Sponsors Link

6 Makanan Untuk Asam Urat Rendah Wajib Dikonsumsi

Sponsors Link

Penyakit asam urat yang pada umumnya diketahui adalah karena kadarnya yang terlalu tinggi dan melebih batas normal dalam tubuh. Tapi tahukah Anda? Ternyata tidak semua orang memiliki kadar asam urat dalam tubuh tinggi sehingga menyebabkan timbul tanda-tanda asam urat seperti nyeri sendi. Ada juga orang-orang yang mempunyai kadar asam urat dalam tubuhnya sangat rendah. Sehingga akan berpengaruh juga pada kesehatan. Bagi yang memiliki asam urat rendah, tentu saja harus mengkonsumsi beberapa makanan untuk asam urat rendah yang memiliki kandungan purin. Tujuannya agar asam urat terpicu untuk sedikit meningkat. Namun, sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan jenis sayuran, sebab kandungan purin dalam sayuran dinilai tidak terlalu buruk sehingga tidak akan mengalami peningkatan asam urat yang melebih batas normal. Berikut jenis sayuran yang dapat Anda konsumsi:

ads

1. Bayam

Bayam adalah jenis sayuran yang sudah sangat dikenal banyak orang karena menyehatkan dan mempunyai kandungan zat besi cukup tinggi, sehingga akan baik jika di konsumsi oleh penderita anemia. Tetapi bagi Anda yang memiliki kadar asam urat rendah, Anda juga dapat mengkonsumsi sayuran ini. Kadar purin yang ada dalam 100 gram bayam setara dengan 57 gram purin. Untuk mengkonsumsi nya sebaiknya jangan melebihi angka 200 gram purin per hari agar tidak memicu terjadi peningkatan asam urat yang terlalu buruk.

2. Asparagus

Jenis sayuran selanjutnya adalah asparagus. Sayuran ini biasanya di masak dan di olah menjadi sop. Asaparagus memiliki kandungan kalium dan juga folat yang cukup tinggi. Sayuran ini juga masuk dalam kategori boleh dimakan oleh penderita asam urat rendah. Pada 100 gram asparagus setara dengan 23 gram zat purin. Kandungan purin nya tidak terlalu tinggi, sehingga cukup aman dikonsumsi dalam porsi banyak.

3. Kembang kol

Kembal kol adalah jenis sayuran lain yang dapat dikonsumsi oleh penderita asam urat rendah. Pada 100 gram kembang kol setara dengan 51 gram purin. Untuk mengkonsumsi nya sebaiknya harus dibatasi dan tidak melebihi dari 200 gram purin per hari agar tidak memicu peningkatan asam urat terlalu tinggi. Selain itu kembang kol juga adalah salah satu sayuran yang mempunyai kandungan gas cukup tinggi, sehingga akan membuat perut kembung jika dikonsumsi secara berlebihan.

4. Jamur

Dibandingkan dengan jenis sayuran sebelumnya yaitu asparagus, kembang kol dan bayam, kandungan purin yang ada pada sayuran jamur adalah yang paling tinggi. 100 gram jamur setara dengan 90 gram zat purin. Sehingga Anda sebaiknya cukup mengkonsumsi 100 gram saja per hari, ini agar membantu peningkatan kadar asam urat dalam tubuh tidak terlalu tinggi dan masih di kontrol dengan baik.

5. Kacang panjang

Kacang panjang adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan serat cukup tinggi. Sehingga di nilai baik untuk pencernaan. Pada 100 gram kacang panjang setara dengan gram purin. Ada baiknya Anda juga tidak mengkonsumsi kacang panjang secara berlebihan. Batasi lah hingga 100 gram saja untuk membantu menaikkan kadar asam urat rendah hingga batas normal.

6. Buncis

Selain kacang panjang, buncis juga adalah salah satu sayuran yang mempunyai kandungan serat cukup tinggi. Bagi penderita diabetes biasanya buncis akan dijadikan salah satu sayuran yang dapat menurunkan kadar gula darah yang terlalu tinggi, sebab di dalam nya terdapat nilai glikemik yang cukup rendah. Pada 100 gram buncis setara dengan 75 gram zat purin. Untuk meningkatkan kadar asam urat hingga batas normal, Anda sebaiknya juga jangan mengkonsumsi lebih dari 200 gram buncis.

Sponsors Link

Sebenarnya Anda juga bisa mengkonsumsi beberapa pantangan makanan bagi penderita asam urat seperti: Ikan kakap, ikan tuna, ikan sarden, lobster, kerang, kepiting, udang, jeroan, daging kalkun dan yang lainnya. Makanan tersebut mempunyai kandungan purin cukup tinggi, dilarang untuk penderita penyakit asam urat tapi di bolehkan untuk penderita asam urat rendah. Namun Anda harus sangat terbatas memakannya agar tidak memicu  penyebab asam urat tinggi.. Cara pengolahan nya pun harus sangat Anda perhatikan. Anda bisa mengolahnya dengan di bakar, di kukus dan yang lainnya selam tidak menambahkan minyak dan garam terlalu banyak. Hanya saja untuk pilihan yang paling aman adalah lebih baik mengkonsumsi jenis sayuran saja, sebab tidak akan terlalu berbahaya pada peningkatan asam urat yang terlalu melebih batas maksimal dalam tubuh.

Itulah beberapa makanan untuk asam urat rendah dengan jenis sayuran yang dapat Anda konsumsi namun tidak melebih batas agar tidak memicu kenaikan asam urat terlalu tinggi.

, ,