Sponsors Link

20 Makanan Penurun Asam Urat dengan Cepat Paling Dianjurkan

Sponsors Link

Kadar asam urat yang tinggi dapat menimbulkan efek di beberapa organ tubuh. Seperti pembengkakan dan peradangan pada sendi kaki dan tangan. Bahkan penyakit asam urat akut akan berpotensi menimbulkan penyakit komplikasi lainnya seperti gagal ginjal dan kematian.

ads

Terapi yang biasa digunakan oleh penderita asam urat menggunakan obat medis seperti allopurinol yang bersifat menghambat terbentuknya asam urat dari purin. Namun, allopurinol ini dapat menimbulkan reaksi toksik meskipun jarang terjadi tetapi dapat berakibat fatal. Selain obat-obatan sintesis tersebut, terdapat faktor lain yang dapat menurunkan kadar asam urat yaitu adanya pola makan yang baik dan benar. Makanan-makanan yang bersifat menurunkan asam urat biasanya banyak mengandung senyawa vitamin C, flavonoid dan antioksidan yang bekerja dengan menghambat kerja enzim pembentuk asam urat atau ada yang menghancurkan endapan purin yang memicu timbulnya kristal asam urat.

Berikut beberapa makanan penurun asam urat dengan cepat yang dianjurkan untuk dikonsumsi:

1. Cuka Apel

Cuka apel selain digunakan sebagai tambahan dalam makanan, telah diketahui memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan diantaranya untuk penderita astritis, diabetes, dan bahkan untuk mengurangi berat badan serta dalam bidang kecantikan. Cuka apel digunakan dalam bidang kesehatan sudah sejak 1958. Beberapa kandungan dalam cuka apel yaitu magnesium, kalsium, kalsium dan asam asetat.

Penderita asam urat mengandung senyawa purin dalam tubuh yang mengendap dan membentuk asam urat. Manfaat cuka apel untuk asam urat terdapat pada kalium yang dapat memecahkan purin yang mengendap sehingga dapat mengurangi asam urat yang terbentuk. Untuk mengkonsumsi cuka apel tersebut, campurlah dengan air terlebih dahulu untuk mengurangi rasanya yang sangat asam.

2. Strawberry

Buah mungil berwana merah yang biasa anda makan sebagai camilan sehat di rumah ini ternyata dapat juga menurunkan asam urat. Buah strawberry mengandung senyawa flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menghambat enzim xanthin oksidase sehingga produksi asam urat dapat berkurang. Selain itu, flavonoid dalam strawberry berfungsi sebagai anti peradangan, anti alergi, anti virus dan anti karsigonik.

3. Jus Buah Semangka

Semangka pertama kali dipanen 5000 tahun yang lalu di Mesir. Buah semangka memiliki beberapa manfaat di antaranya sebagai makanan diet karena semangka bebas lemak, kandungan air dan kaliumnya dapat mencegah hipertensi, betakaroten dan vitamin C di dalamnya dapat menjaga sel-sel dalam tubuh tetap sehat. Tingginya kadar asam urat dalam darah dapat dicegah dengan memperbanyak asupan vitamin c, B5, B6 dan E seperti pada buah semangka ini. Sebuah penelitian Sari, 2012 membuktikan bahwa terapi jus buah semangka dapat menurunkan kadar asam urat.

4. Lemon

Makanan penurun asam urat dengan cepat berikutnya adalah lemon. Lemon mengandung 19 mg vitamin C atau 30% dari asupan harian yang dianjurkan. Dengan demikian, lemon dapat menurunkan kadar asam urat dengan dibuat jus atau teh.

5. Seduhan Seledri

Dalam tanaman obat seledri terdapat kandungan flavonoid dan 3-n butylphthalide (3nB) yang diduga mempunyai mekanisme kerja untuk menghambat pembentukan asam urat. Selain itu seledri mengandung minyak atsiri 0,033% dan vitamin C 15 mg. Dalam hal ini, air seduhan seledri juga dapat menurunkan kadar asam urat.

6. Jeruk nipis

Jeruk nipis atau Citrus aurantium merupakan bahan pelengkap makanan sekaligus obat herbal. Buah ini dikenal dengan sebutan zhi shi di daerah Cina atau sour orange di belahan dunia lain karena rasanya yang asam. Kandungan kimiawi dalam jeruk nipis diantaranya asam sitrat, asam amino, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, belerang, vitamin C dan vitamin B1. Kandungan antioksidan dan flavonoid yang tinggi di dalam jeruk nipis berguna sebagai anti-inflamasi. Kandungan karetinoid, zeaxantin dan beta-kriptoxantin di dalamnya juga dapat digunakan sebagai obat rematik dan asam urat. Seperti allopurinol, flavonoid dalam jeruk nipis dapat menurunkan kadar asam urat dengan menghambat kerja enzim xantin oksidase dalam memproduksi asam urat.

Sponsors Link

7. Buah delima

Buah delima merupakan tanaman yang biasa ditemui di pekarangan depan rumah dan dijadikan sebagai tanaman khas. Alangkah bersyukurnya, jika anda mempunyai tanaman ini di rumah, karena buah delima memiliki manfaat dapat menurunkan asam urat. Buah ini dapat menurunkan kadar asam urat dengan mengurangi plak dalam arteri dengan meningkatkan kadar oksida nitrat yang dapat menyebabkan asam urat tinggi. Buah delima juga kaya akan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh anda.

8. Teh hijau

Teh hijau dikenal sejak ribuan tahun silam sebagai obat herbal yang memiliki banyak manfaat. Memang tidak semua jenis teh dapat menurunkan kadar asam urat. Teh hijau (Camellia sinensis) dapat menurunkan kadar asam urat dengan menghambat efektifitas enzim xanthine oxidase yang dalam hal ini teh hijau bertindak sebagai antioksidan. Asam urat akan semakin berkurang karena enzyme xanthine tidak mampu mengubah purin menjadi asam urat. Sebuah studi penelitian oleh Jatuwarapruk dan timnya membuktikan bahwa teh hijau dapat menurunkan asam urat pada penderita asam urat sekitar 2 minggu.

9. Tomat

Tomat merupakan jenis sayuran yang banyak mengandung senyawa antioksidan dan vitamin C. Selain itu, tomat mengandung rendah purin sehingga baik dikonsumsi oleh anda yang menderita asam urat dan dapat mengurangi penumpukan kristal asam urat dalam persendian. Anda dapat membuat jus tomat dan diminum minimal 1 gelas per harinya.

Kandungan lainnya yang terdapat dalam tomat yaitu kalium yang dapat menurunkan tekanan darah sehingga juga bisa digunakan sebagai terapi hipertensi. Kandungan antioksidan di dalamnya berfungsi untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh anda.

ads

10. Bawang putih

Rempah-rempah yang satu ini tidak akan sulit anda temui karena potensinya sebagai penyedap rasa sudah menjadi hal yang wajib tersedia. Selain sebagai bumbu makanan, bawang putih juga mempunyai khasiat untuk penyakit asam urat. Kandungan kimia dalam bawang putih yang bermanfaat untuk tubuh anda di antaranya, kalsium, saltvine, belerang, protein, lemak, fosfor, besi, vitamin A, B dan C.  Khasiat bawang putih untuk asam urat dapat mengurangi kadar purin dalam tubuh sehingga mengurangi pula produksi asam urat. Rasa nyeri ataupun kesemutan yang disebabkan asam urat juga disembuhkan dengan mengkonsumsi bawang putih secara teratur minimal 2 siung bawang putih setiap harinnya.

11. Buah Naga

Tanaman buah naga merupakan jenis tanaman memanjat. Bauh dengan biji seperti biji selasih ini dapat dimakan tanpa mengganggu kesehatan. Buah naga mengandung serat sekitar 0,7 gram per 100 gram bahan sehingga bagus untuk melancarkan sistem pencernaan anda. Buah naga juga dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah karena mengandung vitamin C dan antioksidan. Anda dapat mengkonsumi buah ini dengan dimakan buahnya atau dibuat jus secara rutin.

12. Wortel

Wortel dikenal sebagai sayuran umbi yang biasa digunakan sebagai sayur soup, cap cay dan lain-lain. Selain sebagai sayuran wortel juga mempunyai khasiat kesehatan. Di antaranya yang paling kita tahu adalah kandungan vitamin A di dalamnya yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Manfaat lainnya yaitu untuk mengurangi resiko terkena kanker, mencegah dan mengatasi sembelit, menurunkan kolestrol tinggi dan tekanan darah tinggi dan menurunkan kadar asam urat. Wortel mengandung kadar purin rendah sehingga dianjurkan dimakan untuk anda yang menderita asam urat.

13. Mentimun

Mentimun memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Diantara yaitu terdapat asam malat yang dapat mencegah gula darah menjadi lemak sehingga dapat menurunkan berat badan. Timun kaya akan kandungan air yang dapat digunakan untuk detoksifikasi tubuh, memperlancar buang air kecil serta menghilangkan bakteri di saluran kandung kemih. Mentimun juga bersifat diuretik atau pendorong produksi seni sehingga dapat meluruhkan kadar purin dalam tubuh untuk mengurangi produksi asam urat berlebih.

14. Kacang panjang prancis

Makanan untuk asam urat tinggi yang juga dianjurkan adalah kacang panjang prancis. Kacang panjang prancis sering ditemui pada tanah gembur dan dijadikan sebagai sayuran makanan. Kandungan kacang panjang ini diantaranya kalium, riboflavin, magnesium, rendah purin dan vitamin C. Vitamin C di dalamnya dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah.

15. Buah alpukat

Alpukat merupakan buah yang kaya lemak. Lemak alpukat termasuk lemak sehat karena didominasi asam lemak tak jenuh tunggal oleat yang dikenal omega 9 dan bersifat antioksidan kuat. Kadar asam urat dapat diturunkan dengan asam urat karena kandungan kalium, vitamin C dan potassium di dalamnya.  Selain itu senyawa yang bersifat antioksidan tersebut dapat berfungsi sebagai anti inflamasi yang dapat meredakan peradangan di bagian tubuh atau persendian. Alpukat juga mengandung pantethin, vitamin B3, vitamin E dan asam folat dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

16. Ceri

Ceri atau kersen merupakan tanaman perdu yang berwarna merah saat masak dan berwarna hijau jika masih muda. Kandungan buah ceri yaitu air, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi, karoten, tianin dan vitamin C. Buah ceri dapat menurunkan kadar asam urat karena kandungan vitamin C dan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu, buah ceri dapat menyembuhkan penyakit hipertensi dan diabetes mellitus.

Sponsors Link

17. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang memiliki nilai gizi yang tinggi. Pisang sebagai sumber karbohidrat, vitamin dan mineral. Kandungan karbohidrat terutama berupa zat tepung atau pati. Selain itu, pisang juga mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan vitamin lainnya. Senyawa antioksidan di dalamnya berfungsi untuk memerangi radikal bebas di dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel tubuh dan biasa menyebabkan penyakit kronis. Asam urat dapat diturunkan dan diatur kadarnya oleh makanan ini karena kandungan potassium, vitamin C dan serat di dalamnya. Anda bisa memakannya langsung atau dibuat jus dan dikonsumsi secara teratur.

18. Brokoli

Brokoli merupakan tanaman berserat yang kaya akan vitamin dan mineral. Kandungan vitamin yang dimiliki di antaranya vitamin A, C, E, K, B1, B6 yang cukup tinggi. Kandungan vitamin C di dalamnya dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah.

19. Apel

Apel bukanlah buah-buahan yang langka. Buah ini sudah dikonsumsi oleh kita sejak ribuan tahun lamanya. Apel merupakan makanan penurun asam urat karena mengandung purin yang rendah. Makanan rendah purin hanya mengandung purin kurang dari 50 mg setiap 100 gram makanan. Sedangkan apel, hanya mengandung 14 mg purin setiap 100  gramnya. Jus apel, saus apel atau apel yang telah diolah tetap memiliki kandungan purin yang rendah.

Selain kandungan purinnya yang rendah, apel juga mengandung vitamin C. Satu buah apel mengandung 10,3 mg vitamin C atau lebih dari 11% kebutuhan laki-laki dan 14% untuk kebutuhan perempuan. Vitamin C dapat menurunkan kadar asam urat dan dijadikan sebagai pencegahan naiknya asam urat.

20. Sirsak

Sirsak juga dapat menurunkan asam urat. Sifat antioksidan dalam sirsak dapat mengurangi terbentuknya asam urat melalui penghambatan enzim xantin oksidase. Sirsak juga bersifat analgetik yaitu mengurangi rasa sakit dan mengurangi peradangan pada sendi yang disebabkan oleh asam urat tersebut.

Demikian makanan penurun asam urat dengan cepat yang perlu Anda konsumsi secara rutin. Semoga bermanfaat.

, , , , ,