Sponsors Link

Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Asam Urat dan Cara Pengolahannya

Sponsors Link

Jambu biji  adalah buah yang cukup banyak disukai oleh banyak orang. Biasanya buah jambu biji dimanfaatkan untuk mengatasi masalah pada kesehatan. Namun tahukah Anda? Ternyata tidak hanya pada daun nya saja. Daun jambu biji juga memiliki manfaat yang sama untuk kesehatan. Lalu bagaimana untuk mereka yang memiliki penyakit asam urat, apakah aman mengkonsumsi daun jambu biji? Untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut ulasan mengenai manfaat daun jambu biji untuk asam urat dan cara pengolahannya.

ads

Kandungan Daun Jambu Biji

Sebelum membahas mengenai manfaat alangkah lebih baik Anda mengetahui kandungan yang ada dalam jambu biji. Berikut adalah beberapa kandungan yang ada di dalam daun jambu biji:

  1. Steroid
  2. Polifenol
  3. Anti-oksidan
  4. Minyak atsiri
  5. Kuinon
  6. Saponin
  7. Flavanoid
  8. Tannin
  9. Senyawa anti-mutagenic
  10. Alkaloid
  11. Karoten

Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Asam Urat

Dari daftar kandungan diatas, sudah bisa diketahui bahwa jambu biji bisa menjadi obat herbal untuk asam urat jika dikonsumsi oleh penderita asam urat. Beberapa manfaat yang akan didapatkan antara lain:

  • Menguatkan persendian

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan karena mengkonsumsi daun jambu biji adalah bisa menguatkan sendi dan tulang. Penyebab asam urat adalah purin yang menumpuk dan berasal dari luar tubuh. Penumpukan ini jika kadarnya sudah melebihi batas normal maka purin akan disalurkan oleh dara pada persendian dan mengakibatkan adanya pada sendi dan juga tulang disekitar nya. Dengan mengkonsumsi daun jambu biji dan karena kandungan senyawa alami yang ada di dalamnya Anda bisa melindungi persendian dan mencegah adanya kerusakan pada tulang akibat asam urat.

  • Menurunkan kadar asam urat

Salah satu hal yang paling diinginkan oleh penderita asam urat tentu saja menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Dengan kadar asam urat yang turun mereka tidak akan lagi merasakan tanda-tanda asam urat atau gejala asam urat seperti nyeri pada persendian bahkan hingga mengalami pembengkakan. Khasiat yang ada di dalam jambu biji akan sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita asam urat. Kadar asam urat yang ada di dalam tubuh akan sangat bisa diturunkan dengan cara dikonsumsi secara rutin.

Cara Pengolahan Daun Jambu Biji Untuk Asam Urat

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengolah daun jambu biji menjadi obat asam urat:

  • Menumbuk

Cara yang pertama adalah dengan menumbuknya. Anda tinggal menyiapkan 6 lembar daun jambu biji yang masih dalam keadaan segar dengan 1 gelas air matang. Jika semua bahan sudah siap Anda bisa menumbuk daun tersebut sampai halus. Jika sudah halus, masukan pada 1 gelas air yang sudah matang. Kemudian diamkan beberapa saat, setelah itu peras air nya, atau pisahkan ampas nya. Anda bisa konsumsi air daun jambu biji 2 kali dalam sehari, pagi dan mala hari.

Sponsors Link

  • Merebus

Setelah menumbuk, Anda juga bisa merebus daun jambu biji. Bahan yang perlu Anda sediakan 3 lembar daun jambu biji yang masih segar dan 3 gelas air. Anda bisa merebus 3 lembar daun jambu biji menggunakan 3 gelas air yang sudah disiapkan. Tunggu hingga hanya tersisa 1 gelas saja. Setelah selesai, Anda bisa meminumnya. Konsumsi 2 kali dalam seari akan lebih baik.

  • Memakannya langsung

Jika Anda tidak ingin mengolahnya, Ada tinggal memakannya langsung saja. Apakah berbahaya? Tentu tidak. Anda bisa menyiapkan daun jambu biji yang masih muda dan masih segar, kemudian cuci sampai bersih menggunakan air yang mengalir. Anda bisa memberikan sedikit garam pada daun jambu biji tersebut lalu melipat nya dan memakannya. Kunyah, kemudian telan air dan buang ampas nya.

  • Menyeduh

Jika tidak ingin repot, Anda juga bisa menyeduh daun jambu biji seperti teh. Seduhlah daun jambu biji dengan air mendidih, tunggu hingga daun larut dalam air kemudian Anda bisa mengkonsumsi nya 2 kali dalam sehari.

Itulah manfaat daun jambu biji untuk asam urat dan cara pengolahannya. Cukup mudah bukan? Anda bisa memanfaatkan daun jambu biji sebagai pengganti obat medis asam urat walaupun khasiat nya tidak terlalu tinggi, asalkan Anda rutin asam urat bisa teratasi. Untuk mencegah kenaikan asam urat dan membuat daun jambu biji memberikan manfaat yang lebih efektif sebaiknya Anda juga melakukan pengaturan pada pola makan dan membatasi makanan serta minuman yang mengandung purin atau Anda bisa melakukan diet rendah purin untuk beberapa waktu saja, 1 minggu – 1 bulan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal