Sponsors Link

15 Manfaat Cuka Apel Untuk Asam Urat dan Kesehatan

Sponsors Link

Cuka apel adalah satu produk yang berasal dari pengembangan buah apel. Saat sedang masa panen, hasil dari buah apel menjadi sangat melimpah sehingga mulai dibuat cuka apel agar manfaatnya bisa bekerja lebih optimal. Pada umumnya manfaat cuka adalah untuk menambahkan rasa pada makanan. Namun karena bahan dasar cuka apel adalah apel makan cuka ini bisa bermanfaat untuk berbagai macam penyakit. Ada 2 jenis produk cuka apel yaitu yang di fermentasi dari sari apel dan juga yang terbuat dari sari apel dengan mengandung alkohol sebanyak 5.85%. Berikut adalah pembahasan mengenai 15 manfaat cuka apel untuk asam urat dan kesehatan.

ads

Kandungan Cuka Apel

Sebelum membahas pada manfaatnya, sebaiknya Anda mengetahui kandungan yang ada pada cuka apel agar bisa mengembangkan manfaat dari kandungannya.

1. Asam Glukoronat

Zat ini berfungsi untuk mengikat toksin sehingga lemak dalam tubuh mudah larut dalam air dan juga sangat mudah untuk keluarkan melalui saluran urin.

2. Asam Astetat

Zat ini berfungsi untuk mengikat toksin dan bisa menjadi ester yang sangat mudah larut dalam air sehingga akan sangat mudah keluar dari tubuh.

3. Asam Laktat

Zat ini bermanfaat untuk meningkatkan kandungan asam laknat yang ada dalam tubuh dengan sangat efektif, sehingga bisa mencegah terjadinya sel kangker.

4. Asam Maltat

Bermanfaat untuk melakukan pembersihan pada sel dan juga menstimulus sistem pencernaan dalam tubuh.

5.  Magnesium

Membantu untuk melekat kan kalsium dan juga fosfor yang ada pada tulang, serta untuk meningkatkan keadaan jantung agar tetap normal dan menjaga saraf serta otot.

6. Kalium

Bisa menguatkan sistem metabolisme dalam tubuh dan juga mempercepat proses antioksidan yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk membuang dan melepaskan lemak dalam tubuh. Selain itu juga bisa membantu membersihkan kristal asam urat dalam tubuh.

7. Kalsium

Salah satu mineral yang dianggap sangat penting, karena bermanfaat untuk segala proses yang terjadi dalam tubuh. Baik proses pembuahan, pertumbuhan janin dan yang lainnya.

8. fosfor

Merupakan garam organik yang bermanfaat untuk melancarkan sistem metabolisme dalam tubuh, sehingga akan membuat tubuh dalam keadaan sehat.

9. vitamin A

Bermanfaat untuk membersihkan adanya radikal bebas dalam tubuh yang bisa menyebabkan kerusakan pada sel yang ada pada tubuh.

10. Vitamin B1

Mampu memelihara sifat permeabilitas dari dinding pembuluh darah sehingga bisa melakukan pencegahan pada penumpukan jaringan pada tubuh.

11. Vitamin B2

Vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh karena akan membantu proses asam amino, lemak dan juga karbohidrat sehingga bisa menghasilkan energi ATP.

12. Asam Folat

Bisa membantu memproduksi sel darah dalam tubuh dan juga menyembuhkan luka serta membantu proses pembelahan sel.

Sponsors Link

13. Vitamin C

Mampu membentuk substansi antara sel dan juga jaringan. Selain itu juga vitamin C sangat berferan menjadi antioksidan dalam tubuh untuk pencegahan radikal bebas.

14. asam Amino

Bisa membantu untuk membangun sel jaringan pada tubuh dan juga menurunkan kadar kolesterol yang ada dalam tubuh.

15. Fitokimia

Kandungan fitokimia yang ada dalam cuka apel akan bermanfaat sebagai antioksidan yang akan melawan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

Manfaat Cuka Apel Untuk Asam Urat

Setelah mengetahui kandungan yang ada pada cuka apel, selanjutnya Anda bisa mengetahui manfaat cuka apel untuk asam urat.

1. Megurangi berat badan yang menyebabkan asam urat

Salah satu faktor yang bisa menyebabkan terjadinya asam urat adalah kenaikan berat badan pada tubuh. Sehingga Anda sangat dianjurkan untuk melakukan diet, baik diet rendah purin atau diet rendah lemak, keduanya sangatlah dibutuhkan. Konsumsi cuka apel dengan rutin akan membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Karena sebelumnya sudah dijelaskan bahwa kandungan yang ada dalam cuka apel mampu melarut kan lemak dalam tubuh. Lemak yang terlalu menumpuk dalam tubuh akan menjadi penghalang zat purin untuk diolah dan dikeluarkan melalui urin.

2. Membersihkan kristal asam urat

Kristal asam urat merupakan hasil dari pembentukan purin yang berasal dari asupan luar tubuh. Purin merupakan zat utama yang akan memicu terjadinya asam urat dalam tubuh. Purin dari luar tubuh biasanya berasal dari makanan dan minuman penyebab asam urat. Beberapa makanan yang akan menyebabkan asam urat seperti jeroan, daging merah, seafood dan banyak lagi. Sedangkan minuman yang biasanya mengandung purin dan memicu terjadinya asam urat dalam tubuh adalah alkohol dan soda. Dengan mengkonsumsi cuka apel, maka akan membantu purin dalam tubuh yang terlalu berlebihan dilarutkan dalam air dan dikeluarkan lewat urin. Jika dikonsumsi dengan rutin maka akan membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh secara bertahap.

3. Menguatkan tulang

Cuka apel juga memiliki kandungan kalsium yang bermanfaat untuk kesehatan tulang. Penyakit asam urat sangat berhubungan dengan kesehatan tulang karena kristal asam urat yang terlalu menumpuk akan masuk pada sela persendian dan menyebabkan adanya kerusakan pada tulang sekitar persendian. Dengan konsumsi cuka apel, Anda bisa mencegah terjadinya kerusakan pada tulang.

Sponsors Link

4. Mencegah terjadinya penumpukan purin

Penumpukan purin dalam tubuh adalah pemicu munculnya tanda-tanda asam urat seperti nyeri pada persendian, kesemutan, bahkan bisa sampai mengalami bengkak pada sendi. Kandungan kalium dalam cuka apel dinilai mampu untuk mencegah adanya penumpukan purin dalam tubuh secara berlebihan. Sehingga akan mencegah kemunculan penyakit asam urat secara berulang.

Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan

Selanjutnya adalah manfaat cuka apel untuk kesehatan lainnya yang bisa Anda dapatkan sebagai berikut:

5. Mengatasi tekanan darah tinggi

Mengkonsumsi cuka apel secara rutin oleh penderita hipertensi maka akan menstabilkan tekanan darah dan juga melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Khasiat ini tidaklah berubah meskipun buah apel sudah difermentasi menjadi produk cuka.

6. Mengatasi rematik

Masalah persendian seperti terkena rematik merupakan kondisi yang disebabkan oleh adanya endapan dari zat asam yang akan mengganggu kekuatan tulang. Kandungan magnesium yang ada dalam cuka apel akan membantu untuk merekat kan kalsium dan juga fosfor pada tulang dalam tubuh.

7. Membuang racun yang ada dalam tubuh

Manfaat lain dari cuka apel untuk kesehatan adalah untuk membuang racun yang ada dalam tubuh. Kandungan yang ada dalam cuka apel dinilai sangat mampu membuang racun tersebut yang bisa mengakibatkan kemunculan penyakit dalam tubuh.

8. Mengatasi kenaikan gula darah

Cuka apel juga sangat berperan penting untuk menurunkan kadar gula yang ada dalam darah sehingga mencegah terjadinya diabetes secara berkelanjutan.

ads

9. Pencegahan pada sel kangker

Memang belum terdapat penelitian lebih jauh yang bisa membuktikan bahwa cuka apel akan membantu mencegah sel kangker. Namun jika melihat pada kandungannya, cuka apel dinilai mampu mencegah terjadinya pertumbuhan sel kangker.

10. Menyehatkan keadaan jantung

Manfaat selanjutnya cuka apel untuk kesehatan adalah bisa menurunkan kadar kolesterol yang bisa mengakibatkan penyakit jantung. Kandungan dalam cuka apel mampu membersihkan kolesterol jahat dan menggantikannya dengan kolesterol baik.

11. Menjaga pencenaan

Sistem pencernaan adalah organ paling sensitif, jika ada gangguan kemungkinan besar juga akan menganggu pada kesehatan. Dengan mengkonsumsi cuka apel bersama dengan madu, dinilai mampu menjaga kesehatan pada sistem pencernaan.

12. Membersihkan rambut

Selain untuk kesehatan rambut, cuka apel juga bisa membantu untuk menyehatkan rambut. Sifat residu yang ada dalam cuka apel mampu menghilangkan kotoran yang ada pada rambut. Anda bisa menggunakan cuka rambut sebagai pembilas rambut saat akan keramas sehingga kotoran pada kepala bisa mengelupas dengan bersih.

13. Toner untuk kulit

Selain untuk rambut, cuka apel juga sangat bermanfaat untuk bisa mengatasi adanya peradangan pada kulit akibat jerawat. Anda bisa menggunakan cuka apel pada daerah kulit yang mengalami jerawat, kemudian Anda bisa mengusap nya menggunakan kain yang lembut seperti sedang menggunakan toner untuk membersihkan wajah.

14. Menghilangkan noda pada gigi

Zat asam yang ada dalam cuka apel dinilai sangat efektif untuk membersihkan adanya noda pada gigi. Anda bisa menggunakan cuka apel untuk berkumur dan membersihkan noda pada sela gigi.

15. Bisa menekan kolesterol

Cuka apel juga dinilai sangat mampu meningkatkan profil lipid pada darah dengan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh kemudian menggantinya dengan kolesterol baik. Jika Anda ingin konsumsi cuka apel untuk mengatasi kolesterol sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.

Efek Samping Terlalu Banyak Konsumsi Cuka Apel

Selain memiliki manfaat, terlalu banyak konsumsi cuka apel juga akan memberikan beberapa efek samping sebagai berikut:

  • Menunda pengosongan pada lambung

Terlalu berlebihan konsumsi cuka apel akan meningkatkan gejala gastroparesis yang artinya otot dinding lambung akan bekerja dengan buruk bahkan tidak bekerja sama sekali. Kondisi ini pada umum nya bisa terjadi pada penderita diabetes tipe 1.

  • Nafsu makan semakin berkurang

Asam asteta dalam cuka apel dinilai mampu menurunkan nafsu makan karena bisa memberikan efek rasa kenyang. Sehingga mengakibatkan adanya penurunan kalori secara alami. Namun kondisi ini tentunya akan semakin memburuk jika terus terjadi pada tubuh Anda.

  • Luka bakar pada tenggorokan

Sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa adanya cairan asam astetat yang terdapat dalam cuka apel bisa menyebabkan rasa terbakar pada tenggorokan. Kondisi ini akan terjadi jika dikonsumsi secara berlebihan sehingga Anda benar-benar harus membatasi asupan nya.

  •  Interaksi obat yang buruk

Saat Anda sedang mengkonsumsi obat tertentu seperti obat untuk diabetes dan lainnya sebaiknya Anda mengkonsultasikan terlebih dahulu saat akan mengkonsumsi cuka apel. Karena bisa jadi konsumsi cuka apel malah akan semakin memperburuk kondisi kesehatan Anda.

Itulah pembahasan mengenai 15 manfaat cuka apel untuk asam urat dan kesehatan yang bisa dijadikan salah satu referensi obat herbal untuk asam urat.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal