Sponsors Link

Kandungan Manfaat Daun Pandan Untuk Asam Urat Dan Kesehatan

Sponsors Link

Penyakit asam urat adalah salah satu jenis penyakit yang biasanya menyerang pada bagian sendi tangan atau kaki. Tanda-tanda asam urat seperti nyeri sendi, adanya pembengkakan dan juga disertai dengan rasa sakit seperti ditusuk jarum biasanya akan muncul pada malam atau pagi hari setelah bangun tidur. Nyeri pada bagian sendi karena asam urat akan berlangsung 3-10 hari. Asam urat sendiri disebabkan karena ada penumpukan zat purin. Jika kadarnya sudah sangat tinggi maka akan memicu peningkatan asam yang mengakibatkan timbulnya asam urat. Oleh sebab itu, sebelum peningkatan terjadi lebih tinggi, Anda sebaiknya mengatasinya menggunakan obat herbal untuk asam urat yang bisa dibuat sendiri, salah satunya adalah dari daun pandan. Berikut adalah kandungan manfaat daun pandan untuk asam urat dan kesehatan.

ads

Kandungan Manfaat Daun Pandan Untuk Asam Urat

Daun pandan adalah salah satu bahan alami yang biasa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk pewangi masakan atau saat membuat kue. Namun siapa kira ternyata daun pandan bisa mengobati asam urat dengan efektif. Berikut adalah beberapa kandungan yang ada pada daun pandan.

  • Flavoida

Flavoida adalah salah satu jenis senyawa alami yang biasanya terdapat dalam buah segar. Flavonoid mempunyai manfaat mencegah peradangan dan adanya radikal bebas dalam tubuh. Pada penderita asam urat mereka akan diserang dengan penumpukan kadar asam yang akan membuat radang, kandungan ini akan membantu untuk mengurangi radang akibat asam urat.

  • Tanin

Tanin adalah salah satu senyawa yang bermanfaat untuk menawarkan racun dan mencegah adanya bakteri jahat dalam tubuh. Tanin juga bisa membantu untuk mencegah adanya penumpukan asam urat dalam tubuh yang berlebihan

  • Saponin

Sapononin adalah senyawa yang bermanfaat sebagai obat luar dalam arti tidak dikonsumsi sebagai pembersih dan yang membersihkan. Anda bisa mengobati bagian bengkak asam urat dengan menggunakan pandan.

  • Polifenol

Polfenol adalah senyawa yang bermanfaat untuk memperkuat sistem imun tubuh. Sistem kekebalan tubuh berfungsi untuk menangkal serangan virus dan bakteri dari luar tubuh yang dapat menjadikan tubuh sakit.

Mengolah Daun Pandan Untuk Asam Urat

Untuk mengobati asam urat, Anda bisa membuat daun pandan menjadi minyak urut. Berikut adalah cara pembuatan nya:

  • Bersihkan daun pandan dengan air mengalir hingga bersih
  • Potong-potong daun pandan menjadi beberapa bagian kecil
  • Tuangkan 3 sendok minyak kelapa kedalam wadah, kemudian campur kan dengan pandan.
  • Diamkan selam 30 menit.
  • Selesai, Anda dapat mengoleskan olahan daun pandan bagian sendi yang teras sakit.

Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan

Selain untuk pengobatan asam urat, daun pandan juga diyakini dapat menjadi obat alami untuk kesehatan penyakit lainnya:

  • Mengobati rematik

Rematik adalah salah satu jenis penyakit yang cukup banyak diderita oleh orang tua. Sama hal nya seperti asam urat, rematik juga kerap kali menyerang persendian dan menyebabkan bengkak serta peradangan pada sendi. Olahan pandan dengan membuatnya menjadi minyak selain bisa dilakukan pada penderita asam urat juga bisa dilakukan pada penderita rematik.

Sponsors Link

  • Mengatasi hipertensi

Daun pandan juga bisa membantu untuk menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Untuk mengolahnya, Anda bisa menyiapkan 3 lembar daun pandan dengan ukuran sedang, lalu potong-potong, kemudian masukan dalam air dan rebus daun pandan hingga mendidih. Air hasil rebusan daun pandan bisa Anda konsumsi untuk mengatasi hipertensi. Anda bisa mengkonsumsi nya secara rutin 2 kali dalam sehari agar dapat menurunkan tekanan darah.

  • Meningkatkan nafsu makan

Jika Anda memiliki masalah dengan pola makanan sehingga terkadang tidak memiliki nafsu makan padahal sudah saatnya untuk mengisi perut yang kosong. Anda bisa coba mengkonsumsi air rebusan daun pandan. Namun sebaiknya Anda mengkonsumsi saat benar-benar kehilangan nafsu makan agar nafsu makan tidak terlalu berlebihan. Sebab jika berlebihan juga akan menyebabkan terjadinya obesitas.

Itulah beberapa kandungan manfaat daun pandan untuk asam urat dan kesehatan. Anda bisa mengkonsumsi dan mengolah sendiri daun pandan saat benar-benar dibutuhkan. Jika Anda sedang melakukan diet rendah purin, Anda bisa coba memasukkan daun pandan pada olahan makanannya agar pengobatan bisa berjalan dengan efekti. Untuk beberapa waktu selama masih dalam pengobatan Anda bisa menghindari pantangan makananan bagi pendeita asam urat yang memiliki kandungan purin cukup tinggi, Anda juga sebaiknya menghindari soda dan alkohol agar tidak memicu terjadinya peningkatan asam urat dengan sangat tinggi.

, ,



Oleh :
Kategori : Herbal, Pengobatan