Sponsors Link

Makanan Penurun Kadar Asam Urat Untuk Ibu Hamil Yang Aman

Sponsors Link

Penyakit asam urat menjadi salah satu penyakit kronis yang saat ini dapat diderita bukan hanya kalangan orang tua atau lanjut usia namun mereka dengan usia yang relatif lebih mudah juga dapat menjadi salah satu penderita penyakit populer di masyarakat tersebut. Kondisi tersebut dapat terjadi akibat gaya hidup yang tidak sehat serta terlalu banyak mengkonsumsi jenis makanan sembarangan terutama yang memiliki kandungan zat purin tinggi.

ads

Kondisi asam urat juga dapat terjadi pada ibu hamil yang sebenarnya merupakan keadaan sakit sebelum datangnya kehamilan. Kondisi asam urat selama masa kehamilan harus dijaga dengan baik dan diusahakan tidak mengalami kekambuhan mengingat adanya janin di dalam kandungan yang bisa jadi terdampak dengan adanya kadar asam urat tinggi tersebut. Untuk mencegahnya maka perlu beberapa cara untuk ibu menjaga kadar asam urat agar tetap stabil.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh ibu hamil dalam menjaga tubuhnya agar tidak mengalami kondisi penyakit asam urat adalah konsumsi makanan penurun asam urat untuk ibu hamil yang efektif dan lebih aman dibandingkan dengan konsumsi obat asam urat ibu hamil yang dapat memberikan efek samping burung terutama bagi kondisi anak anak. Berikuti ini beberapa penjelasan mengenai makanan apa saja yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil agar dapat menjaga kadar asam urat didalam darah sesuai uraian di bawah ini.

  1. Kentang

Makanan penurun asam urat untuk ibu hamil yang pertama adalah kentang. Kentang digunakan sebagai sumber nutrisi dan karbohidrat pada ibu hamil. Kentang memiliki beberapa kandungan nutrisi dan tidak mengandung zat purin sebagai pemicu asam urat di dalamnya sehingga dapat dikonsumsi oleh ibu hamil tanpa khawatir terjadi peningkatan kadar asam urat di dalam darah. Kandungan vitamin B5 yang terdapat di dalam kentang dapat membantu memecah asam urat sehingga lebih mudah dieksresikan ketika kadarnya tinggi. Kentang juga dapat berguna sebagai sumber energi dan mampu berperan dalam menjaga berat badan.

  1.  Brokoli dan sawi hijau

Beberapa jenis sayuran juga dapat di konsumsi oleh ibu hamil secara aman dalam membantu menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh dan salah satunya adalah brokoli dan sawi hijau. Brokoli dan sawi hijau memiliki kandungan senyawa yang penting dalam membantu mengatasi penyakit asam urat dan menjaga kadar asam urat normal diantaranya vitamin C, mineral kalsium dan kalium, dan lain sebagainya. Vitamin C berguna dalam menjaga kondisi tubuh agar tidak mudah sakit dan mempu membantu mengurangi kadar asam urat di dalam tubuh. Konsumsi sayuran bukan hanya baik untuk penderita asam urat namun juga baik bagi proses perkembangan serta pertumbuhannya. 

  1. Lemon dan jeruk

Lemon maupun buah jeruk dikenal memiliki kandungan vitamin C tinggi diantara siswa sekolah lainnya. Lemon juga dapat digunakan sebagai salah satu obat alami dalam pengobatan kondisi penyakit asam urat. Vitamin C yang terkandung di dalam lemon dan jeruk dapat dapat membantu meredakan rasa sakit akibat adanya serangan penyakit asam urat. Kandungan kalium dapat membantu dalam menjaga fungsi ginjal dan maintenence. Penggunaan lemon dan buah jeruk maupun buah berasa asam sebaiknya berhati hati. Bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit peningkatan asam lambung atau maag karena rasa asam dari lemon yang cukup kuat. 

  1.  Jagung

Jagung merupakan salah satu jenis makanan pengganti karbohidrat dan banyak dimanfaatkan dalam berbagai macam masakan. Jangung ternyata juga termasuk dalam salah satu makanan penurun asam urat untuk ibu hamil. Jagung melalui mekanismenya dapat membantu menurunkan kadar asam urat dan mengatasi kondisi rasa sakit. Sup jagung untuk asam urat juga dapat dimanfaatkan sebagai makanan alternatif bagi ibu hamil dalam membantu menurunkan asam urat dan tetap menjadi makanan yang menyehatkan bagi proses kehamilan. 

  1. Wortel

Makanan penurun asam urat untuk ibu hamil selanjutnya masih dalam kategori sayuran yakni wortel. Wortel menjadi salah satu jenis sayuran yang cukup dikenal memiliki vitamin A yang melimpah. Sayuran dengan warna orange yang khas tersebut sangat cocok digunakan sebagai salah satu makanan yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat bagi ibu hamil karena kandungan vitamin Anya dan tentu aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Wortel dapat diolah menjadi sup yang bisa ditambahkan daun seledri yang juga termasuk kedalam salah satu jenis makanan dengan khasiat mampu menurunkan kadar asam urat bagi ibu hamil.

  1.  Pisang

Pisang merupakan salah satu buah dengan kandungan kalium dan beberapa mineral lainnya. Kalium pada buah pisang tersebut dapat membantu menetralkan kadar asam urat di dalam darah. Kalium merupakan salah satu ion yang dapat membantu menjaga tingkat keasaman dalam tubuh. Konsumsi pisang pada ibu hamil juga mampu memberikan manfaat lain terutama dalam mendukung pemenuhan nutrisi selama masa kehamilan yang secara langsung dapat menjadikan setiap proses kehamilan berjalan dengan normal. 

  1. Buah buahan lainnya

Selain beberapa jenis makanan diatas, ada beberapa buah buahan yang juga cukup baik dalam membantu menjaga serta menurunkan kadar asam urat bagi ibu hamil. Beberapa buah tersebut diantaranya seperti buah apel, buah stroberi, buah delima yang memiliki kandungan nutrisi baik dalam mendukung kesehatan.

Itulah beberapa jenis makanan penurun asam urat untuk ibu hamil yang perlu diketahui terutama bagi mereka yang sudah memiliki riwayat penyakti tersebut. Kesemua makanan yang disebutkan diatas tersebut juga aman dikonsumsi untuk ibu hamil karena tidak memberikan dampak buruk bagi kesehatan ibu maupun perkembangan janin.

, , , ,
Oleh :