Sponsors Link

20 Manfaat Buah Pare Untuk Asam Urat dan Kesehatan

Sponsors Link

Pare adalah salah satu jenis sayuran yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Namun rasanya yang sangat pahir membuat banyak orang tidak menyukai pare. Rasa pahit ini sudah sangat melekat pada sayur pare, apalagi jika pare disajikan dengan cara direbus saja maka rasa pahit akan sangat terasa. Tanaman pada buah pare biasanya akan tumbuh dengan cara merambat dan menjalar, pare juga sangat mudah tumbuh dan tidak membutuhkan penanganan khusus untuk merawatnya. Artikel ini akan memberikan informasi mengenai kandungan manfaat buah pare untuk asam urat dan kesehatan.

ads

Kandungan Buah Pare

Berikut adalah daftar kandungan buah pare beserta penjelasannya:

1. Phyto Nutrien

Pare memiliki kandungan phuyto terutama polipeptida-P yaitu jenis insulin tanaman yang dikenal bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu agen hipoglikemik yang dikenal dengan nama charantin dapat meningkatkan penyerapan glukosa dan juga glikogen sintesis yang ada dalam sel-sel hati, otot serta jaringan adiposa.

2. Folat

Kandungan selanjutnya adalah folat, terdapat sekitar 72 mg / 100 g folat yang terkandung dalam pare. Jika seorang ibu mengkonsumsi pare saat masa kehamilan maka akan membantu untuk mengurangi adanya cacat tabung saraf pada bayi yang baru dilahirkan.

3. Vitamin C

Pare juga merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi. Vitamin C sangat berguna untuk antioksidan alami dalam tubuh sehingga bisa menghindari adanya radikal bebas yang bisa merusak tubuh.

4. Flavanoid

Flavanoid merupakan senyawa yang sangat baik untuk kesehatna. Manfaat kandungan ini seperti ß-karoten, α-karoten, lutein, dan juga zeaxanthin. Selain itu juga berisi vitamin A. Senyawa ini akan membantu untuk melindungi tubuh terhadap radikal oksigen bebas dan spesies oksigen reaktif (ROS) yang yang bisa membuat penuaan, tumbuh sel kanker dan berbagai macam penyakit.

5. Vitamin B Kompleks

Pare juga adalah sumber vitamin B kompleks yang cukup tinggi seperti pantotenat (vitamin B-5), niasin (vitamin B-3), asam piridoksin (vitamin B-6) dan juga mineral seperti magnesium, zat besi, kalium, seng, mangan dan.

6. Serat

Pare juga memiliki kandungan serat yang dapat merangsang pencernaan sehingga tidak mengalami gangguan seperti sembelit.

Manfaat Pare Untuk Asam Urat

Berikut adalah manfaat pada buah pare untuk penyakit asam urat:

1. Mencegah terjadi hiperglikemik

Penelitian telah membuktikan bahwa buah dan daun pare dinilai mampu menurunkan kadar gula darah yang ada dalam tubuh. Mengkonsumsi nya bisa dengan cara mengambil ekstrak pare kemudian meminumnya secara rutin. Kadar gula rendah tinggi sangat berhubungan dengan penyakit asam urat sehingga, dengan mengurangi kadar gula darah resiko terkena asam urat pun akan semakin kecil, sehingga pare bisa menjadi salah satu pertolongan pertama pada asam urat.

2. Membantu menurunkan berat badan

Pare juga bisa meningkatkan produksi hormon insulin yang biasa digunakan untuk mencerna glukosa yang ada dalam tubuh. Semakin banyak insulin maka kadar gula darah yang disimpan dalam tubuh akan semakin banyak. Sehingga berat badan akan turun. Ini juga sangat berhubungan dengan asam urat, sebab kebanyakan orang yang memiliki berat badan terlalu berlebihan biasanya akan mudah terserang asam urat.

3. Mencegah adanya pembengkakan

Pare mempunyai kandungan tinggi pada vitamin C, terdapat sekitar 33 mg atau 40% AKG. Vitamin C yang ada dalam pare akan bertindak sebagai anti inflamasi, sehingga bisa digunakan untuk meredakan adanya pembengkakan karena penyakit asam urat tinggi.

Sponsors Link

4. Menghambat pembentukan asam urat

Pare memiliki kandungan flavonoid yaitu senyawa yang berpotensi dengan baik untuk menghambat kerja enzim xantin oksida dan juga superoksida. Sehingga dengan adanya senyawa ini akan menghambat dan juga mengurangi asam urat yang ada dalam tubuh.

5. Mecegah adanya peradangan

Pare juga bisa menyebabkan adanya peradangan karena asam urat. Peradangan adalah penyebab asam urat yang merupakan efek dari penumpukan asam urat yang sudah terlalu tinggi dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi pare secara rutin maka akan mengurangi kelebihan asam urat secara bertahap.

6. Meningkatkan fungsi ginjal untuk mengeluarkan asam urat berlebih

Pare juga dinilai mampu meningkatkan fungsi ginjal untuk mengeluarkan kadar asam urat yang berlebihan dalam tubuh. Ini dikarenakan kandungan serat yang dalam pare. Kandungan serat yang masuk dalam tubuh dapat meningkatkan fungsi ginjal dengan baik sehingga akan dengan mudah menyerap kada asam urat berlebih kemudian mengeluarkannya lewat urin.

7. Menurunkan kadar asam urat

Pare juga dinilai sangat baik menurunkan kadar asam urat yang ada dalam tubuh. Kandungan folat dalam pare sangat bermanfaat untuk membantu penurunan asam urat secara bertahap dan secara alami. Anda tidak akan mendapatkan efek samping saat mengkonsumsi pare untuk menurunkan asam urat.

8. Mengurangi rasa nyeri

Pare juga bisa membantu untuk mengurangi rasa nyeri karena kadar asam urat yang diturunkan dengan bertahap. Rasa nyeri perlahan-lahan akan menghilang dengan sendirinya jika Anda mengkonsumsi pare secara rutin.

9. Membantu ekresi asam urat

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa pare memiliki kandungan vitamin C. Kandungan ini bisa membantu proses ekresi asam urat dalam urin sehingga menghindari adanya gangguan dan bisa mengeluarkan asam urat dengan lancar.

10. Menurunkan gejala secara bertahap

9 manfaat diatas tentu saja sangat berpengaruh pada penurunan gejala asam urat dengan bertahap. Memang tidak akan dirasakan langsung khasiat nya, namun seiring berjalannya waktu Anda akan merasakan bahwa gejala dalam tubuh sedikit demi sedikit sudah berkurang dengan alami.

Sponsors Link

Cara Pengolahan Pare Untuk Pengobatan Asam Urat

Untuk mengkonsumsi buah pare menjadi obat untuk asam urat Anda bisa mengolahnya dengan pilihan cara berikut:

  • Rebusan air buah pare

Untuk mengkonsumsi buah pare sebagai obat penurun asam urat sangatlah sederhana Anda tinggal menyiapkan 1 buah pare yang masih mentah, kemudian buah bijinya lalu dicuci sampai bersih dengan air yang mengalir. Selanjutnya Anda bisa memotong buah pare dengan tipis, rebus potongan buah pare dengan 2 gelas air hingan matang dan tinggal menyisakan air 1 gelas saja. Selesai, Anda bisa meminum rebusan pare 1 kali dalam sehari.

  • Masakan dari buah pare

Jika Anda tidak menyukai rebusan buah pare, Anda bisa coba membuat masakan dengan bahan buah pare sebagai sayur nya. Cobalah membuat tumis pare kemudian konsumsi untuk makan siang atau makan malam dengan rutin.

  • Buah pare kukus

Buah pare kukus adalah buah yang hanya diolah dengan cara di kukus saja. Anda bisa menyiapkan beberapa buah pare, cuci hingga bersih kemudian di kukus. Anda bisa langsung mengkonsumsi buahnya jika sudah matang.

Manfaat Pare Untuk Kesehatan

Selain untuk asam urat, pare juga sangat bermanfaat untuk kesehatan lainnya, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan:

1.Mengatasi penyakit diabetes

Bagi penderita diabetes kemungkinan sudah sangat tidak asing lagi dengan buah pare. Karena kebanyakan mereka mengkonsumsi buah pare yang memiliki rasa pahit untuk mengatasi diabetes. Senyawa dalam buah pare diyakini bisa menjadi obat untuk penderita diabetes. Sifat hipoglikemik yang ada dalam pare juga sangat baik untuk mengatasi diabetes mellitus.

2. Menambah nafsu makan

Meskipun rasa pare sangatlah pahit, namun nyatanya pare bisa membantu untuk meningkatkan nafsu makan. Kandungan yang ada dalam buah pare dinilai dapat meningkatkan fungsi pada pencernaan. Sehingga saat Anda makan tidak akan mendapatkan gangguan sama sekali.

ads

3. Mencegah adanya perkembangan AIDS

AID adalah penyakit yang sangat ditakuti dan tidak diinginkan oleh semua orang. Efek dari penyakit ini akan membuat penderita sangat tersiksa bahkan sangat sulit untuk mendapatkan obatnya. Pare adalah salah satu makanan yang bisa menghambat penyebaran penyakit AID.

4. Mengangka pertumbuhan sel kangker

Sama halnya seperti AIDS, kangker juga adalah penyakit yang cukup mematikan dan bisa disebabkan karena berbagai macam faktor. Jika sudah memasuki stadium yang para maka kangker sangat sulit untuk disembuhkan, namun jika tingkat keparahan masih rendah kangker bisa diobati dengan beberapa pengobatan dan juga mengkonsumsi makanan, salah satunya seperti pare.

5. Membersihkan darah

Membersihkan darah dalam tubuh adalah hal yang tidak mudah. Sebab ha tersebut akan dipengaruhi oleh konsumsi asupan makanan ke dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi pare, maka pembersihan darah dalam tubuh akan dibantu. Rasa pahit pare bisa mengurangi kandungan gula yang ada dalam darah sehingga bisa membersihkan nya dengan baik.

6. Mengatasi terkena sembelit dan juga sakit usus

Makanan yang sangat sulit dicerna tentu saja akan melukai usus dan juga mengakibatkan perut menjadi sembelit. Kandungan serat yang ada dalam buah pare ternyata bisa membantu sistem pencernaan dalam tubuh untuk bisa bekerja dengan baik dan meringankan kerja usus saat akan mencerna makanan yang masuk.

7. Mengatasi adanya disentri

disentri adalah penyakit yang juga sangat dihindari oleh banyak orang. Penyebab disentri adalah asupan makanan yang sembarangan dan juga sangat kotor. Disentri bisa menyebabkan penurunan kadar air yang ada dalam tubuh sehingga menyebabkan terjadinya dehidrasi. Dengan mengkonsumsi pare Anda bisa mengatasi resiko terkena disentri.  Konsumsi lah rebusan air pare dengan rutin untuk mengatasinya.

8. Mengobati penyakit malaria

Malaria adalah salah satu penyakit yang bisa mengakibatkan penderita mengalami kematian. Malaria mempunyai satu tingkat lebih tinggi dari penyakit demam berdarah. Malaria bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah pare.

9. Mengatasi wasir

Wasir adalah penyakit yang sangat umum terjadi karena mengkonsumsi makanan yang salah atau memang faktor keturunan. Wasir akan sangat mengganggu apalagi saat penyakitnya kambuh. Beberapa orang biasanya akan menggunakan pare untuk mengatasi penyakit wasir agar tidak semakin membengkak.

10. Mencegah penuaan dini

Pare juga sangat bermanfaat untuk mengatasi adanya penuaan dini. Kandungan vitamin C dalam pare dan juga kandungan anti oksidan nya mampu memberikan nutrisi pada kulit sehingga akan menghindari penuaan dan juga kerutan.

Itulah pembahasan mengenai kandungan manfaat buah pare untuk asam urat dan kesehatan yang perlu Anda ketahui agar bisa menjadikan buah pare sebagai obat herbal untuk asam urat dan kesehatan.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal