Sponsors Link

6 Makanan Penurun Asam Urat Tinggi Paling Ampuh

Sponsors Link

Penyakit asam urat merupakan salah satu penyakit yang dapat menyerang siapa saja, baik itu muda maupun tua, baik laki-laki maupun perempuan. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang menyerang persendian sehingga menyebabkan pembengkakan sendi. Kadar asam urat yang tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Penyakit asam urat juga dapat menyerang seorang ibu hamil. Agar kadar asam urat dalam tubuhnya stabil, ibu hamil disarankan untuk menghindari makanan yang mengandung zat purin tinggi serta mengkonsumsi makanan penurun asam urat untuk ibu hamil.

ads

Sama halnya dengan orang yang tidak hamil. Bagi seseorang, siapapun itu tidak perduli dia hamil ataupun tidak, jika di diagnosis memiliki penyakit asam urat, sebaiknya menghindari makanan yang mengandung zat purin yang tinggi. Oleh karena itu, bagi penderita asam urat tinggi diharuskan untuk menjaga pola makan dengan baik supaya kadar asam urat normal yakni dengan mengkonsumsi makanan yang dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Lalu, apa saja makanan sebagai penurun asam urat?

1. Beras Merah

Beras merah memiliki kandungan salah satu nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh yaitu karbohidrat tinggi, namun beras merah memiliki kadar glukosa serta kalori yang rendah sehingga dipastikan bahwa beras merah merupakan salah satu makanan yang dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh serta memberikan energi yang cukup bagi penderita asam urat.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun terkenal memiliki banyak manfaat. Tidak hanya baik untuk kesehatan wajah, minyak zaitun juga baik untuk kesehatan tubuh salah satunya sebagai cara mencegah asam urat kambuh. Minyak zaitun sangat bermanfaat bagi penderita asam urat karena di dalamnya mengandung antioksidan, anti inflamasi, dan kaya akan asam lemak tak jenuh yang bisa membantu untuk menurunkan ketinggian kadar asam urat di dalam tubuh. Sebaiknya, mengkonsumsi minyak zaitun sesuai dengan dosis yang sewajarnya, jangan terlalu berlebihan dan lakukanlah setiap pagi atau malam menjelang tidur.

3. Air Jeruk Nipis

Selanjutnya yaitu air perasan jeruk nipis. Meminum air jeruk nipis ini merupakan cara yang paling mudah untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh. Kita hanya perlu meminum sebanyak dua kali dalam sehari. Kita tahu bahwa jeruk nipis mengandung vitamin C yang baik untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung asam sitrat yang juga dipercaya dapat membantu melarutkan zat asam urat secara alami.

4. Sayur

Mengkonsumsi sayur sangat baik untuk dilakukan. Hal itu untuk menjaga kesehatan tubuh terutama penderita asam urat seperti kentang, brokoli, terong, seledri, tomat, wortel, serta mentimun. Namun, tidak semuanya sayuran baik untuk penderita asam urat. Ada beberapa jenis sayur yang dilarang untuk asam urat dan menjadi pantangan bagi penderita asam urat seperti kangkung, asparagus, tauge, dan sebagainya.

5. Ikan

Beberapa jenis ikan yang boleh di makan penderita asam urat seperti salmon, makarel, dan sarden memiliki kandungan omega 3 yang cukup tinggi misalnya, ikan salmon. Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki kadar purin yang cukup rendah sehingga aman bagi penderita asam urat. Selain itu, ikan salmon juga memiliki lemak tak jenuh dan omega 3 yang tinggi yang baik untuk kesehatan penderita asam urat maupun kolesterol. Meskipun aman untuk dikonsumsi, tapi sebaiknya tetap dijaga supaya tidak berlebihan.

6. Air Putih

Dari semua yang telah dijelaskan di atas, mengkonsumsi air putih adalah cara yang paling aman dan sangat dianjurkan untuk penderita asam urat. Akan tetapi, tidak hanya untuk penderita asam urat, air putih juga sangat dianjurkan bagi penderita penyakit lainnya. Air putih dipercaya dapat mengeluarkan racun termasuk zat asam urat yang berlebih di dalam tubuh. Setiap hari  sangat dianjurkan untuk meminum air putih setidaknya 8-12 gelas dan biasakan saat pagi hari sebelum sarapan terutama saat perut dalam keadaan kosong. Mengkonsumsi air putih dipercaya membantu proses mekanisme detoksifikasi dalam tubuh dan menjaga kadar urine agar tetap encer sehingga asam urat dalam tubuh tidak menumpuk dan lebih mudah larut.

Nah, itulah 6 makanan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi sebagai penurun asam urat. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan tersebut secara rutin dan teratur agar hasil yang di dapat maksimal. Dan mulai saat ini, lakukan pola hidup yang sehat mulai dari melakukan aktivitas hingga mengkonsumsi makanan yang menyehatkan tubuh agar kalian terhindar dari berbagai macam penyakit termasuk penyakit asam urat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat bagi kalian semua!

, ,