Sponsors Link

25 Makanan untuk Penderita Asam Urat Tinggi

Sponsors Link

Menjadi penderita asam urat memang memiliki banyak sekali makanan pantangan. Apalagi jenis-jenis makanan dengan kadar zat purin yang tinggi wajib dihindari penderita asam urat. Asam urat merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh menumpuknya zat purin dalam tubuh. Zat purin yang menumpuk tersebut tidak mampu lagi di ekskresi organ ginjal sehingga dialirkan ke seluruh tubuh melalui darah membentuk kristal-kristal asam urat yang tajam. Kristal asam urat inilah yang menyebabkan rasa nyeri yang biasanya dirasakan di daerah persendian.

ads

Baca juga: Pantangan Makanan bagi Penderita Asam Urat.

Asam urat ditandai dengan adanya pembengkakan berwarna kemerahan yang umumnya terjadi pada kaki yang terasa panas dan sakit. Asam urat adalah jenis penyakit yang terjadi secara bertahap dan tiba-tiba. Pembengkakan yang sudah reda bisa kembali sewaktu-waktu jika kadar asam urat dalam tubuh Anda kembali meningkat. Sehingga bagi Anda yang menderita asam urat sangat tidak dianjurkan makan makanan yang berpotensi untuk meningkatkan asam urat. Meskipun asam urat tidak dapat dihilangkan dari tubuh akan tetapi asam urat bisa dikendalikan agar kadar asam urat dalam tubuh tetap berada pada ambang batas normal.

Baca juga: Perbedaan Asam Urat dan Rematik.

Mengendalikan asam urat dalam tubuh bertujuan untuk mencegah penyakit asam urat ke tahap yang lebih serius. Selain dengan pengobatan medis, Anda bisa menggunakan alternatif bahan herbal untuk membantu mengurangi kadar zat purin dalam darah. Tidak hanya obat herbal saja, tetapi juga ada jenis-jenis makanan untuk penderita asam urat karena tidak semua jenis makanan berbahaya untuk penderita asam urat. Masih banyak jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat dengan memperhatikan kandungan zat-zat pada setiap jenis makanan tersebut.

Apa saja jenis makanan untuk penderita asam urat yang aman untuk dikonsumsi? Melalui artikel berikut kami akan memberikan ulasan-ulasan tentang beberapa makanan yang aman jika dikonsumsi setiap hari oleh penderita asam urat. Jenis makanan yang baik dikonsumsi penderita asam urat dibedakan dari jenis sayur-sayuran, buah-buahan dan jenis makanan lainnya.

Jenis Sayuran dan Tanaman untuk Penderita Asam Urat

Meskipun sayur sebagai sumber makanan sehat juga memiliki pantangan bagi penderita asam urat, akan tetapi masih banyak jenis sayuran lain yang justru dapat membantu menurunkan resiko akibat asam urat. Jenis sayur apa saja yang baik dikonsumsi penderita asam urat?

1. Kacang Panjang Perancis

Kacang panjang perancis merupakan salah satu jenis sayuran yang biasanya digunakan untuk lalapan. Kandungan nutrisi pada kacang panjang perancis cukup tinggi dan bervariasi. Kandungan utama pada salah satu jenis kacang panjang ini antara lain: protein, zat besi, kalsium, fosfor, vitamin A, karbohidrat, serat alami, kalium, asam folat, vitamin C, riboflavin, thiamin dan magnesium.

Dengan kandungan nutrisi yang bervariasi tersebut menjadikan kacang panjang perancis memiliki manfaat untuk kesehatan seperti pencegahan osteoporosis, membantu melancarkan metabolisme lemak, pembentukan enzim, dan mengurangi resiko terkena diabetes. Kacang panjang perancis juga baik dikonsumsi untuk penderita asam urat untuk membantu mengurangi pembengkakan akibat asam urat. Penderita asam urat dapat mengkonsumsi kacang panjang ini dengan cara di jus sehari dua kali.

Baca juga: Jenis Penyakit Asam Urat.

2. Daun Seledri

Biasanya daun seledri ditemukan pada berbagai olahan sayur seperti sop. Daun seledri memiliki manfaat besar bagi penderita asam urat. Kandungan utama daun seledri mencakup klorin, sulfur, inositol, esensial, asam lemak, folat, potassium, mangan, selenium dan seng serta vitamin B1 dan vitamin A yang tinggi. Kandungan nutrisi yang tinggi tersebut menjadikan daun seledri bermanfaat untuk asam urat. Tidak hanya ampuh untuk membantu menekan resiko asam urat tapi juga dapat digunakan untuk mengatasi rematik.

3. Ekstrak Biji Seledri

Bukan hanya pada daunnya saja, ternyata biji seledri juga baik untuk asam urat. Mengkonsumsi biji seledri ada beberapa cara, mulai dari diolah bersama makanan lain atau di ekstrak dengan cara dijus atau direbus dengan air putih hingga mendidih. Untuk mengkonsumsi ekstrak biji seledri yang dibuat jus atau direbus cukup satu kali sehari saja.

Baca juga: Khasiat Sidaguri untuk Asam Urat, Manfaat Daun Serai untuk Asam Urat.

Sponsors Link

4. Kacang Pinto

Kacang pinto merupakan salah satu jenis camilan yang biasanya diolah sebagai camilan. Kandungan nutrisi penting pada kacang pinto meliputi vitamin, mineral, serat dan protein nabati. Kacang pinto memiliki kandungan folat sehingga dapat menjadi alternatif sebagai bahan makanan penurun asam urat secara alami. Kacang pinto baik untuk dikonsumsi penderita asam urat dengan berbagai olahan. Kacang pinto juga memiliki manfaat lain seperti menurunkan kolesterol, sebagai sumber protein nabati, mengontrol berat badan dan mencegah penyakit jantung. Jadi, kacang pinto bisa menjadi solusi camilan sehat di hari-hari Anda.

5. Tomat

Tomat bisa tergolong sayuran juga buah-buahan. Tomat memiliki kandungan yang kaya akan vitamin A, vitamin B1, vitamin C, karbohidrat, serat, kalium, fosfor, zat besi dan protein. Tomat sering dimanfaatkan sebagai masker wajah karena mampu mengurangi radang akibat munculnya jerawat. Tomat ternyata juga bermanfaat untuk meluruhkan asam urat. Nyeri asam urat yang disebabkan terjadinya pengapuran pada sendi dapat diluruhkan secara perlahan dengan asupan minyak pada tomat.

Mengkonsumsi tomat tidak hanya berperan untuk membantu penyembuhan saja tetapi juga mencegah kambuhnya asam urat dan mencegah peradangan sendi. Anda bisa mengkonsumsi tomat secara langsung maupun diolah menjadi jus atau sayur. Memperbanyak makanan bernutrisi tidak hanya baik untuk kesehatan tapi juga baik untuk mengurangi resiko timbulnya penyakit lain.

Baca juga: Tanda-Tanda Asam Urat.

6. Mentimun

Gout akan terjadi ketika tubuh Anda mengalami peningkatan asam urat dalam darah sehingga akan terjadi penumpukan kristal asam urat pada daerah persendian dan terasa sakit. Salah satu cara mengendalikan asam urat tubuh adalah dengan mengkonsumsi makanan rendah purin, salah satunya mentimun. Mentimun baik untuk dikonsumsi penderita asam urat karena timun hanya mengandung purin rendah yakni 7,3 mg dalam satu timun. Sehingga timun bisa menjadi pilihan makanan diet untuk penderita asam urat.

Mentimun bersifat diuretik yang dapat merangsang ginjal untuk menghasilkan lebih banyak urin, menghilangkan kelebihan kreatinin dan juga asam urat. Sifat diuretik ini juga dapat mencegah terbentuknya batu ginjal. Mentimun juga bersifat analgesik dan mendorong fungsi pencernaan karena mengandung selulosa yang tinggi yang dapat membantu sistem ekskresi saluran usus. Mentimun sangat efektif untuk mengendalikan asam urat yang mengkristal pada daerah persendian.

7. Brokoli

Brokoli juga jenis sayuran yang memiliki kandungan nutrisi yang baik. Brokoli berperan besar menjaga kesehatan tubuh manusia. Brokoli mampu menurunkan kolesterol berlebihan dalam tubuh karena mengandung kromium dan potassium yang tinggi. Diantara kandungan nutrisi yang tinggi pada brokoli, salah satunya adalah vitamin C yang tentunya memiliki dampak positif untuk penderita asam urat dan tidak bersifat berbahaya. Mengkonsumsi brokoli paling baik adalah dengan cara dikukus.

8. Wortel

Wortel sering dikonsumsi untuk memberikan nutrisi pada mata karena kandungan vitamin A yang tinggi. Wortel salah satu jenis bahan sayuran yang memiliki nutrisi yang tinggi. Kandungan nutrisi pada wortel mencakup vitamin A, vitamin K, folat, magnesium, serat dan sebagainya. Wortel aman untuk dikonsumsi penderita kolesterol tinggi dan asam urat. Meskipun tidak memberikan efek besar bagi kesembuhan asam urat, tapi wortel tidak memperburuk asam urat.

Baca juga: Manfaat Lemon untuk Asam Urat.

9. Kentang

Kentang adalah salah satu jenis makanan yang paling digemari bagi kaum yang sedang melakukan diet lemak. Pasalnya, kentang dapat menjadi alternatif pengganti nasi karena rendah karbohidrat dan lemak. Keistimewaan dari kentang sendiri adalah kandungan nutrisinya yang tidak berubah walaupun diolah dalam jenis masakan apapun. Bagi penderita asam urat, kentang mengandung zat anti radang yakni potassium dan vitamin B6 yang bermanfaat untuk meringankan pembengkakan pada asam urat. Mengkonsumsi kentang yang baik adalah dengan dikukus atau direbus, lebih jangan dikonsumsi dengan cara digoreng. Karena minyak akan meresap pada kentang dan terakumulasi di dalam tubuh menjadi lemak jahat.

Sponsors Link

10. Jagung

Selain kentang, jagung merupakan salah satu jenis makanan alternatif pengganti nasi. Jagung juga mengandung karbohidrat namun juga kaya akan nutrisi lainnya. Kandungan nutrisi yang paling tinggi pada jagung adalah kalium yang merupakan senyawa elektrolit untuk membantu menjaga fungsi organ-organ tubuh dengan mengatur serta menjaga kadar cairan pada tubuh. Kalium bersifat diuretik yang mampu membantu melancarkan pembuangan urin sehingga akan membantu menekan resiko infeksi kandung kemih dan menekan asam urat tubuh.

Jagung tidak hanya mengandung kalium, jagung juga mengandung vitamin C, bioflavonoid dan karotenoid untuk mengendalikan kadar kolesterol dan asam urat pada tubuh Kita. Jika Anda sedang menjalani diet nasi, jagung bisa menjadi salah satu alternatif pengganti nasi.

Baca juga: Manfaat Jahe untuk Asam Urat.

11. Sawi Hijau

Sawi adalah jenis sayuran yang banyak diminati masyarakat kita. Sawi hijau maupun sawi putih sama-sama memiliki nutrisi yang tinggi. Sawi hijau bermanfaat bagi tubuh karena kandungan nutrisinya seperti serat, vitamin C, vitamin E, beta karoten, kalium, fosfor, zat besi dan kalsium yang berperan untuk mencegah oksidasi LDL dalam tubuh. Sawi hijau baik dikonsumsi penderita asam urat

12. Sawi Putih

Kandungan nutrisi pada sawi putih juga tak kalah tinggi, sama halnya dengan sawi hijau yang mampu mencegah terjadi oksidasi LDL dalam tubuh. Kandungan nutrisi pada sawi hijau dan sawi putih dapat menurunkan resiko terkena penyakit kardiovaskuler. Pada sayuran sawi juga mengandung fitonutrient yang dipercaya dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dengan melancarkan sistem ekskresi.

Baca juga: Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Sirsak.

13. Lobak

Lobak adalah jenis sayuran yang hampir mirip dengan wortel. Kandungan nutrisi pada lobak sangat beragam seperti vitamin B1 dan B2, vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Senyawa lainnya pada lobak mencakup niacin, manga, kolin, asam folic, zat besi, beta karoten kalsium, asam oksalat dan fosfor. Lobak merupakan salah satu pilihan sayur yang baik untuk penderita asam urat karena dipercaya mampu menurunkan zat purin dalam tubuh.

Lobak memiliki sifat diuretik yang kuat, sehingga ketika dikonsumsi akan membantu mengeluarkan asam urat dari tubuh melalui urin. Selain itu, lobak juga kaya akan potassium yang dapat membantu mengontrol kolesterol dalam tubuh.

Baca juga: Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Kelor.

Buah-Buahan untuk Penderita Asam Urat

Selain sayuran, beberapa buah-buahan juga baik untuk dikonsumsi penderita asam urat, terutama buah yang mengandung serat dan kaya akan vitamin C. Jenis-jenis buah yang baik dikonsumsi oleh penderita asam urat adalah sebagai berikut:

1. Buah Apel

Dibalik rasanya yang manis dan enak, buah apel ternyata juga dipercaya mampu meredakan nyeri pada asam urat. Buah apel mengandung asam malat pada daging buahnya. Kandungan asam malat pada buah apel membantu menetralkan asam urat dalam tubuh dan mengurangi resiko peradangan yang lebih kronis akibat asam urat yang semakin meningkat. Anda bisa membuat jus apel murni tanpa es atau dapat dicampur dengan satu sendok madu murni. Anda dapat mengkonsumsi jus apel ini setelah makan untuk hasil optimal. Selain dikonsumsi dalam bentuk jus, Anda bisa mengkonsumsi buah apel secara langsung tanpa diolah. Konsumsi jus apel rutin 1 atau 2 kali sehari.

2. Buah Ceri

Buah ceri merupakan jenis buah yang mengandung kalium tinggi sehingga dijuluki sebagai sumber kalsium nabati. Buah ceri telah lama dipercaya sebagai penanganan pirai yang menyebabkan rasa nyeri pada asam urat serta mengganggu fungsi organ ginjal karena dapat memunculkan batu-batu ginjal. Penderita asam urat dapat mengkonsumsi buah ceri dengan cara di jus. Buah ceri yang bereaksi dengan air mampu meningkatkan pH tubuh untuk membantu menetralkan asam urat. Anda dapat mengkonsumsi 20 hingga 30 buah ceri setiap hari atau segelas jus ceri jika sudah merasa terserang pirai asam urat. Kandungan enzim pada buah ceri dapat menetralisir asam urat dalam tubuh.

Baca juga: Manfaat Binahong untuk Asam Urat.

3. Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat yang berfungsi untuk melarutkan asam urat secara alami. Anda bisa mengkonsumsi perasan jeruk nipis dua kali sehari dengan air hangat dan bisa ditambahkan dengan madu murni. Jeruk nipis dikenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C berperan penting dalam menekan resiko asam urat ke tahap yang lebih serius. Akan tetapi, penggunaan vitamin C dari jeruk nipis harus berada pada dosis yang tepat. Jika asam urat yang Anda alami mengalami komplikasi dengan penyakit lain, disarankan untuk melakukan pengecekan ke dokter karena beberapa penyakit justru tidak memperbolehkan untuk mengkonsumsi jeruk nipis.

ads

4. Strawberry

Strawberry mengandung zat-zat alkali yang tinggi yang membantu pelarutan asam urat dan kristal urat. Sehingga mampu untuk membantu ekskresi zat asam urat melalui urine. Zat alkali juga dapat menghambat pembentukan kristal-kristal asam urat. Strawberry mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Dalam secangkir strawberry ternyata mengandung 90 miligram vitamin C sehingga menunjukkan manfaat sebagai pengobatan dan pencegahan timbulnya gout asam urat. Vitamin C berperan penting untuk menurunkan kadar asam urat.

Baca juga: Obat Herbal untuk Asam Urat.

5. Blueberry

Blueberry juga mengandung vitamin B folat yang juga berperan dalam mengendalikan kadar zat purin sebagai penyebab meningkatnya asam urat pada tubuh. Lebih dalam tentang blueberry, buah ini mengandung senyawa anti-inflamasi yang mampu mengurangi peradangan akibat asam urat serta mengurangi resiko kanker dan penyakit jantung.

6. Pisang

Pisang juga salah satu jenis buah-buahan yang dapat menjadi alternatif untuk penderita asam urat. Semua jenis pisang memiliki kandungan yang kaya akan potassium dan di dalam satu buah pisang berukuran 22 cm mengandung 602 mg potassium. Potassium merupakan senyawa yang mampu mengubah kristal asam urat yang menumpuk pada persendian menjadi bentuk cairan yang akan dikeluarkan melalui urin.

Pisang juga buah yang mengandung vitamin C, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa vitamin C mampu mengurangi resiko peradangan dan rasa nyeri akibat kristal-kristal asam urat. Anda bisa mengkonsumsi pisang 2 hingga 3 kali sehari tanpa harus diolah terlebih dahulu. Mengkonsumsi pisang selama 3-4 hari dipercaya akan mengurangi peradangan pada sendi dan pembengkakan dengan efektif.

Baca juga: Jus untuk Asam Urat.

Jenis Makanan Lainnya untuk Penderita Asam Urat

1. Teh Hijau

Makanan yang mengandung zat purin tinggi tentunya dapat memicu timbulnya hiperurisema seperti pada jenis makanan berbahan baku daging merah dan seafood. Jika Anda penderita asam urat namun juga sering mengkonsumsi alkohol lebih baik segera hentikan kebiasaan tersebut. Alkohol berdampak buruk pada asam urat, Anda bisa mengganti dengan teh hijau. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan polifenol salah satunya catechin.

Teh hijau pernah diuji kemampuannya untuk mengatasi asam urat berlebihan dalam tubuh. Dalam sebuah penelitian ternyata teh hijau yang dikonsumsi oleh penderita asam urat mampu merubah kadar asam urat dalam tubuh dan membersihkan kreatinin, Dalam penelitian tersebut menyimpulkan bahwa ekstrak daun teh baik untuk dikonsumsi penderita asam urat.

2. Coklat Hitam

Hampir sebagian besar orang pasti menyukai coklat. Coklat merupakan salah satu bahan makanan dengan kandungan antioksidan seperti senyawa asam fenolic, polymeric fenolic yang tidak larut dan methylxanthine. Coklat tidak mengandung zat purin sebagai zat berbahaya bagi penderita asam urat.

Coklat hitam baik dikonsumsi untuk penderita asam urat karena tidak berdampak buruk bagi kesehatan penderita asam urat. Kandungan flavonoid dan procyanidin dalam coklat bermanfaat sebagai antiinflamasi dan antioksidan yang dapat mengurangi nyeri dan rasa sakit akibat asam urat. Coklat juga mengandung epikatekin yang dapat mencegah asam urat kambuh lagi. Coklat yang baik untuk dikonsumsi adalah jenis coklat hitam daripada coklat susu atau coklat putih yang mengandung kalori tinggi.

Baca juga: Manfaat Sambiloto untuk Asam Urat.

3. Makanan Berserat Tinggi

Jika Anda menderita asam urat sebaiknya mulai mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. Makanan berserat tinggi bermanfaat untuk menurunkan asam urat hingga menjadi normal kembali. Serat berfungsi untuk membantu proses penyerapan asam urat ke aliran darah dan membuang kelebihan asam urat  tersebut melalui urin. Mulai menjaga pola makanan yang lebih sehat dapat membantu mengurangi resiko asam urat ke stadium yang lebih serius.

4. Cuka Apel

Minuman untuk penderita asam urat yang bisa dikonsumsi adalah cuka apel. Meminum 2 hingga 3 kali sehari cuka apel bermanfaat bagi asam urat. Anda bisa menambahkan 3 sendok cuka apel dengan secangkir air putih hangat.

5. Black Plum

Salah satu jenis makanan yang mengandung serat tinggi serta memiliki kadar antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan. Tidak berdampak buruk jika dikonsumsi penderita asam urat.

6. Produk Susu Rendah Lemak

Seseorang yang terserang asam urat dapat berpotensi untuk menimbulkan komplikasi penyakit lain seperti kolesterol. Selain menghindari makanan dengan kandungan zat purin, untuk meminimalisir timbulnya penyakit lain saat Anda terserang asam urat mulailah untuk mengontrol makanan berlemak juga. Jika Anda menyukai susu, konsumsilah susu yang rendah lemak biasanya jenis susu yang masih murni.

Baca juga: Asam Urat pada LansiaAsam Urat pada Ibu Hamil.

Menjaga pola hidup sehat salah satunya dengan menjaga pola makanan sehari-hari. Kebanyakan dari penyakit bersumber dari konsumsi makanan yang salah. Asam urat juga merupakan salah satu jenis penyakit yang diakibatkan dari pola makan yang tidak sehat. Asam urat bisa menjadi lebih buruk jika tidak ditangani dengan benar. Demikian beberapa jenis makanan untuk penderita asam urat yang dapat menjadi informasi untuk Anda

, , , , , , , , , ,