Sponsors Link

Manfaat Daun Meniran Untuk Asam Urat dan Kesehatan

Sponsors Link

Apakah Anda tahu mengenai tanaman meniran? Salah satu tanaman obat yang bisa menyembuhkan penyakit secara alami. Tanaman meniran sangat mudah ditemukan, karena biasanya meniran memang tumbuh di iklim tropis. Meniran merupakan salah satu jenis tanaman semak yang bisa ditemukan di pekarangan rumah. Daun meniran diyakini dapat menjadi obat herbal untuk asam urat. Penyakit asam urat adalah penyakit yang penyebab utamanya karena kelebihan zat purin dalam tubuh. Tanda-tanda asam urat akan ditandai dengan kemunculan nyeri pada persendian, sendi terasa panas, sendi berwarna kemerahan hingga sendi akan menjadi bengkak jika kondisinya sudah sangat parah. Untuk itu Anda bisa memanfaatkan meniran untuk meringankan penyakit asam urat. Berikut adalah pembahasan mengenai manfaat daun meniran untuk asam urat dan kesehatan.

ads

Kandungan Duan Meniran

Manfaat dan juga khasiat daun meniran bisa diperoleh karena memiliki beberapa kandungan yang bisa menyembuhkan penyakit. Beberapa kandungan tersebut seperti:

  1. Phyllanthin
  2. Hypophyllanthin
  3. Nirathin
  4. Nirterali
  5. Nirurin
  6. Norsecuirinine
  7. Nirurinetin
  8. Phullanthenol
  9. Flovanoid yang

Kandungan senyawa yang ada dalam meniran memiliki manfaat untuk asam urat dan juga untuk kesehatan lainnya.

Manfaat Meniran Untuk Asam Urat

Berikut adalah beberapa manfaat pada tanaman meniran untuk asam urat:

1. Meningkatkan fungsi ginjal

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa meniran memiliki kandungan flovanoid yang bisa mengatasi asam urat dan juga mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal. Fungsi ginjal dinilai sangatlah penting untuk mengatasi asa urat, sebab ginjal adalah salah satu organ yang akan mengolah kelebihan asam urat dalam tubuh dan mengeluarkannya menjadi urin. Sehingga jika kondisi ginjal terganggu maka asam urat juga akan semakin mengalami peningkatan.

2. Mengobati adanya radang pada bagian sendi

Peradangan pada bagian sendi adalah hal yang biasa dialami oleh kebanyakan penderita asam urat yang sudah sangat parah. Dengan mengkonsumsi meniran jika asam urat menyebabkan peradangan maka akan menyembuhkan nya secara alami. Konsumsi dengan rutin adalah salah satu pengobatannya.

3. Mencegah pembengkakan

Pembengkakan biasanya akan terjadi saat penumpukan purin dalam tubuh sudah benar-benar sangat tinggi dan juga peradangan pada sendi sudah semakin buruk. Karena sifat meniran yang bisa mengembalikan fungsi ginjal dan mengeluarkannya lewat urin maka penumpukan purin yang ada dalam sendi sedikit demi sedikit akan dikeluarkan dan akan mencegah terjadinya peradangan.

4.  Mengurangi kadar purin dalam tubuh

Purin adalah zat yang memang sangat sensitif untuk penderita asam urat. Pada dasarnya keberadaan purin dalam tubuh tidak membahayakan selama masih dalam keadaan normal, namun bagi penderita asam urat kadar purin nya sudah sangat tinggi. Untuk itu dengan mengkonsumsi meniran maka akan membantu untuk mengurangi kadar purin dengan bertahap.

Sponsors Link

  1. Mencegah rasa nyeri

Meniran juga bisa mencegah adanya rasa nyeri yang diakibatkan oleh kristal asam urat dalam sendi. Seiring berjalannya waktu, saat purin berangsur turun dalam tubuh maka rasa nyeri juga akan semakin berkurang.

Cara Mengolah Meniran Untuk Asam Urat

Daun meniran sudah sangat dikenal bisa mengobati berbagai jenis penyakit. Cara pengolahan nya tentu saja akan disesuaikan dengan penyakit yang akan disembuhkan. Pada penderita asam urat, meniran biasanya akan di olah dengan cara di rebus. Anda tinggal menyiapkan beberapa bahan yaitu daun meniran, dan air secukupnya. Kemudian Anda bisa merebus nya, air rebusan nya bisa Anda minum. Dengan begitu air rebusan meniran akan membantu meluruhkan kristal asam urat yang dalam persendian. Anda juga bisa mengolah meniran menjadi obat luar, tinggal menumbuk meniran menjadi sangat halus, kemudian hasil tumbukan nya bisa di tempatkan pada bagian yang sakit, lalu balut menggunakan kain atau perban untuk beberapa saat.

Manfaat Meniran Untuk Kesehatan

Selain bermanfaat sebagai obat untuk asam urat, meniran juga memiliki manfaat untuk kesehatan, seperti:

  • Menjaga sistem imun tubuh

Meniran juga dinilai mampu menjaga dan menguatkan sistem imum pada tubuh. Zat yang terkandung dalam tanaman ini mampu merangsang aktivitas imuno modulator yang ada dalam tubuh. Saat sistem imun tubuh semakin baik, maka tubuh akan sangat terjaga dari berbagai penyakit.

  • Mengatasi diabetes

Konsumsi meniran juga diyakini dapat menurunkan kadar gula darah dengan sangat efektif. Sehingga akan sangat baik jika penderita diabetes bisa mengkonsumsi meniran dengan rutin dan menjadikannya sebagai salah satu obat untuk penurun diabetes.

Itulah pembahasan mengenai manfaat daun meniran untuk asam urat dan kesehatan yang bisa Anda ketahui dan Anda coba lakukan untuk pengobatan asam urat. Anda juga bisa mendapatkan manfaat nanas untuk asam urat, manfaat kolang kaling untuk asam urat dan manfaat okra untuk asam urat sama seperti pada daun meniran.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal, Pengobatan