Sponsors Link

7 Manfaat Binahong untuk Asam Urat dan Cara Mengolahnya

Sponsors Link

Asam urat ialah substansi yang dihasilkan oleh tubuh, asam urat terbentuk dari hasil metabolisme akhir basa purin yang terdapat pada DNA dan RNA manusia. Purin sendiri, selain berada dalam tubuh kita, juga didapati dari konsumsi makanan seperti jeroan, melinjo, bayam, hati, usus, ginjal, minuman beralkohol. Asam urat memiliki kadar normal yaitu 2,4-6 mg/dL untuk wanita dan 3,4-7 mg/dL untuk pria. Kadar asam urat dipengaruhi oleh produksi asam urat dan pembuangan asam urat oleh ginjal.

ads

Baca:

Selain obat-obatan untuk menangani penyakit yang berhubungan dengan asam urat, beberapa tanaman obat dipercaya mampu menangani penyakit tersebut, salah satunya ialah binahong. Berikut ini ialah informasi mengenai binahong.

Kandungan Binahong

Binahong (Anredera cordifolia) merupakan tanaman yang tumbuh di dataran rendah maupun tinggi. Binahong sendiri dipercaya berasal dari Korea. Binahong memiliki daun berbentuk seperti jantung dengan warna hijau terang dengan panjang daun 4-13 cm. Binahong tumbuh dengan menjalar dan bisa mencapai tinggi 5 meter.

Berikut ialah beberapa kandungan yang dimiliki oleh binahong:

  • Flavonoid: sebagai anti radang, anti nyeri, dan antioksidan.
  • Asam Oleanolik: Sebagai antioksidan, anti radang
  • Vitamin C: berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh, antioksidan.
  • Saponin: Berfungsi menurunkan kadar kolesterol
  • Alkaloid: Bersifat basa
  • Minyak Atsiri: Berfungsi sebagai anti nyeri

Baca juga: Pantangan Makanan bagi Penderita Asam Urat.

Manfaat Binahong untuk Mengobati Asam Urat

Berikut ini ialah beberapa manfaat binahong untuk asam urat:

1. Mengurangi Asam urat

Kandungan Vitamin C yang dimiliki oleh binahong mampu mengurangi kadar asam urat secara signifikan. Beberapa pakar merekomendasikan Vitamin C sebagai pengobatan gout terutama yang sudah memasuki fase kronis atau serangan berulang kurang dari 1 tahun.

2. Menghancurkan Kristal Asam Urat

Salah satu manfaat binahong untuk asam urat ialah dengan cara menghancurkan kristal asam urat. Kristal asam urat sendiri umumnya merupakan manifestasi tersering dari penyakit asam urat yang sering terbentuk di sendi yang menyebabkan penyakit arthritis gout. Selain itu kristal asam urat juga bisa terbentuk di ginjal.

Binahong sendiri mampu menghancurkan tumpukan kristal asam urat sehingga bisa mengurangi serangan atau menghilangkan dari serangan gout. Melarutkan asam urat kemungkinan besar disebabkan oleh kandungan alkaloid dari binahong yang merupakan basa. Basa sendiri akan menetralkan asam dalam hal ini ialah asam urat

3. Meningkatkan Pembuangan Asam Urat pada Tubuh

Binahong memiliki manfaat untuk meningkatkan pembuangan asam urat pada tubuh. Hal ini dipercaya melalui fungsi binahong lainnya yaitu memperbaiki fungsi ginjal akibat asam urat melalui kadar anti oksidan yang dimiliki oleh binahong. Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa ginjal merupakan organ penting untuk meregulasi kadar asam urat dengan cara membuang asam urat melalui urin, oleh karena itu fungsi ginjal yang membaik akan membuat ekskresi asam urat akan membaik yang akan mengurangi kadar asam urat di dalam tubuh. Kandungan antioksidan dari vitamin C, flavonoid dan asam oleanolik berperan besar dalam memperbaiki fungsi ginjal.

4. Mengurangi Kolesterol

Kolesterol berlebihan akan menghasilkan produk sampingan berupa purin yang merupakan bahan dasar pembentukan asam urat, oleh karena itu mengurangi kadar kolesterol akan secara tidak langsung mengurangi kadar asam urat pada tubuh. Binahong memiliki manfaat untuk mengurangi kadar kolesterol, melalui kandungan saponin, dalam tubuh yang secara tidak langsung juga akan mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

Sponsors Link

Baca juga: Jus untuk Asam Urat Tinggi.

5. Sebagai Anti Nyeri

Salah satu manifestasi yang sering terjadi ketika serangan gout ialah nyeri pada sendi yang terjadi penumpukan asam urat. Binahong memiliki kandungan yang bermanfaat sebagai anti nyeri sehingga bisa digunakan untuk mengurangi nyeri ketika serangan. Kandungan pada binahong yang berfungsi sebagai anti nyeri ialah minyak atsiri.

6. Sebagai Anti Radang

Gout arthritis pada dasarnya merupakan peradangan yang terjadi pada sendi oleh karena kristal asam urat. Kandungan anti radang atau anti inflamasi pada binahong membuat binahong bisa digunakan ketika radang terjadi, caranya bisa langsung dioleskan binahong yang telah ditumbuk pada sendi yang mengalami bengkak dan kemerahan Anti radang sendiri didapati dari kandungan binahong berupa flavonoid dan asam oleanolik.

7. Sebagai Antioksidan

Antioksidan selain meningkatkan fungsi ginjal juga mampu meningkatkan fungsi dari jaringan yang rusak terutama pada serangan gout. Anti oksidan pada binahong juga mampu mencegah serangan gout selanjutnya.

Baca juga: Perbedaan Asam Urat dan Rematik.

Cara Mengolah Binahong

binahongDari kandungan yang dimilikinya, binahong memiliki banyak manfaat untuk menangani asam urat. Binahong bisa dimakan langsung, prinsipnya sama seperti lalapan lainnya. Cara seperti ini merupakan cara yang paling mudah dan sederhana. Cara ini bisa digunakan sebagai pencegahan sebelum kadar asam urat naik atau sebelum serangan gout terjadi.

Kadar binahong merupakan tumbuhan yang menjalar, sebaiknya dibersihkan sebersih mungkin dengan air mengalir. Selain dimakan langsung, berikut ini merupakan cara lain yang bisa digunakan untuk mendapatkan manfaat binahong untuk asam urat:

Cara pertama

Bahan:

  • 20 Lembar daun binahong muda
  • Air matang 8 gelas

Cara membuat:

  • Membersihkan daun binahong sampai bersih lalu remas sampai daun binahong mengeluarkan lendir.
  • Lalu rebus daun binahong dengan air sebanyak 8 gelas dengan nyala api sebaiknya sedang.
  • Rebus sampai mendidih dan sebisa mungkin airnya menjadi 3 gelas.
  • Angkat dan biarkan sampai dingin.
  • Lalu saring ramuan daun binahong dan ramuan siap diminum.
Sponsors Link

Cara Kedua

Bahan:

  • 15 gram daun binahong
  • Madu secukupnya
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  • Bersihkan daun binahong sampai bersih.
  • Panaskan air dan madu secukupnya.
  • Masukkan daun binahong secukupnya dan biarkan mendidih.
  • Setelah itu saring ramuan dan biarkan dingin.

Cara Ketiga

Bahan:

  • 15 gram daun binahong
  • Oven

Cara membuat:

  • Bersihkan daun binahong sampai bersih.
  • Jemur daun sampai kering, umumnya seharian sudah cukup.
  • Setelah kering, potong daun dan bubukan.
  • Setelah itu gunakan oven untuk mengeringkan serbuk daun binahong.
  • Gunakan suhu 50 derajat celcius, biarkan hingga kering dan tersisa sekitar 10% kandungan air dalam serbuknya.
  • Masukkan ke kantong teh celup.
  • Seduh seperti membuat teh.

Manfaat dan cara pengolahan binahong bisa berbeda-beda. Oleh karena itu disesuaikan dengan selera. Oleh karena daun binahong merupakan pengobatan tradisional dan pembuatan secara manual kadar yang dibuat bisa berbeda, sebaiknya penggunaan daun binahong untuk mencegah sebelum kadar asam urat naik, ketika sesudah terjadi serangan dan penyakit sudah kronis, konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Selain Binahong, terdapat beberapa obat herbal untuk asam urat lainnya yang bisa dibaca pada artikel dibawah ini:

, , ,