Sponsors Link

Khasiat Lidah Buaya untuk Asam Urat dan Cara Penggunaannya

Sponsors Link

lidah buayaPenyakit asam urat merupakan salah satu jenis penyakit yang dapat menimbulkan kondisi yang menyakitkan bagi penderitanya. Beberapa gejala asam urat pada kaki dan bagian tubuh lain seperti nyeri dan pembengkakan di daerah sendi yang muncul pada sendi gerak tentu dapat menimbulkan kondisi yang dapat mengganggu aktivitas sehari hari karena rasa sakitnya. Gejala yang ada tersebut akan terjadi jikalau kadar asam urat di dalam darah melebihi batas normalnya yakni 7 mg/dl untuk laki laki dan 6 mg/dl untuk perempuan.

ads

Peningkatan kadar asam urat di dalam darah tersebut menjadikan terjadinya penumpukan akibat asam urat yang tidak dapat langsung terekskresi dari dalam tubuh melalui ginjal. Penumpukan asam urat yang memiliki bentuk seperti kristal jarum menjadikan penyebab munculnya gejala nyeri dan akan berlanjut pada peradangan. Bagi penderita asam urat, gejala dan serangan asam urat dapat terjadi berulang dan kambuh suatu saat karena memang penyakit asam urat merupakan jenis penyakit kronis.

Mengingat penyakit asam urat merupakan penyakit kronis yang dapat kambuh maka salah satu cara agar kondisi tersebut tidak terjadi berulang adalah dengan menjaga dan mengatur pola makan yang baik serta mengatasi gejalanya secepat mungkin. Pengaturan makanan diperlukan terutama untuk menghindari berbagai jenis makanan yang banyak mengandung purin. Selain pantangan makanan bagi penderita asam urat` ternyata ada beberapa jenis herbal yang baik untuk asam urat salah satunya adalah lidah buaya untuk asam urat yang dijelaskan dalam uraian dibawah ini.

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Menurut wikipedia lidah buaya sendiri merupakan sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika. Lidah buaya menjadi salah satu tanaman yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam industri farmasi dan kosmetika.

Lidah buaya memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat baik bagi kesehatan diantaranya seperti vitamin B, B6, dan C, mineral seperti kalsium, kalium, magnesium, mangan, seng, tembaga, kromium, asam amino, aloesin, saponin, lignin, serta, dan lain sebagainya. Dengan kandungan bahan bahan tersebut, lidah buaya dikenal memiliki berbagai macam manfaat terutama bagi kesehatan kulit, rambut dan lain sebagainya. Beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan diantaranya sebagai berikut ini.

  • Mengurangi rasio gula darah

Lidah buaya memiliki manfaat baik bagi para penderita diabetes karena dapat mengurangi rasio kadar gula di dalam darah. Lidah buaya mengandung senyawa organik aleo emodin yang dapat mengaktivasi jenjang sinyal insulin. Peningkatan jenjang sinyal insulin tersebutlah yang dapat mengatur kadar gula darah di dalam tubuh penderita diabetes.

  • Manfaat untuk kecantikan

Lidah buaya memang dikenal sebagai salah satu tanaman yang banyak bermanfaat untuk kecantikan. Beberapa manfaat lidah buaya untuk kecantikan tersebut diantaranya seperti dapat digunakan sebagai pembersih make up alami tanpa efek samping di wajah, bertindak sebagai lotion dan pelembab, membantu mengatasi dan mencegah kulit terbakar sinar matahari, menghitamkan rambut dan menjaga pertumbuhan rambut, serta berbagai manfaat lainnya.

  • Membantu mengatasi permasalahan pada kulit

Lidah buaya banyak digunakan dalam mengatasi ruam yang muncul pada kulit serta mampu mempercepat penyembuhan luka pada infeksi herpes. Selain itu lidah buaya juga dipercaya dapat meredakan dan mengatasi psoriasis, dan peradangan pada gusi, maupun kulit.

  • Khasiat lainnya

Beberapa khasiat yang juga dimiliki oleh lidah buaya diantaranya seperti mengatasi konstipasi atau sembelit, penyembuhan luka bakar, mengatasi ketombe, kulit kering, ruam popok, radang gusi, dan lain sebagainya.

Diantara manfaat tersebut, lidah buaya ternyata juga memiliki banyak manfaat dalam pengobatan alami untuk penyakit kronis dan degeneratif yang salah satunya adalah asam urat. Kandungan serat, mineral, dan berbagai macam senyawa penting di dalam lidah buaya untuk asam urat ternyata dapat membantu mengatur dan menjaga kadar asam urat di dalam tubuh serta membantu mengatasi beberapa gejala yang muncul akibat peningkatan kadar asam urat seperti nyeri dan pembengkakan.

Untuk mendapatkan manfaat sebagai pencegah penyakit asam urat dan merupakan obat herbal untuk asam urat maka lidah buaya untuk asam urat haruslah digunakan dengan cara yang benar. Cara pembuatan dan penggunaan lidah buaya sebagai obat asam urat. Langkah pertama adalah mengambil secukup lidah buaya yang kemudian dikupas untuk hanya mengambil daging beningnya saja dan kemudian dicuci bilah hingga bersih. Rebus lidah buaya tersebut dengan 5 gelas air dan biarkan hingga mendidih serta tersisa hanya setengah airnya saja.

Konsumsi 2 setengah gelas ramuan lidah buaya tersebut untuk dua kali minum dalam sehari dan usahakan membuat ramuan dalam kondisi baru setiap harinya agar lebih fresh meskipun dapat juga disimpan dalam stok. Itulah beberapa manfaat lidah buaya untuk asam urat dan khasiat lainnya bagi kesehatan tubuh. Konsumsi lidah buaya sebagai pengobatan alami asam urat dapat membantu mencegah terjadinya beberapa gejala atau ciri ciri penyakit asam urat tinggi  di dalam tubuh yang aman dan tanpa efek samping.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal