Sponsors Link

20 Makanan dan Minuman untuk Penderita Asam Urat Tinggi

Sponsors Link

Penyakit asam urat disebabkan oleh kadar asam urat yang tinggi di dalam aliran darah, sehingga mengakibatkan arthiritis. Salah satu penyebab timbulnya asam urat bisa diakibatkan karena kebiasaan konsumsi makanan yang tidak baik dan mengandung purin berlebihan. Purin bisa menjadi penyebab asam urat dalam tubuh menjadi sangat tinggi sehingga ginjal tidak bisa mengeluarkannya melalui urin, akibatnya terjadi penumpukan pada sendi. Sehingga bisa menyebabkan terjadi tanda-tanda asam urat seperti pembengkakan dan rasa nyeri di bagian sendi.

ads

Beberapa orang mengatakan bahwa asam urat adalah sebuah penyakit, namun sebenarnya asam urat adalah senyawa alami yang bisa dihasilkan oleh tubuh. Apabila kadar asam urat masih tergolong normal, maka Anda tidak perlu khawatir. Hanya saja jika kadar asam urat dalam tubuh sudah meninggi, Anda harus waspada karena bisa mengakibatkan terganggunya gagal ginjal atau bisa terkena rematik asam urat (gout). Untuk melakukan pencegahan, Anda bisa mulai dengan mengonsumsi makanan dan minuman untuk penderita asam urat berikut ini:

1. Buah Apel

Apel adalah buah yang memiliki manfaat terutama untuk penderita asam urat karena bisa menurunkan kolesterol dan kadar asam urat. Kandungan asam malat yang ada pada buah apel bisa bekerja dengan baik untuk menetralkan efek asam urat di dalam tubuh. Asam malat juga bisa membantu untuk mengeluarkan asam urat dari tubuh melalui saluran urin. Baca juga: Buah untuk Asam Urat.

Kandungan lain yang ada dalam buah apel adalah pektin yang memiliki manfaat untuk menghambat proses oksidasi kolesterol, sehingga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Manfaat lain dari buah apel adalah bisa membantu meningkatkan antioksidan tubuh untuk mencegah adanya radikal bebas dan plak di pembuluh darah. Ada baiknya Anda mengkonsumsi apel setelah makan untuk membantu menurunkan kadar asam urat dan kolesterol.

2. Buah Ceri

Makanan yang dianjurkan selanjutnya adalah buah ceri baik dalam bentuk buah atau kalengan, buah ceri sangat baik untuk dikonsumsi untuk Anda yang mempunyai asam urat tinggi. Mengkonsumsi buah ceri setiap hari sangat dianjurkan. Menurut penelitian Profesor Yiging Zhang di Boston University, menjadikan ceri sebagai cemilan adalah hal yang sangat baik. Buah ceri tidak memiliki lemak dan jumlah kalorinya hanya sedikit sehingga bisa membantu untuk mengurangi bahkan menghilangkan lemak di dalam tubuh, bisa menurunkan kolesterol dan mencegah terjadinya stroke serta serangan jantung. Baca juga: Makanan Penyebab Asam Urat.

3. Buah Alpukat

Kadar gula yang ada pada alpukat sangatlah rendah, selain itu alpukat juga bisa membantu meningkatkan kadar basa yang dapat mencegah kadar asam tubuh. Kandungan lemak tak jenuh pada alpukat juga sangat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol yang buruk di dalam tubuh dan menggantinya dengan kolesterol yang sehat. Alpukat juga bisa membantu menurunkan berat badan, karena pada umumnya kelebihan berat badan memiliki resiko cukup tinggi untuk mendapatkan asam urat. Untuk hasil yang baik, Anda bisa mencampurkan salad sayur dan buah pada alpukat. Baca juga: Sayur untuk Asam Urat.

4. Buah Pisang

Buah selanjutnya yang bisa menurunkan kadar asam urat dalam tubuh yaitu pisang. Kandungan buah pisang akan gulanya yang rendah, kadar alkali yang tinggi dan memiliki kalium bisa membantu menurunkan kadar asam urat. Kalium akan membantu mencairkan asam dari dalam tubuh lalu dikeluarkan dari tubuh melalui urin. Namun ada baiknya Anda yang menderita asam urat tidak makan secara berlebihan karena bisa jadi kadar gula dalam darah menjadi tinggi. Kandungan kalori buah pisang bisa menyebabkan efek kenyang untuk waktu yang lama sehingga mampu menurunkan berat badan dan mengurangi jumlah kolesterol dalam tubuh. Baca juga: Manfaat Lemon untuk Asam Urat.

5. Buah Berry

Buah berry seperti strawberry, acai berry dan blueberry memiliki kandungan zat anti inflamasi yang bermanfaat untuk mencegah peradangan. Buah berry juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga bisa membantu menjadi antioksidan yang bisa mencegah radikal bebas sehingga akan baik jika dikonsumsi untuk penderita asam urat. Hanya saja, kandungan fruktosa dalam buah berry bisa menjadi berbahaya jika dimakan secara berlebihan. Baca juga: Pengobatan Asam Urat.

Sponsors Link

6. Minyak Biji Rami

Minyak biji rami adalah jenis minyak yang baik untuk menurunkan kadar asam urat dan kolesterol dalam tubuh. Minyak biji jerami mempunyai kandungan serat 45% dan asam lemak omega 55%. Kandungan kalium yang tinggi pada minyak biji rami cukup tinggi sehingga bisa membantu untuk menjaga kesehatan darah dan jantung. Minyak yang biasanya bersumber dari biji dan kacang-kacangan bisa digantikan dengan minyak biji wijen. Karena biji dan kacang-kacangan bisa meningkatkan kadar urin sehingga tidak baik untuk dikonsumsi penderita asam urat.

7. Teh Hijau dan Air

Mengkonsumsi air dan teh hijau sangatlah baik untuk menurunkan kadar asam urat dan kolesterol. Air bisa membantu untuk mengalirkan kadar asam urat yang tinggi lewat saluran urin. Sedangkan teh hijau bisa membantu tubuh untuk mengeluarkan kotoran dan limbah dalam tubuh yang dapat menjadi pemicu asam urat tinggi. Selain itu, teh hijau juga bisa membantu membuat kadar LDL menjadi turun karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Dengan meminum setidaknya 2 cangkir teh hijau setiap hari bisa membantu tubuh untuk stabil bagi penderita asam urat dan kolesterol yang tinggi.

8. Ikan Salmon

Jenis ikan yang boleh dimakan penderita asam urat dan bisa membantu menurunkan kadar asam urat yang tinggi, salah satunya adalah ikan salmon. Kandungan kadar purin yang rendah cukup baik untuk dikonsumsi. Ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh. Selain itu, ikan salmon juga bisa membantu untuk menurunkan resiko komplikasi seperti jantung dan stroke yang biasa terjadi pada penderita kolesterol. Salmon juga bisa membantu tubuh agar tetap terlindung dari berbagai penyakit.

9. Makanan yang Memiliki Kandungan Vitamin C

Makanan yang memiliki kandungan vitamin C seperti buah jeruk, jambu, tomat, kiwi, sayuran dan suplemen makan yang kaya akan vitamin C sangat bagus untuk dikonsumsi penderita asam urat. 500 mg vitamin C yang dikonsumsi bisa membantu menurunkan resiko terkena asam urat sampai 17%. Resiko juga bisa semakin menurun sampai 45% jika mengkonsumsi vitamin C sebanyak 1.500 mg/hari. Sekitar 70 mg vitamin C bisa Anda dapatkan dari buah jeruk.

Sponsors Link

10. Kacang Pinto

Kacang pinto memiliki kandungan asam folat yang sangat banyak sehingga cukup efektif untuk membantu menurunkan kadar asam urat didalam tubuh. Kacang yang berasal dari Amerika Latin ini bisa menjadi pelengkap masakan dan sayur. Selain kacang pinto, kuaci atau biji bunga matahari juga memiliki kandungan manfaat yang sama untuk penderita asam urat tinggi. Namun yang perlu diingat adalah, selain dua jenis kacang tersebut Anda dilarang mengkonsumsi kacang yang lain karena bisa menyebabkan asam urat tinggi. Baca juga: Cara Mencegah Asam Urat.

11. Jagung

Jagung merupakan makanan yang bisa menjadi pengganti karbohidrat pada nasi, bahkan lebih sehat bagi yang memiliki asam urat. Jagung memiliki kandungan vitamin yang cukup banyak, mineral dan juga serat yang cukup tinggi. Jagung yang dikonsumsi dengan cara direbus bisa mengurangi kadar asam urat dan membantu membersihkan sela-sela persendian dari purin. Selain itu jika jagung rebus dimakan bersama kedelai rebut juga bisa membantu menurunkan kadar asam urat serta membantu dalam pembentukan asteoblastik atau sel tulang. Jagung tidak memiliki kandungan purin yang berbahaya namun jika dikonsumsi secara berlebihan bisa mengakibatkan gangguan pada kadar asam urat sehingga tidak stabil.

12. Coklat Hitam

Coklat hitam memiliki kandungan flavonoid dan procyanidin yang bisa memberikan efek antioksidan dan anti-inflamasi cukup kuat, sehingga dapat mengurangi rasa sakit pada penderita asam urat. Selain itu terdapat kandungan epikatekin salah satu antioksidan kuat yang bisa mencegah terjadinya asam urat selanjutnya. Namun saat ini sedikit sangat dikhawatirkan karena coklat sudah dikonsumsi dalam bentuk cemilan kaya akan kalori, sehingga bisa membuat seseorang menjadi mudah gemuk yang mengakibatkan asam urat. Sehingga ada baiknya saat Anda ingin mengkonsumsi coklat, jangan membeli coklat yang sudah dikemas dalam bentuk cemilan. Baca juga: Jenis Penyakit Asam Urat Akut.

13. Black Plum

Buah black plum memiliki banyak sekali kandungan seperti vitamin A, kalori kadar rendah, serat alami, zat besi, flavonoid vitamin K, flavonoid vitamin C, vitamin E, asam askorbat, asam folat, fluor dan forfor. Kandungan vitamin pada black plum bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Plum bisa membantu Anda untuk melakukan diet karena kandungan kalorinya yang rendah. Namun sayangnya khasiat dari buah plum masih belum popular di masyarakat Indonesia karena memang buah ini banyak tumbuh di daerah China dan Amerika saja. Di Indonesia harga buah plum yang sudah menjadi obat herbal sendiri memiliki harga yang cukup malah.

ads

14. Susu yang Rendah Lemak

Susu dengan kadar rendah lemak sangat bagus dan disarankan untuk dikonsumsi bagi Anda yang memiliki asam urat. Salah satu susu yang mempunyai kadar rendah lemak yaitu yoghurt. Anda bisa mengkonsumsi yoghurt setiap hari, karena bisa menurunkan jumlah kadar asam urat dalam tubuh. Baca juga: Makanan untuk Penderita Asam Urat.

15. Biji Seledri

Bji seledri juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan asam urat tinggi. Beberapa kandungan biji seledri seperti flavonoid, apiol, apiin, glikosida, vitamin A, B1, C, zat besi, fosfor dan kalsium. Dari beberapa kandungan tersebut, glokosida adalah satu satu yang bisa membantu untuk menurunkan kadar asam urat. Untuk mengkonsumsinya, Anda bisa mengkonsumsi langsung sebagai lalapan, mengkonsumsi rebusan biji seledrinya, ataupun mengkonsumsi daun seledrinya saja. Baca juga: Manfaat Jahe untuk Asam Urat.

16. Buah Naga

Buah naga mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi, sehingga akan bagus jika dikonsumsi untuk penderita asam urat tinggi. Buah naga bisa membantu mencegah radikal bebas. Selain kaya akan vitamin C, buah naga juga memilki kandungan lain seperti vitamin B1, B2, B3, fosfor, kalsium dan protein yang cukup bagus dalam membantu pembentukan jaringan tubuh. Buah yang banyak ditemukan di pasar tradisional atau modern ini adalah salah satu makanan yang sangat direkomendasikan untuk Anda penderita asam urat. Buah naga dinilai bisa membantu untuk melarutkan purin yang ada dalam tubuh melalui saluran urin dan keringat. Buah naga juga sangat bagus untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

17. Jus Wortel

Wortel adalah sayur yang tidak hanya baik dikonsumsi dalam bentuk sop, namun juga sangat baik bagi penderita asam urat untuk dikonsumsi dalam bentuk jus. Wortel memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi. Jenis antioksidan dalam wortel juga sangat baik untuk menjaga kesehatan, daya tahan tubuh dan menurunkan kadar asam urat. Baca juga: Jus untuk Asam Urat.

18. Jus Pir

Pir adalah salah satu buah alami yang bagus untuk menjaga hidrasi tubuh karena memiliki kandungan air cukup banyak. Pir juga memiliki kandungan serat yang bisa membantu untuk meminimalisir kadar asam urat. Selain akan membuat tubuh sehat pir juga bisa mencegah untuk terhindar dari dehidrasi yang bisa membahayakan. Selain itu, karena kandungan airnya pir bisa membantu ginjal untuk membuang zat racun dalam tubuh melalui saluran urin. Baca juga: Suplemen untuk Asam Urat.

19. Jus Mentimun

Mentimun adalah jenis sayuran yang memiliki kadar air cukup tinggi yaitu sekitar 95%, selain itu terdapat juga kandungan vitamin K, B, C, tembaga, dan kalium. Mentimun juga memiliki kandungan purin yang rendah hanya 7.3 mg, sehingga sangat bagus jika dikonsumsi oleh penderita asam urat. Efek diuretik bisa merangsang ginjal agar bisa mengeluarkan banyak urin, menghilangkan asam urat dan kreatinin. Mentimun juga memiliki kandungan selulosa yang bisa membantu ekskresi pada usus.

20. Jambu Biji

Jambu biji bisa membantu penderita asam urat untuk meningkatkan kekuatan tulang dan sendi. Karena asam urat juga menyerang persendian yang bisa diatasi oleh kandungan alami di dalam jambu biji. Memanfaatkan jambu biji untuk asam urat bisa dengan mengkonsumsi nya secara langsung tanpa mengolahnya menjadi jus. Dengan mengkonsumsi jambu biji, asam urat bisa sembuh dengan sendirinya. Baca juga: Pantangan Makanan bagi Penderita Asam Urat.

Nah, itulah 20 jenis makanan dan minuman untuk penderita asam urat, yang bisa membantu menurunkan kadar asam urat yang tinggi di dalam tubuh. Mencegah dan menghindarinya dari sekarang akan lebih baik daripada mencegah saat sudah terjadinya asam urat.

, , , ,