpukan tersebut yang memicu terjadinyan nyeri dan pembengkakan karena bentuk asam urat seperti kristal jarum.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi asam urat adalah dengan mengatur pola makan yang baik. Beberapa jenis makanan ada yang harus dihindari karena kandungan purin tinggi yang dapat dimetabolisme menjadi asam urat dan ada juga jenis makanan yang memiliki manfaat dalam proses pengobatan asam urat secara alami. Salah satu jenis makanan yang dikenal baik untuk asam urat tersebut adalah leunca. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai leunca untuk asam urat dalam ulasan di bawah ini.

Leunca merupakan tumbuhan suku terong terongan atau solanaceae yang banyak dikonsumsi sebagai lalapan. Tumbuhan ini berasal dari wilayah asia barat yang menyebar ke berbagai wilayah hingga Indonesia. Dalam bahasa internationalnya tumbuhan dengan bentuk buah buah kecil tersebut dikenal dengan nama black nightshade. Buah leunca memiliki kandungan racun dalam kondisi matang sehingga hanya dapat dikonsumsi dalam keadaan mentah yang masih berwarna hijau.

Buah leunca untuk asam urat memiliki manfaat yang cukup baik dan bukan hanya sebagai sayuran untuk lalapan semata. Leunca tidak memiliki kandungan purin sehingga tidak akan menaikan kadar asam urat di dalam darah bahkan buah leunca yang dikonsumsi dengan benar mampu mempertahankan kadar asam urat dalam jumlah yang normal sehingga tidak memicu terjadinya gejala atau tanda tanda asam urat. Leunca hanya bertindak sebagai upaya pencegahan dan pengobatan alami dalam mengatasi asam urat dan sebaiknya perlu beberapa kombinasi cara lain seperti pengatur pola dan jenis makanan untuk mendukung manfaat leunca dalam mengatasi penyakit asam urat tersebut.

Selain berguna untuk penderita asam urat, buah leunca juga memiliki beberapa manfaat lain bagi kesehatan tubuh manusia. Beberapa manfaa buah leunca untuk kesehatan tubuh tersebut berasal dari kandungan nutrisi dan senyawa khusus di dalamnya. Berikut ini beberapa manfaat yang dimiliki oleh buah leunca tersebut diantara seperti disebutkan di bawah ini.

  • Anti Kanker

Kandungan senyawa di dalam leunca seperti solasonine, solasodine, solamargine, dan solanine dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam darah. Sifat anti kanker dari tanaman leunca ini sudah banyak di teliti oleh para ilmuwan baik dalam sekala study sederhana maupun kompleks. Konsumsi buah leunca dipercaya dapat menghindarkan seseorang dari resiko tumbuhnya kanker di dalam tubuh.

  • Pengobatan penyakit kulit

Sebelum dikenal sebagai salah satu tanaman yang dapat membantu mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh secara alami, leunca memiliki manfaat membantu dalam proses pengobatan penyakit kulit. Beberapa penyakit kulit yang dapat diobati dengan tanaman leunca atau yang lebih tepat buah leunca tersebut diantaranya seperti borok, herpes, dan lain sebagainya. Manfaat tersebut muncul karena leunca memiliki kandungan senyawa yang dapat bertindak sebagai antibakteri

  • Mengatasi nyeri

Manfaat lain yang juga masih berhubungan dengan pengobatan asam urat dari leunca adalah dapat membantu mengatasi beberapa nyeri. Leunca dipercaya berguna untuk membantu mengurangi rasa nyeri yang muncul seperti nyeri rematik, sakit pinggang, encok, pinggang kaku, dan nyeri lainya.

  • Membantu mengatasi gejala flu

Leunca juga dapat digunakan dalam pengobatan beberapa gejala flu dan bantuk secara alami. Leunca mampu menurunkan demam tubuh serta membantu mengusir dahak yang terdapat di dalam tengorokan dan mampu melegakan nafas.

Itulah beberapa uraian penjelasan mengenai manfaat leunca untuk asam urat dan beberapa manfaat lainnya bagi kesehatan. Leunca bukan hanya baik digunakan sebagai sayur lalapan namun juga berfungsi dalam mengatasi penyakit asam urat dan bukan merupakan pantangan makanan bagi penderita asam urat . Leunca mampu mengontrol kadar asam urat didalam darah agar tidak tinggi serta dapat juga berfungsi mengatasi beberapa gejala yang muncul seperti nyeri di persendian.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Sayuran