Sponsors Link

Makanan Tinggi Purin yang Perlu Dihindari Penderita Asam Urat

Sponsors Link

Diantara beberapa jenis penyakit kronis yang dapat diidap oleh seseorang, penyakit asam urat menjadi salah satu penyakit yang paling banyak terjadi di masyarakat terutama pada para penderita yang sudah memiliki usia tua. Penyakit asam urat tersebut dapat terjadi ketika ada peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh yang melebihi kadar asa urat normalnya. Secara umum, kadar asam ura yang normal adalah 6,0 mg/dl untuk wanita dan 7,0 mg/dl untuk laki laki.

ads

Asam urat sebenarnya merupakan salah satu senyawa yang di metabolisme atau diproduksi oleh tubuh dengan fungsi fungsi tertentu yang dapat membantu dalam setiap proses dan aktivitas yang terjadi pada tubuh manusia. Beberapa fungsi asam urat tersebut diantaranya sebagai neruroprotektif, dapat bertindak sebagai sinyak bahaya jika ada kondisi yang tidak normal di dalam tubuh, serta bersifat antioksidan.

Peningkatan kadar asam urat pada penderitanya sekarang ini lebih banyak disebabkan oleh pola makan yang salah dan banyak mengkonsumsi makanan dengan kadar zat purin tinggi. Untuk menghindari terjadinya serangan asam urat maka penderita perlu menghindari konsumsi makanan dengan kandungan purin tinggi tersebut. Berikut ini beberapa jenis makanan tinggi purin yang perlu dihindari oleh setiap penderita asam urat agar kadarnya tidak tinggi dan serangan asam urat tidak terjadi dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Kacang kacangan

Kacang kacangan menjadi salah satu jenis makanan tinggi purin yang paling dihindari oleh para penderita asam urat. Rasa kacang yang gurih dan enak serta sering dijadikan kudapan menemani kopi ternyata menyimpan kondisi bahaya ketika dikonsumsi terlalu berlebihan karena adanya kandungan purin. Purin dari kacang tersebut dapat dirubah atau dimetabolime menjadi asam urat oleh enzim xanthin oksidase. Penderita asam urat sebaiknya menghindari atau tidak mengkonsumsi kacang kacangan maupun jenis makanan lain yang memang dibuat dengan kandungan kacang di dalamnya.

  1. Jerohan

Jenis makanan lain yang juga memiliki kandungan purin tinggi sebagai pemicu peningkatan kadar asam urat di dalam darah adalah jerohan. Jerohan seperti hati, jantung, ampela ayam maupun bebek memiliki kandungan purin yang cukup tinggi. Bukan hanya jerohan ayam yang memiliki kandungan purin tinggi namun juga jerohan dari pedaging lainnya baik ayam, bebek, maupun sapi dan kambing. Konsumsi jerohan memang lezat dan nikmat namun harus benar benar dihindari oleh para penderita asam urat maupun penderita penyakit kronis lain seperti kolesterol.

  1.  Daging dan olahannya

Makanan tinggi purin selanjutnya adalah daging dan olahannya baik daging ayam, sapi, maupun kambing. Meskipun daging tersebut mengandung purin namun kadarnya lebih kecil dibandingkan dengan jerohan sehingga konsumsi daging bagi para penderita asam urat tetap dapat dilakukan meskipun harus dibatasi jumlahnya. Selain daging segar, beberapa olahannya seperti sosis, kornet, dan lain sebagainya juga tetap memiliki kandungan purin yang perlu diperhaitikan oleh semua penderita asam urat.

  1. Tempe dan tahu

Tahu dan tempe lebih sering diibaratkan sebagai makanan murah yang tidak memicu banyak penyakti. Anggapan dimasyarakat tersebut ternyata salah karena tempe dan tahu merupakan salah satu jenis olahan makanan penyebab asam urat. kacang kedelai sebagai bahan baku tempe dan tahu tersebut memiliki kandungan purin di dalamnya sehingga sebaiknya diperhatikan untuk tidak dikonsumsi atau dikurangi jumlah konsumsinya bagi para penderita asam urat.

  1.  Olahan susu

Jenis makanan lainnya yang juga memiliki kandungan purin di dalamnya sehingga harus dihindari oleh para penderita asam urat adalah makanan dari olahan susu. Makanan olahan susu seperti keju dan mentega dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat bagi penderita asam urat karena adanya kandungan purin. Penderita asam urat sebenarnya dapat mengkonsumsi keju dan mentega dalam jumlah yang tidak berlebihan dan pastinya dimakan saat tidak sedang mengalami serangan asam urat.

  1. Roti dan sereal

Roti dan berbagai macam sereal ternyata juga memiliki kandungan purin di dalamnya sehingga sangat perlu diperhatikan ketika mengkonsumsinya bagi para penderita asam urat. Roti dan sereal yang banyak mengandung purin biasanya merupakan jenis roti dan sereal yang dibuat dengan sedikit atau bahkan tanpa kandungan gandum di dalamnya. Kandungan purin dalam roti dan sereal akan lebih tinggi lagi ketika di dalam makanan tersebut juga dicampur selai kacang maupun susu dan proses olahan susu lainnya.

Sponsors Link

  1.  Biji cocoa dan coklat

Jenis makanan lain yang juga sebaiknya dihindari bagi para penderita asam urat atau mereka yang tidak ingin menderita asam urat adalah coklat dan biji cocoa. Coklat memiliki kandungan purin sehingga perlu diperhatikan oleh setiap penderita asam urat meskipun coklat memiliki rasa yang nikmat dan dapat membantu memberikan efek psikologis yang baik. Coklat yang lebih parah lagi dan harus dihindari oleh penderita asam urat adalah coklat olahan yang didalamnya sudah tercampur dengan kacang almond.

  1. Kerang

Kerang dan makanan laut lain juga perlu dihindari oleh setiap penderita asam urat karena kandungan purin yang tinggi. Selain memiliki kandungan purin tinggi, kerang juga dapat menyeram logam di dalam tubuh yang tentunya akan cukup buruk bagi kondisi kesehatan tubuh manusia. Selain keran makanan laut lain yang juga memiliki kandungan purin diantaranya seperti ikan makarel, ikan sarden, udang, dan kepiting.

  1. Makanan lain yang tinggi purin

Beberapa makanan lain yang juga memiliki kandungan purin tinggi selain makanan yang disebutkan diatas diantaranya seperti sayuran hijau, tomat, teh dan kopi, ragi, beberapa jenis buah, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa makanan tinggi purin yang harus dihindari atau diperhatikan jumlah konsumsinya oleh para penderita penyakit asam urat karena dapat meningkatkan kadar asam urat diatas jumlah asam urat normal dan menimbulkan kondisi serangan yang pastinya menyakitkan.

, ,
Oleh :