Sponsors Link

30 Makanan Rendah Purin untuk Penderita Asam Urat

Sponsors Link

Asam urat merupakan salah satu yang penyebab utamanya adalah zat purin. Penumpukan purin didalam tubuh akan menyebabkan terjadi radang pada bagian sendi. Bahkan bagi mereka yang memiliki penyakit asam urat akut bisa sampai tidak dapat menggerakan sendinya. Demi menjaga asupan untuk menurunkan kadar purin khususnya pada penderita asam urat, maka sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan rendah purin. Berikut cara mencegah asam urat dengan 30 makanan rendah purin untuk penderita asam urat:

ads

1. Jamur

Makan pertama yang mengandung purin rendah adalah jamur. Memang beberapa jamu ada yang memiliki kandungan racun. Namun pada umumnya, jamur yang khusus boleh dikonsumsi mempunyai kandungan karbohidrat dan juga mineral yang cukup tinggi. Sehingga sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita asam urat. Baca juga: Obat Herbal untuk Asam Urat.

2. Asparagus

Asparagus merupakan jenis sayuran hijau yang mempunyai cukup banyak kandungan nutrisi folat dan vitamin K. Kandungan antioksidan dan anti inflamasi dalam asparagus juga cukup tinggi sehingga sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita asam urat. Selain itu kandungan purin dalam asparagus juga tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu memicu pada kenaikan zat purin dalam tubuh. Sifat diuretik dalam asparagus juga sangat bagus untuk kesehatan ginjal dan mengobati peradangan. Baca juga: Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Salam.

3. Buncis

Buncis juga merupakan jenis sayuran yang masuk dalam golongan kacang. Kandungan purin yang rendah pada buncis tidak akan bermasalah jika dikonsumsi oleh penderita asam urat. Namun jika ingin mengkonsumsi harus masih dalam batas wajar. Manfaat mengkonsumsi buncis diantaranya dapat membantu kesehatan tulang, sistem metabolisme tubuh dan juga sistem pencernaan. Baca juga: Obat Asam Urat di Apotik.

4. Jagung

Jagung adalah jenis sayuran yang mempunyai kandungan purin yang rendah dan terdapat kandungan mineral, vitamin A serta kalori yang dapat mencukupi kebutuhan tubuh. Mengkonsumsi jagung bisa membantu untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Jagung juga tidak akan terlalu bermasalah jika dikonsumsi penderita asam urat. Baca juga: Pertolongan Pertama Pada Asam Urat.

5. Kacang Hazel

Jenis sayuran yang masuk pada golongan kacang dan memiliki kandungan purin yang rendah salah satunya adalah kacang hazel. Dengan mengkonsumsi kacang hazel akan sangat bermanfaat untuk menjaga sistem kardiovaskular serta mencegah adanya sel yang abnormal. Baca juga: Bahaya Asam Urat bagi Ibu Hamil.

6. Kacang Tanah

Golongan kacang-kacangan lainnya yang mempunyai kandungan purin rendah adalah kacang tanah. Kacang ini sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat menurunkan terjadi resiko depresi. Selain itu mengkonsumsi kacang tanah juga bisa menjadi solusi untuk menurunkan kelebihan berat badan serta mengurangi resiko terserang penyakit jantung. Baca juga: Sayur yang Dilarang untuk Asam Urat.

7. Kacang Brazil

Masih masuk dalam golongan kacang yang rendah purin, yaitu kacang brazil. Kacang jenis ini juga tidak berbahaya jika dikonsumsi oleh penderita asam urat. Beberapa manfaat yang akan didapatkan karena mengkonsumsi kacang brazil adalah bisa menjaga kesehatan khususnya yang berhubungan peredaran darah dari pusat jantung ke seluruh tubuh. Baca juga: Jenis Penyakit Asam Urat.

8. Kentang

Kentang merupakan jenis sayuran yang mempunyai kandungan protein, lemak nabati, karbohidrat, dan mineral. Kentang juga tidak terlalu banyak mengandung purin, sehingga akan sangat baik jika konsumsi oleh penderita asam urat. Baca juga:  Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Kelor.

9. Kubis

Selanjutnya adalah jenis sayuran yang mempunyai kandungan rendah purin yaitu kubis. Beberapa kandungan yang terdapat di dalam kubis seperti asam folat, kalium, zat besi, ripoflavin, vitamin B kompleks dan juga vitamin A. Kubis bisa dikonsumsi untuk mereka yang sedang melakukan program diet rendah purin. Baca juga: Cara Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat.

Sponsors Link

10. Selada

Selada juga masuk kedalam jenis sayuran yang mempunyai kandungan purin rendah dan bisa dijadikan sebagai salah satu menu untuk melakukan diet rendah purin. Mengkonsumsi selada dapat membantu tubuh untuk melakukan detoks. Daun selada juga dinilai mampu meningkatkan sistem imun tubuh.

11. Lobak

Lobak adalah jenis sayuran yang mempunyai kandungan purin rendah dan dapat membantu kesehatan ginjal. Lobak juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita asam urat, hati, kanker dan juga wasir. Bagi yang sedang melakukan rendah purin, lobak juga bisa menjadi salah satu menu untuk diet.

12. Wortel

Wortel adalah sayuran yang bagus untuk detoks tubuh dari racun dan zat limbah yang tidak dibutuhkan tubuh. Wortel mempunyai beberapa kandungan diantaranya vitamin A dan mineral. Konsumsi wortel akan sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari kanker. Kandung purin dalam wortel juga rendah, sehingga tidak akan bermasalah jika dikonsumsi oleh penderita asam urat.

13. Ceri

Ceri adalah jenis buah-buahan yang mempunyai kandungan antioksidan dan berbagai macan mineral yang sangat baik untuk tubuh. Mengkonsumsi ceri dengan rutin sangat baik bagi penderita asam urat karena dapat mengurangi resiko nyeri sendi dan penumpukan purin yang berlebihan.

14. Apel

Apel adalah jenis buah-buahan lainnya yang mempunyai kandungan purin sangat rendah dan bisa menjadi makanan pencegah asam urat. Mengkonsumsi apel setiap hari bisa membantu mengurangi beberapa gejala asam urat seperti nyeri sendi dan bengkak pada persendian.

15. Jeruk

Jenis buah lainnya yang mempunyai kandungan purin rendah adalah jeruk. Buah ini mempunyai banyak kandungan vitamin C. Bagi penderita asam urat, mengkonsumsi jeruk sangat baik untuk mencegah terjadinya peradangan. Jeruk juga bisa digunakan untuk cemilan diet rendah purin. Baca juga: Cara Pijat Penyakit Asam Urat.

Sponsors Link

16. Belut

Belut adalah jenis ikan yang biasanya dibuat sebagai salah satu lauk pauk untuk makanan. Jenis ikan ini sangat banyak dijual di pasar tradisional atau super market. Kandungan purin dalam belut tidak terlalu tinggi sehingga tidak akan masalah jika dikonsumsi penderita asam urat selama tidak berlebihan.

17. Ikan Makarel

Ikan makarel juga merupakan salah satu makanan jenis ikan yang biasanya disebut dengan ikan kembung. Makarel mempunyai kandungan Omega 3 yang cukup tinggi, selain itu kandungan purin di dalamnya pun tidak terlalu tinggi. Selam mengkonsumsi dalam batasan wajar, ikan ini tidak akan meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

18. Ikan Kod

Kod adalah jenis ikan yang bisanya hidup di laut lepas. Kandungan purin dalam ikan kod juga tidak terlalu tinggi sehingga tidak berbahaya jika dikonsumsi oleh penderita asam urat. Ikan kod juga kaya akan kandungan asam lemak omega 3 dan vitamin nya.

19. Ikan Haddock

Haddock adalah jenis ikan yang hidup di perairan asin, ikan ini juga sangat aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. Kandungan omega 3 dalam ikan haddock cukup tinggi dan sangat baik untuk kesehatan. Sedangkan kandungan purin nya juga cukup rendah sehingga sangat aman dikonsumsi oleh penderita asam urat jika masih dalam batasan wajar.

20. Ikan Sole

Ikan Soleh atau dikenal juga dengan ikan sebelah merupakan jenis ikan lainnya yang sangat aman dikonsumsi karena kandungan purin nya yang tidak terlalu tinggi. Jika Anda sedang melakukan diet rendah purin, ikan sole adalah salah satu menu yang bisa Anda konsumsi.

21. Pisang

Pisang merupakan buah-buahan yang mempunyai kandungan folat, magnesium dan juga kalium yang cukup tinggi. Kandungan purin dalam buah pisang juga sangat rendah dan tidak terlalu berpengaruh pada peningkatan purin dalam tubuh.

ads

22. Pasta Telur

Makan lainnya yang masuk kedalam kategori rendah purin adalah pasta yang terbuat dari telur. Beberapa orang yang sedang melakukan diet rendah purin biasanya akan memanfaatkan pasta sebagai salah satu menu untuk melakukan diet purin.

23. Melon

Melon merupakan buah yang mempunyai kandungan air sangat tinggi dan baik untuk asam urat. Buah untuk asam urat ini juga tidak mempunyai kandungan purin yang akan mengakibatkan asam urat. Jika Anda sedang diet, melon sangat cocok untuk dikonsumsi. Sebab kandungan air di dalamnya akan membuat Anda mudah kenyang.

24. Keju Cheddar

Banyak sekali orang yang sangat gemar menikmati keju, baik untuk dijadikan cemilan atau pun campuran makanan. Keju cheddar adalah Makanan rendah purin yang akan sangat aman dikonsumsi oleh siapa saja. Beberapa kandungan yang ada pada keju cheddar diantaranya laktosa, vitamin, protein dan juga mineral. Makanan dan Minuman Untuk Asam Urat.

25. Yoghurt

Yoghurt adalah jenis makanan yang mempunyai kandungan purin rendah juga. Makanan yang berbahan dasar susu ini biasa dinikmati oleh orang-orang untuk melancarkan sistem pencernaan. Bagi Anda yang sedang melakukan diet rendah purin atau diet rendah lemak, mengkonsumsi yoghurt akan sangat aman dikonsumsi.

26. Susu

Tidak semua jenis susu bisa dikonsumsi, sebaiknya Anda mengkonsumsi jenis susu yang memiliki kandungan rendah lemak. Memang pada umumnya semua susu tidak terlalu memiliki kandungan purin tinggi, namun ada beberapa susu yang mempunyai kandungan lemak tinggi dan berbahaya untuk tubuh dan kenaikan asam urat dalam tubuh.

27. Ikan Carp

Carp adalah jenis ikan yang biasanya dikenal dengan nama ikan mas. Jenis ikan ini juga sangat aman dikonsumsi oleh penderita asam urat karena kandungan purin nya tidak terlalu tinggi. Namun, ada baiknya Anda tidak terlalu berlebihan saat mengkonsumsi ikan ini.

28. Ikan Tilapia

Masih masuk dalam jenis ikan yang kandungan purin nya rendah, yaitu ikan tilapia. Jenis ikan yang juga direkomendasikan untuk penderita asam urat. Agar tidak memicu asam urat sebaiknya Anda mengurangi penambahan garam. Pengolahan nya juga sebaiknya hindari dengan cara menggoreng.

29. Ikan Pike-Perch

Pike-Perch adalah jenis ikan yang tidak terlalu familiar di Indonesia, jika Ada keluar negeri, Anda baru bisa menemukan ikan ini. Pike Perch sangat rendah kandungan purin nya sehingga masuk dalam kategori aman untuk dikonsumsi penderita asam urat.

30. Ikan Sembilang

Makanan rendah purin yang terakhir adalah ikan lele laut atau dikenal juga dengan nama ikan sembilang. Jika Anda mengkonsumsi masih dalam batas wajar, maka tidak akan terlalu berpengaruh pada peningkatan kadar asam urat dalam tubuh. Baca juga: Komplikasi Asam Urat

Tips Mengolah Makanan untuk Penderita Asam Urat

  • Jika Anda ingin mengkonsumsi makanan laut, sebaiknya Anda menghindari pengolahan dengan cara digoreng. Sebagai gantinya Anda bisa mengukus atau difillet dengan menambahkan perasan jeruk nipis agar kadar sodium nya tetap terjaga.
  • Jika akan memasak sayuran, sebaiknya menghindari penyedap rasa buatan yang terlalu berlebihan dan penambahan garam terlalu banyak.

Itulah ulasan mengenai 30 makanan rendah purin untuk penderita asam urat. Beberapa makanan diatas sangat aman untuk dikonsumsi penderita asam urat, namun dengan catatan tidak terlalu berlebihan dan masih dalam batas yang wajar.

, , , ,