Sponsors Link

13 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat dan Rematik

Sponsors Link

Pernahkah Anda merasakan nyeri di bagian persendian? Ataukah Anda pernah merasakan ngilu atau nyeri pada bagian kaki? Hal itu merupakan salahsatu gejala asam urat dan rematik. Apakah Anda termasuk salahsatu penderita asam urat atau rematik ? Atau apakah keduanya? Bagaimana rasanya jika asam urat atau rematiknya kambuh? Tentu saja tidak nyaman, terlebih jika Anda salah dalam mengkonsumsi makanan yang seharusnya dihindari bagi penderita asam urat dan rematik pastinya tubuh akan langsung bereaksi dan terasa nyeri. Lalu, apa saja makanan yang harus dihindari penderita asam urat dan rematik?

ads

Asam urat (Ghout Athritis) merupakan salahsatu penyakit persendian yang disebabkan karena zat asam urat (uric acid) yang berlebih atau menumpuk di persendian sehingga membentuk kristal pada persendian dan mengakibatkan nyeri, peradangan, serta bengkak.  Zat asam urat diperoleh dari tubuh ketika memecahkan purinnya yang kemudian larut dalam darah dan hilang melalui urin. Hanya saja pada penderita asam urat, zat tersebut diproduksi secara abnormal atau berlebihan, biasanya zat asam urat diperoleh dari asupan makanan ke dalam tubuh kita yang mengandung purin tinggi. Namun, ada kalanya darah di dalam tubuh pun dapat memproduksi asam urat dengan sendirinya di dalam darah, namun ginjal hanya mampu melepaskan asam urat ke dalam urin dengan jumlah yang sedikit dan sisanya mengendap di berbagai persendian.

Lalu, bagaimana dengan rematik?

Rematik (Rheumatoid Arthritis) merupakan penyakit radang yang menyerang persendian hingga mengakibatkan terjadinya rasa nyeri, kaku,dan bengkak pada sendi. Biasanya, bagian tubuh yang sering terkena rematik yaitu pergelangan tangan, tangan, kaki, lutut hingga menjalar kebagian pinggul dan dapat menyebabkan penderita akan mengalami kesulitan berjalan, berlutut, membungkuk, dan bahkan berdiri. Penyakit rematik biasanya menyerang seseorang yang lanjut usia, namun hal ini tidak boleh disepelekan karena dapat juga menyerang anak muda dikalangan usia. Rematik yang terjadi pada anak muda (dibawah lansia) biasanya disebabkan karena pola makan dan pola hidup yang tidak sehat, seperti memiliki kebiasaan berikut ini:

  • Mandi Malam;
  • Merokok;
  • Mengkonsumsi Alkohol;
  • Mengangkat Beban Berat;
  • Menambah Berat Badan;
  • Duduk Terlalu Lama;
  • Kebiasaan Menjentikkan Tangan dan Melipat Jari Tangan;
  • Berjalan Jauh dan Berdiri Terlalu Lama;
  • Bergadang (tidur larut malam atau jarang tidur);
  • Mematahkan Leher (biasanya kalau terlalu lelah sering melalukan mematahkan leher ke kiri dan ke kanan).

Bagaimana cara mengatasi penderita asam urat dan rematik?

Biasanya untuk mendeteksi asam urat sejak dini dapat dilakukan dengan cek asam urat dalam kandungan darah yang dilakuakan di laboratorium kesehatan terdekat. Namun, jika sudah mulai adanya tanda gejala asam urat dan rematik, Anda harus segera melakukan pengobatan ke dokter serta mengubah pola hidup dan pola makan untuk mencegah atau menghindari rasa sakit yang diakibatkan dari asam urat dan rematik tersebut. Seperti halnya rematik, penyakit asam urat juga tidak hanya diderita oleh orang lanjut usia melainkan dapat dialami dikalangan usia muda. Hal ini dikarenakan pola makan yang tidak sehat. Mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung purin secara berlebih akan menyebabkan seseorang menderit asam urat.

Berikut ini daftar minuman dan makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat dan rematik karena makanan penyebab asam urat, diantaranya yaitu:

  1. Jeroan

Jeroan terdiri dari hati, ampela, jantung, babat, usus, paru, otak, dan lain sebagainya banyak sekali digemari oleh sebagian besar orang karena sering menjadi bahan pelengkap suatu masakan, seperti tumis-tumisan, nasi goreng, sop, pepes, dan lain-lain biasanya menggunakan bahan pelengkap jeroan. Selain itu, jeroan juga dapat di masak langsung dan dijadikan bahan utama dalam suatu masakan, misalnya empal (makanan khas Cirebon) yang pastinya sudah Anda tahu bukan? Selain memiliki cita rasa yang enak dan gurih, jeroan itu mengandung lemak jenuh yang tinggi dan hal itu membahayakan tubuh jika dikonsumsi berlebihan, bahkan tidak diperbolehkan sama sekali bagi penderita asam urat dan rematik.

Selain itu, jeroan juga memiliki kandungan zat purin yang tinggi sehingga berbahaya bagi penderita asam urat dan rematik. Sebenarnya, jeroan sangat tidak baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh karena tidak hanya dapat menyebabkan asam urat dan rematik saja, melainkan dapat menyebabkan kolesterol dan obesitas, hingga beresiko  asam urat berpengaruh terhadap jantung. Sangat berbahaya bukan? Jika Anda ingin mengkonsumsinya lebih baik diperhatikan kadar jumlahnya agar tidak banyak atau lebih baik dihindari dan tidak dikonsumsi sama sekali untuk mencegah resiko berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Sponsors Link

  1. Makanan Laut (Seafood)

Makanan laut atau yang sering dikenal dengan seafood ini terdiri dari ikan laut, udang, remis, tiram, cumi-cumi, gurita, dan lain-lain. Makanan laut merupakan makanan yang paling banyak digemari oleh sebagian besar orang. Hal ini dikarenakan selain rasanya enak dan gurih, makanan laut juga diperkaya oleh omega 3 dan kandungan protein hewani yang baik bagi kesehatan tubuh, khususnya bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Namun tak heran jika makanan laut ini justru dapat menyebabkan efek buruk bagi yang mengkonsumsinya jika dalam batas tidak wajar atau berlebihan. Tidak sedikit juga sebagian dari beberapa orang diantaranya yang memiliki alergi terhadap makanan laut ini, karena memang hormon yang ada di dalam tubuhnya sangat sensitif dengan kandungan protein hewani yang dihasilkan dari makanan tersebut.

Lalu, mengapa makanan laut termasuk kedalam kategori makanan yang harus dihindari penderita asam urat dan rematik?

Jawabannya karena mengandung purin tinggi. Namun ingat, tidak semua jenis ikan atau makanan laut mengandung purin tinggi. Mengkonsumsi makanan laut diperbolehkan atau tidaknya bergantung dengan jenis ikan dan hewan laut lainnya. Adapun jenis makanan laut yang tidak diperbolehkan dalam jumlah banyak atau bahkan harus dihindari bagi penderita asam urat dan rematik karena mengandung purin yang tinggi, seperti di antara lain ikan kakap, ikan bandeng, ikan asin, kerang, ikan teri, sarden, tuna, ikan makarel, udang, kepiting, dan lain-lain.

  1. Daging

Daging juga merupakan makanan yang mengandung protein hewani, namun tidak semua daging baik untuk dikonsumsi apalagi dalam jumlah berlebih, misalnya daging kambing yang mengandung zat purin dan lemak yang tinggi sehingga berbahaya bagi penderita rematik, asam urat, kolesterol dan hipertensi, bahkan beresiko penyakit jantung. Selain itu, daging yang memiliki zat purin tinggi dan harus dihindari oleh penderita asam urat dan rematik, yaitu daging bebek, burung, domba, sapi, angsa, kalkun, kuda, dan ayam. Namun untuk daging ayam, masih dapat dikonsumsi tetapi dalam jumlah yang sedikit.

  1. Ragi

Makanan yang mengandung ragi merupakan makanan hasil fermentasi dan hal itu sangat tidak diperbolehkan bagi penderita asam urat dan rematik. Makanan yang mengandung ragi pastinya memiliki kandungan alkohol, walaupun dalam kadar yang sedikit. Alkohol yang terdapat dalam ragi itulah yang mengandung purin sehingga tidak diperbolehkan.

ads
  1. Makanan dan Minuman Kaleng 

Sudah jelas bahwa makanan kaleng merupakan bagian dari daging-dagingan dan ikan-ikanan sehingga walaupun diolah dalam keadaan apapun daging dan ikan tertentu yang mengandung purin tetap tidak diperbolehkan bagi penderita asam urat dan rematik. Terlebih makanan dan minuman kaleng mengandung pengawet dan pemanis buatan (biasanya pada minuman) yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Contohnya sarden, kornet, air minum kalengan yang mengandung pemanis buatan, dan sebagainya.

  1. Buah-buahan Tertentu 

Buah-buahan tersebut mengandung zat purin yang tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lainnya, sehingga menjadikan pantangan bagi penderita asam urat dan rematik. Contohnya durian, alpukat, kelapa muda, melinjo, dan sebagainya.

  1. Tomat (khusus bagi penderita rematik)

Tomat merupakan buah dan sayur yang mengandung vitamin A dan memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Namun tomat akan menjadi makanan yang pantang untuk dikonsumsi bagi penderita asam urat dan rematik karena memiliki kandungan zat purin yang tinggi.

  1. Kafein (khusus bagi penderita rematik)

Sudah tidak diragukan lagi bahwa kandungan kafein yang berbahaya bagi kesehatan tubuh terdapat di dalam warna hitam pada kopi. Tetapi teh juga memiliki kandungan kafein, hanya tidak setinggi kafein pada kopi hitam. Kafein tidak hanya menjadi pantangan bagi penderita asam urat dan rematik saja, melainkan berbahaya bagi kesehatan jantung Anda.

  1. Kacang-kacangan dan Olahannya

Kacang-kacangan seperti, kacang panjang, kacang tanah, kacang merah, dan sebagainya tidak boleh dikonsumsi bagi penderita asam urat dan rematik karena mengandung zat purin, sehingga apabila dikonsumsi maka penyakitnya atau rasa nyeri pada sendi akan kambuh.

  1. Santan (khusus bagi penderita rematik)

Santan yang biasa menjadi bahan pelengkap dan bumbu makanan sebagai penambah rasa gurih mengandung kadar purin dan kolesterol yang tinggi sehingga bahaya bagi kesehatan tubuh.

  1. Makanan dan Minuman Beralkohol

Alkohol dalam dosis besar akan mengakibatkan kemabukan bagi seseorang sehingga sangat dilarang untuk dikonsumsi. Selain itu, alkohol juga mengakibatkan kecanduan dan terkandung zat senyawa yang berbahaya bagi tubuh sehingga tidak dianjurkan dikonsumsi bagi semua penderita penyakit apapun.

  1. Minuman Bersoda (khusus penderita asam urat)

Sama halnya dengan alkohol bahwa soda tidak diperbolehkan dikonsumsi bagi penderita asam urat dan rematik karena mengandung zat purin tinggi. Selain itu soda merupakan jenis minuman yang memiliki zat asam yang tinggi sehingga tidak baik untuk kesehatan tubuh.

  1. Sayuran

Sayuran merupakan makanan yang sehat bagi tubuh, tapi siapa sangka akan membahayakan bagi penderita asam urat dan rematik dan termasuk ke dalam kategori makanan yang harus dihindari penderita asam urat dan rematik ? Hal ini dikarenakan beberapa jenis sayuran tertentu mengandung zat purin tinggi, seperti bayam, jamur, kol, kangkung, sawi dan sebagainya.

Berikut daftar nama makanan yang harus dihindari penderita asam urat dan rematik. Semoga bermanfaat untuk Anda. Terimakasih.