Sponsors Link

20 Makanan Untuk Asam Urat Tinggi yang Paling Dianjurkan

Sponsors Link

Menderita penyakit asam urat menjadikan beberapa orang pilah-pilih dengan makanan yang akan dikonsumsinya. Bukan tanpa alasan, asam urat biasanya meningkat tajam setelah mereka mengonsumsi makanan yang tinggi fruktosa atau zat purin. Berikut ini merupakan daftar makanan untuk asam urat yang dapat menurunkan dan mengontrol kadar asam urat yang ada dalam darah Anda:

ads

1. Buah-buahan Kaya Vitamin C

Bukan sesuatu yang baru, apabila penderita asam urat direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Jenis vitamin ini memang sudah diketahui memiliki manfaat besar untuk menurunkan kadar asam urat yang ada dalam darah Anda. Kebutuhan vitamin C yang diperlukan tubuh untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi adalah 500 mg per hari. Vitamin C biasanya ditemukan pada buah-buahan, berikut ini adalah buah untuk asam urat yang direkomendasikan untuk Anda:

  • Ceri

Ceri merupakan salah satu buah yang terbukti ampuh untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi dalam darah Anda. Mengonsumsi ceri sebanyak 200 gram/hari dapat membantu menurunkan asam urat dan mengurangi rasa sakit dan nyeri pada persendian Anda akibat asam urat. Kandungan zat anti inflamasi yang ada di dalamnya mampu mencegah dan menetralisir pengkristalan kelebihan asam urat yang ada di dalam persendian Anda. Selain menetralisir kelebihan asam urat yang ada dalam tubuhnya, zat tersebut mampu mencegah peradangan nyeri pada seluruh persendian Anda.

  • Apel

Selain memiliki kandungan vitamin C, buah apel juga memiliki kandungan serat yang mampu menurunkan asam urat dalam darah Anda. Buah apel sendiri memiliki kandungan zat purin yang relatif rendah, yaitu sebanyak 14 mg/100 gram. Kandungan zat purin yang rendah dan anti-inflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit di area persendian akibat cidera maupun asam urat.

Apabila Anda ingin menggunakan apel sebagai jus, maka perhatikanlah jumlah campuran gula yang Anda campurkan di dalamnya. Usahakan tidak mencampur gula sama sekali ke dalam jus apel yang akan Anda buat karena rasa manis alami yang buah apel sediakan dinilai sudah cukup memberi rasa dalam jus Anda. Apabila Anda masih ingin menambahkan gula, maka gunakanlah gula stevia sebagai campuran pemanis buatan untuk memperkaya rasa manis di dalamnya.

  • Berry

Buah yang termasuk dalam kategori family Berry terbukti sangat bermanfaat untuk Anda yang memiliki riwayat sakit asam urat. Kandungan zat anti inflamasi yang ada di dalamnya dapat membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri akibat asam urat Anda yang tidak terkontrol. Salah satu buah family berry yang mudah didapatkan adalah stoberi. Buatlah ekstrak stroberi Anda sendiri di rumah, atau jus tanpa pemanis buatan sebagai cara alami menurunkan asam urat yang ada dalam darah Anda.

  • Jeruk nipis atau lemon

Jeruk nipis atau lemon memang salah satu buah yang dapat menurunkan kadar asam urat yang ada dalam darah. Anda dapat mencampurkan satu buah jeruk nipis atau setengah buah lemon ke dalam air hangat untuk menurunkan kadar asam urat yang ada dalam darah Anda. Kandungan vitamin C yang sangat banyak akan membantu menetralisir asam urat yang ada dalam darah Anda. Anda dapat mengonsumsi 2 – 3 gelas campuran jeruk nipis maupun jus lemon satu hari. Apabila Anda juga memiliki riwayat penyakit maag, Anda juga harus memperhatikan kondisi lambung Anda.

  • Pir

Pir merupakan makanan rekomendasi yang dapat Anda konsumsi sehari-hari. Dalam beberapa jurnal dan artikel online menyebutkan bahwa buah pir merupakan buah yang kaya serat dan vitamin c. Pir juga memiliki kandungan zat purin yang rendah, yaitu 12 miligram per 100 gram. Apabila Anda termasuk salah satu orang yang doyan ngemil, buahn pir ini dapat dijadikan pengganti makanan ringan yang biasa Anda konsumsi sehari-hari.

  • Mentimun

Mentimun merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan zat purin yang sangat rendah, yaitu 7,3 miligram per 100 gram. Rendahnya zat purin yang terkandung di dalamnya menjadikan mentimun sebagai makanan yang baik dan aman untuk dikonsumsi Anda yang memiliki riwayat penyakit asam urat maupun memiliki kadar asam urat yang tinggi di dalam Anda. Apabila Anda bosan memakan buah ini secara langsung, Anda dapat mengolahnya menjadi smoothie atau jus.

Sponsors Link

  • Nanas

Bagi penderita asam urat, zat bromelin merupakan salah satu zat yang sangat berguna untuk membantu mengurangi rasa sakit pada persendian akibat pengkristalan zat asam urat yang ada di dalam darah. Zat bromelin ini ditemukan pada batang dan buah nanas. Selain mengurangi rasa sakit pada area persendian, zat ini berguna untuk mengurangi pembengkakan setelah operasi, menyembuhkan radang sendi, luka bakar, dan meningkatkan fungsi paru-paru bagi Anda yang menderita infeksi saluran pernapasan. Dibandingkan dengan daging buahnya, inti buah nanas yang kerap kali dibuang karena terasa keras, merupakan bagian yang kaya akan zat bromelin.

2. Sayur-sayuran

Selain buah-buahan, sayur merupakan makanan yang dapat digunakan sebagai rekomendasi bagi penderita asam urat. Tidak hanya menjadi makanan rekomendasi yang boleh dimakan saja, namun bisa jadi menurunkan kadar asam urat yang ada dalam darah Anda. Berikut ini sayur untuk asam urat tinggi yang boleh dikonsumsi:

  • Wortel

Wortel merupakan salah satu makanan rekomendasi yang biasanya tercatat pada daftar makanan rekomendasi bagi penderita asam urat. Rendahnya purin yang dimiliki wortel membuatnya aman dikonsumsi orang-orang yang memiliki riwayat penyakit asam urat. Wortel memiliki kandungan zat purin sebesar 17 miligram/100 gram sehingga termasuk dalam sayuran yang rendah dan aman untuk penderita asam urat. Selain dimasak sebagai campuran sayur yang Anda olah, smoothie dan jus yang rendah gula dapat menjadi olahan alternatif yang dapat Anda coba.

  • Tomat

Selain kaya vitamin C, tomat juga mengandung zat anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri akibat pengkristalan asam urat dalam persendian Anda. Jus atau smoothie tomat merupakan olahan bahan makanan yang direkomendasikan untuk Anda yang memiliki penyakit asam urat. Ingat perhatikan campuran gula yang Anda masukkan dalam jus Anda.

  • Parsley

Daun parsley merupakan sayur rekomendasi yang dapat dikonsumsi oleh penderita asam urat. Meskipun memiliki kandungan purin yang lebih tinggi dari buah pir, daun parsley ini dapat Anda masukkan ke dalam makanan variasi yang Anda konsumsi. Perhatikan cara mengolahnya agar tidak membuat kandungan purin yang ada di dalamnya menjadi meningkat tajam.

Sponsors Link

3. Makanan Kaya Serat

Makanan untuk asam urat selanjutnya adalah makanan kaya serat seperti sereal. Sereal merupakan salah satu makanan yang kerap kali menjadi alternatif yang mudah untuk sarapan di pagi hari. Sereal sendiri memiliki bentuk, bahan baku, dan rasa yang bermacam-macam. Hindari sereal manis yang banyak mengandung gula atau lemak. Mencampurnya dengan yoghurt dan susu rendah lemak masih aman, malah cenderung direkomendasikan. Pilihlah sereal yang memiliki kandungan serat tinggi namun rendah gula.

4. Omega 3

Omega 3 merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda. Mengingat omega 3 banyak terkandung dalam ikan, dan beberapa jenis ikan memiliki kandungan zar purin yang tinggi dan dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah Anda, maka berikut ini merupakan bahan makanan yang kaya akan omega tiga:

  • Walnut

Walnut merupakan jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan purin yang relatif rendah, yaitu sekitar 25 miligram/100 gram. Meskipun walnut tidak dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah Anda, setidaknya makanan ini mampu mengontrol kadar asam urat yang Anda miliki.

  • Ikan

Ternyata tidak semua jenis ikan berbahaya untuk penderita asam urat. Beberapa jenis ikan dapat Anda pilih sebagai menu rekomendasi yang bisa Anda konsumsi. Ikan yang boleh dimakan penderita asam urat diantaranya ikan makarel, ikan kod, ikan sembilang, ikan gabus, dll.

5. Dark Cokelat

Tidak sama seperti coklat-coklat manis yang umumnya dijual di supermarket maupun toko makanan, dark coklat memiliki rasa yang cenderung pahit dan nyaris tanpa campuran kacang-kacangan. Bagi Anda yang gemar mengonsumsi makanan manis, Anda dapat mencari cokelat jenis dark dengan sedikit pemanis yang dicampurkan di dalamnya.

ads

6. Dairy Product

Dairy produt  atau produk-produk pilihan olahan tampaknya masuk ke dalam makanan yang boleh Anda konsumsi. Berikut ini merupakan dairy product  yang dapat Anda konsumsi untuk melengkapi asupan protein hewani dalam tubuh Anda tanpa khawatir kadar asam urat yang tiba-tiba meningkat.

  • Yoghurt

Yoghurt dengan kisaran lemak sebesar 3,5% merupakan makanan yang direkomendasikan untuk Anda yang menderita asam urat. Makanan ini termasuk dalam jenis makanan rendah purin dan kaya protein serta beberapa zat baik di dalamnya. Meskipun begitu, Anda seharusnya tetap mengontrol jumlah yoghurt yang Anda konsumsi sehari-hari.

  • Keju

Setelah yoghurt, keju merupakan makanan selanjutnya. Keju memiliki kandungan zat purin yang rendah juga, yaitu berkisar antara 7,1 – 12 miligram saja per 100 gram. Anda yang memiliki asam urat tampaknya tidak perlu khawatir dengan jenis makanan olahan susu yang satu ini ya. Jangan lupa untuk mengontrol dan memperhatikan jumlah yang Anda konsumsi, usahakan jangan terlalu berlebihan!

7. Bahan makanan 

  • Olive oil

Olive oil atau minyak zaitun mengandung zat anti inflamasi yang dapat meredakan rasa nyeri akibat asam urat. Selain itu vitamin e yang terkandung dalam minyak zaitun dianggap mampu untuk mengendalikan kadar asam urat yang ada dalam darah Anda. Meskipun baik, Anda tetap harus memperhatikan bagaimana cara Anda menggunakan minyak zaitun sebagai pengolah makanan. Hindari teknik pemakaian minyak ini dengan cara memanaskannya, gunakanlah sebagai campuran salad sayur atau buah yang biasa Anda konsumsi.

  • Flaxseed

Flaxseed merupakan salah satu makanan yang mengandung asam lemak esensial yang baik untuk penderita asam urat. Peradangan sendi yang Anda alami dapat berkurang sebesar 34% setelah mengonsumsinya secara rutin selama 180 hari.

  • Cuka sari apel

Cuka sari apel merupakan bahan makanan yang dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh Anda secara alami. Manfaat cuka apel untuk asam urat diantaranya mencegah terjadinya penumpukan purin, mengatasi pembengkakan dan membersihkan kristal asam urat.

  • Baking soda

Sama seperti cuka sari apel, baking soda juga sudah lama diketahui sebagai bahan makanan yang dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh secara alami. Terapi baking soda untuk asam urat dapat mencegah pengendapan purin dalam tubuh. Cara penggunaannya adalah dengan menyeduh setengah sendok teh baking soda dengan air hangat, lalu meminumnya.

8. Telur Organik

Bagi penderita asam urat yang terkadang bingung akan asupan protein hewani, mengingat konsumsi daging sebagai sumber protein terpaksa sangat dibatasi. Telur organik merupakan salah satu makanan yang dapat menjaga bahkan menurunkan kadar asam urat yang ada dalam darah Anda. Bagaimana pengaruh telur pada asam urat? Apakah aman dikonsumsi?

Telur sendiri memiliki kandungan purin yang relatif rendah sehingga aman untuk dikonsumsi penderita asam urat. Perhatikan jumlah telur yang Anda konsumsi karena asupan protein yang masuk dalam tubuh Anda juga harus diperhatikan. Protein yang masuk dalam tubuh sebaiknya kurang dari 0,8 gram/berat badan Anda (dalam kilogram).

Jenis makanan untuk asam urat yang telah diulas di atas dapat menjadi makanan alternatif yang dapat Anda perhatikan sebagai konsumsi sehari-hari Anda. Seimbangkan dengan konsumsi air putih serta perbaiki gaya hidup Anda sehari-hari untuk mendapatkan tubuh bebas rasa sakit akibat asam urat. Semoga bermanfaat.

, , , ,