Sponsors Link

10 Makanan Penurun Asam Urat Untuk Ibu Hamil Teraman

Sponsors Link

Apakah Anda mengalami masalah asam urat? Apa yang Anda rasakan saat asam uratnya kambuh? Bagaimana dengan ibu hamil yang mengalami asam urat? Adakah makanan penurun asam urat untuk ibu hamil?

ads

Penyakit asam urat biasa dikenal dengan penyakit artritis gout merupakan penyakit persendian yang disebabkan oleh penumpukkan zat purin di dalam darah sehingga mengendap pada bagian sendi dan susah di eksresikan oleh ginjal. Mengkonsumsi minuman dan makanan pada penderita asam urat harus memiliki batasan terhadap jenis minuman dan makanan yang mengandung purin tinggi.

Zat asam urat dalam tubuh memang sulit dihindari karena terbentuk secara alami melalui metabolisme tubuh dan memiliki peranan penting bagi tubuh. Namun apabila kadar asam uratnya sudah berlebih, maka akan mengganggu kesehatan tubuh dan menyebabkan rasa nyeri pada bagian persendian. Hal ini dapat diatasi dengan cara menjaga pola makan dan perbanyak mengkonsumsi makanan penurun asam urat dengan cepat.

Lalu, bagaimana dengan ibu hamil yang menderita asam urat? Bagaimana cara mengatasinya? Apa saja jenis makanan penurun asam urat untuk ibu hamil?

  1. Buah-buahan yang mengandung vitamin C

Vitamin C memang berkhasiat dapat mengatasi asam urat. Namun, bagi ibu hamil diperkenankan untuk mengkonsumsi vitamin C yang berasal dari buah-buahan. Hal ini dikarenakan apabila mengkonsumsi vitamin C yang berasal dari suplemen vitamin dikhawatirkan mengakibatkan efek samping yang tidak baik bagi janinnya, sedangkan apabila vitamin C yang berasal dari buah-buahan lebih alami dan tidak memiliki efek samping sehingga aman untuk dikonsumsi. Buah-buahan yang mengandung sumber vitamin C diantaranya jambu, jeruk nipis, kiwi, dan lain-lain.

  1. Apel

Buah apel memiliki nutrisi yang banyak dan baik bagi kesehatan tubuh, khususnya bagi ibu hamil. Kandungan nutrisi dalam apel diantaranya karbohidrat, vitamin A, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, kalsium, asam folat, magnesium, kalium, fosfor, zat besi, dan sebagainya. Kandungan kalium pada apel mampu mengatasi asam urat, sehingga buah apel ini disarankan untuk dikonsumsi bagi penderita asam urat. Buah apel dapat dikonsumsi secara langsung dan rutin serta aman bagi ibu hamil. Selain itu, buah apel dapat diolah menjadi cuka apel yang kini terkenal dengan sebutan propolis. Hasil fermentasi buah apel dan cuka juga memiliki khasiat yang mampu menuntaskan asam urat.

  1. Cerry

Buah cerry memiliki banyak manfaat dan aman dikonsumsi bagi ibu hamil. Buah cerry juga memiliki manfaat untuk mengurangi kadar asam urat dalam darah, khususnya apabila mengkonsumsi sebanyak 20 biji buah cerry dalam sehari. Selain itu, kandungan anti-inflamasinya dapat mencegah gangguan kehamilan bagi ibu hamil.

  1. Pisang

Buah pisang memiliki banyak kandungan gizi yang baik, salahsatunya sebagai penurun asam urat pada ibu hamil. Mengkonsumsi buah pisang secara rutin akan mampu mengurangi peradangan sendi akibat asam urat. Buah pisang memiliki kandungan kalori yang cukup dan kadar protein yang rendah sehingga lebih mengenyangkan apabila dimakan dan baik untuk menu diet asam urat. selain itu, kandungan asam folatnya baik bagi pertumbuhan janin.

  1. Aneka Berry

Buah-buahan aneka berry memiliki khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jenis buah berry yang sering ditemui dan banyak dikonsumsi adalah buah strawberry dan blueberry. Strawberry dan blueberry memiliki kandungan vitamin C yang cukup dan anti-oksidan yang baik untuk menangkal serangan radikal bebas pada tubuh. Selain itu, kandungan senyawa fitokimia yang terbentuk secara alami dari dalam strawberry dan blueberry mampu menurunkan kadar zat purin dalam darah.

Sponsors Link

  1. Kacang Panjang Perancis

Kacang panjang perancis memang sangat jarang ditemukan, akan tetapi memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh dan baik dikonsumsi oleh ibu hamil yang mengalami asam urat. Kacang panjang memang merupakan jenis makanan pemicu asam urat karena kandungan purinnya yang tinggi. Namun berbeda dengan kacang panjang perancis yang justru dapat membantu kinerja ginjal dalam menyerap zat asam urat yang akan dikeluarkan melalui urine.

Tanaman ini memiliki panjang 75 cm dan mengandung nutrisi yang baik, diantaranya vitamin C, asam folat, kalium, magnesium, riboflavin, dan thiamin. Berbeda dengan jenis kacang panjang lainnya, bahwa jenis kacang panjang perancis memiliki kandungan purin yang cukup rendah, sehingga aman dikonsumsi bagi penderita asam urat dan kandungan nutrisinya dapat bermanfaat baik baik perkembangan janin. Kacang panjang perancis ini biasanya dijual di supermarket atau toko herbal impor. Cara mengolahnya dapat dibuat jus dan diminum 2 kali sehari.

  1. Plum Hitam

Buah plum sangat jarang ditemui dan jarang dikenal di Indonesia. Buah plum terbagi menjadi dua jenis, yaitu plum hitam dan plum merah. Keduanya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Teruntuk plum hitam, buah ini memiliki kandungan yang kaya akan potassium yang mampu menurunkan asam urat dengan cepat dan aman dikonsumsi bagi ibu hamil.

Selain itu, plum hitam juga mampu mencegah resiko kanker dan menangkal radikal bebas karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Kandungan nutrisinya yang banyak memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, khususnya ibu hamil. Adapun diantaranya manfaat plum hitam bagi ibu hamil, yaitu:

Sponsors Link

  • Mampu meningkatkan memori otak pada janin;
  • Kadar kalorinya dan gulanya rendah sehingga bisa dijadikan sebagai menu diet bagi ibu hamil;
  • Mencegah penyakit jantung;
  • Mengandung vitamin C yang mampu menyembuhkan flu;
  • Mencerahkan kulit;
  • Menguatkan tulang, khususnya pada janin;
  • Mengatasi sembelit;
  • Mengobati anemia.
  1. Daun Seledri

Daun seledri seringkali digunakan sebagai bahan rempah-rempah masakan atau makanan. Disamping itu, daun seledri memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh. Salahsatu manfaat seledri yaitu dapat menyembuhkan asam urat bagi ibu hamil. Cara mengolahnya pun dapat dicampurkan kedalam sayuran berkuah, dibuat jus, dan direbus dengan air mendidih yang kemudian dikonsumsi rutin setiap harinya.

  1. Kombinasi Sayuran

Sayuran sangat baik dikonsumsi untuk memenuhi nilai gizi yang dibutuhkan tubuh. Bagi ibu hamil, mengkonsumsi sayuran sangatlah perlu untuk perkembangan janinnya. Namun, ada beberapa jenis sayuran penyebab asam urat dan sebaiknya dihindari bagi penderita sayuran.

  1. Dark Chocolate

Dark chocolate memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan dan perkembangan janin bagi ibu hamil. Rasa pahit yang dimiliki coklat jenis ini memiliki kandungan flavonoid dan procyanidin yang mampu bekerja sebagai anti oksidan dan anti inflamasi yang mampu mengurangi rasa nyeri dan sakit yang disebabkan oleh asam urat. Namun demikian, mengkonsumsi dark chocolate juga harus dibatasi dan tidak berlebihan walaupun memiliki manfaat yang baik. Hal ini disebabkan karena dark chocolate juga mengandung kafein yang tidak baik buat kesehatan apabila dikonsumsi berlebihan.

Itulah daftar makanan penurun asam urat untuk ibu hamil yang dapat dikonsumsi dan sebaiknya tidak terlalu berlebihan, karena sesuatu yang baik juga apabila berlebihan akan berdampak tidak baik, khususnya bagi kesehatan ibu hamil yang memerlukan takaran dalam mengkonsumsi makanan tersebut agar aman bagi janinnya. Terimakasih.

, ,