Sponsors Link

6 Manfaat Daun Serai untuk Asam Urat dan Cara Pengolahannya

Sponsors Link

Daun serai adalah salah satu jenis daun-daunan yang sudah dikenal oleh masyarakat sejak lama. Keberadaannya di sekitar kita sangatlah bermanfaat bagi kesehatan ataupun bagi kegiatan sehari-hari, seperti memasak, membuat ramuan minuman dan lain sebagainya. Pemanfaatan daun serai untuk kesehatan juga tampak dari kandungannya yang beraneka ragam serta berlimpah. Daun serai sering digunakan pula sebagai tanaman pengusir nyamuk bagi kebanyakan orang tua.

ads

Penggunaan serai (Cymbopogon citratus) sebagai obat-obatan khususnya pengusir nyamuk dapat diperoleh dari kandungan minyak atsiri yang ada di dalam serai. Kandungan minyak ini hampir sama dengan kandungan zat atsiri yang ada di dalam cabai. Hal ini menyebabkan serai dan cabai memiliki kesamaan dalam sensasi hangat saat menyentuh kulit manusia. Lebih khusus lagi, kandungan sitronela yang dimiliki oleh serai adalah kandungan yang paling tidak disukai oleh nyamuk.

Selain berkhasiat untuk mengusir nyamuk, serai juga berfungsi sebagai obat asam urat yang sangat manjur. Banyak orang yang sudah memanfaatkan kandungan-kandungan yang ada di dalam serai untuk pengobatan penyakit asam urat ini. Pengobatan asam urat dengan daun serai merupakan pengobatan secara herbal. Cara ini sama dengan cara mengobati asam urat dengan daun kelor ataupun cara mengobati asam urat dengan daun sirsak.

Kandungan-kandungan Berkhasiat Dalam Daun Serai

Tanaman serai (khususnya pada bagian daunnya) dikenal sebagai tanaman yang mengandung jutaan kandungan baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan-kandungan ini terdapat di dalam setiap bagian daun serai itu sendiri. Salah satu kandungan yang paling terkenal pada daun serai ialah minyak atsiri. Minyak ini dihasilkan oleh daun serai melalui proses kimia dan diproduksi secara terus menerus sehingga keberadaan kandungan ini terus menyebar di dalam seluruh bagian daun serai.

Minyak atsiri yang ada di dalam daun serai memiliki kandungan-kandungan lain yang juga bermanfaat bagi tubuh, diantaranya: sitronelol (sitronela), terpinol, borneol, sitronil asetat, geranil asetat, mirsen dan berbagai senyawa kimia lain. Selain itu ada pula senyawa-senyawa lain, seperti: geranial, lomonen, eugenol dan lainnya. Senyawa-senyawa tersebut berfungsi sebagai antioksidan pada tubuh manusia sehingga sangat berguna bagi kesehatan manusia.

Kandungan-kandungan yang terkandung di dalam daun serai ini menyebabkan daun serai sangat berkhasiat. Khasiat daun serai yang paling utama adalah untuk mengobati penyakit-penyakit yang berkaitan dengan daya tahan tubuh, seperti: kanker, kolesterol, asam urat dan lainnya. Selain itu, daun serai juga mengandung zat besi yang bergina untuk meningkatkan produksi sel darah merah pada diri manusia. Kandungan lain pada daun serai, antara lain: zat antiseptik, zat anti-kolesterol dan zat pengurai lemak.

Manfaat Daun Serai untuk Asam Urat

daun seraiAsam urat merupakan penyakit yang sudah umum terjadi di dalam diri manusia. Banyak orang yang menderita atau terkena asam urat di era digital ini. Fenomena ini muncul karena adanya perubahan budaya dan pola hidup pada masyarakat. Saat ini, masyarakat lebih mengutamakan kecepatan dan kepraktisan dibandingkan dengan kesehatan. Akibatnya, berbagai penyakit pun bermunculan dan menyerang manusia, tak terkecuali penyakit asam urat.

Penyakit asam urat berasal dari penumpukan lemak jahat di dalam tubuh yang berkumpul di daerah-daerah tertentu pada tubuh manusia. Pada umumnya, penyakit asam urat akan berkumpul di persendian dengan penumpukan zat purin sebagai penyebabnya. Penumpukan zat purin di dalam persendian menyebabkan tusukan dan penekanan pada persendian manusia. Hal inilah yang membuat penderita asam urat merasa nyeri dan kesakitan. Selain nyeri, asam urat menimbulkan pembengkakan pada persendian manusia yang mengalaminya.

Pengobatan terhadap asam urat harus segera dilakukan. Jika asam urat tidak segera diobati maka akan menimbulkan permasalahan yang lebih serius pada diri manusia. Pengobatan asam urat dapat dilakukan secara herbal maupun secara medis. Salah satu metode pengobatan asam urat secara tradisional ialah dengan mengambil manfaat daun serai.

Mengambil manfaat daun serai untuk asam urat merupakan salah satu langkah yang bijak dalam mengobati penyakit ini. Asam urat akan terurai dengan zat-zat yang dikandung oleh daun serai. Dengan terurainya zat-zat penyebab asam urat maka penyakit asam urat akan sembuh dengan sendirinya.

Sponsors Link

Sebenarnya, banyak sekali manfaat daun serai untuk asam urat karena daun serai memiliki berbagai macam kandungan yang sangat berkhasiat. Manfaatnya dibedakan ke dalam beberapa hal tergantung pada kandungan yang ada di dalamnya. Dalam hal ini berikut adalah manfaat daun serai untuk asam urat:

  • Menurunkan kadar lemak yang menumpuk dan menggumpal di dalam tubuh sehingga menurunkan potensi kemunculan asam urat;
  • Menghancurkan senyawa purin yang melakukan penekanan pada persendian sehingga menghilangkan penyebab asam urat;
  • Menurunkan dan menghilangkan rasa nyeri yang dapat diderita oleh penderita asam urat sehingga membuat rasa yang lebih nyaman bagi penderita asam urat;
  • Mengurangi dan menghilangkan inflamasi atau pembengkakan yang diakibatkan oleh asam urat atau zat purin yang menumpuk di persendian;
  • Menghilangkan keberadaan bakteri dan jamur pada luka di sekitar daerah asam urat sehingga membuat penyembuhan asam urat akan lebih cepat;
  • Memberikan ketahanan tubuh yang lebih baik bagi penderita asam urat sehingga memperbesar kemampuan untuk terlindung dari penyakit asam urat itu sendiri

Manfaat daun serai untuk pengobatan asam urat tidak perlu diragukan lagi keampuhannya. Banyak yang telah mempraktekkan cara ini dan mengalami kesembuhan dari penyakit asam urat yang sangat mengganggunya. Keberhasilan yang ditemukan oleh beberapa orang dalam mengobati asam uratnya dengan daun serai akhirnya diketahui oleh orang lain. Hal inilah yang menyebabkan popularitas daun serai di dalam mengobati penyakit asam urat semakin terkenal.

Pengolahan Daun Serai secara Baik dan Benar sebagai Obat Asam Urat

Memperoleh manfaat daun serai untuk asam urat memang susah-susah gampang. Hal ini berarti, mengolah daun serai tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Pengolahan yang salah dalam usaha memperoleh manfaat daun serai untuk asam urat justru akan mengakibatkan penyakit lain timbul karena penumpukan kandungan atau khasiat daun serai di dalam tubuh. Anda perlu mempelajari cara mengolah daun serai dengan baik dan benar.

Sebelumnya, Anda perlu mengetahui bahwa penggunaan daun serai sebagai obat asam urat dapat dilakukan dengan dua hal, yaitu: mengonsumsinya sehingga khasiatnya langsung dibawa oleh darah atau mempergunakannya di luar dengan cara menjadikannya obat olesan. Kedua cara ini tetaplah dapat diterima untuk mengobati asam urat.

Sponsors Link

Pada dasarnya, cara pertama (mengonsumsinya) merupakan cara yang ditujukan untuk memperoleh nutrisi dari daun serai. Cara kedua merupakan cara untuk meredakan efek atau dampak eksternal dari asam urat (pembengkakan/inflamasi, ruam-ruam merah atau perubahan warna) pada kulit. Kedua cara ini bersifat saling melengkapi sehingga Anda perlu mengetahui keduanya secara lengkap dan benar.

Pemanfaatan daun serai untuk konsumsi biasa dilakukan dengan mengolahnya menjadi ramuan atau minuman hangat. Cara ini memanfaatkan ekstrak daun serai yang diseduh dengan air kemudian diminum secara teratur sehingga dapat meredakan dan menyembuhkan asam urat. Adapun cara dan bahan yang Anda butuhkan dalam membuat ramuan ini adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, diantaranya: serai (1/2 hingga 1 batang) dan atau daun salam (secukupnya) dan air sebanyak 700 mililiter.
  2. Rebus air hingga mendidih dan masukkan juga daun serat beserta daun salam yang telah dipersiapkan.
  3. Dapatkan ekstraknya dengan cara sisakan 200 mililiter air di wadah tersebut.
  4. Konsumsi minuman yang telah matang (dalam keadaan hangat) maksimal 2 hari sekali.

Meminum ekstrak daun serai akan mengurangi gejala-gejala asam urat yang Anda alami. Selebihnya, jika Anda meminum ramuan daun serai tersebut dengan teratur maka Anda akan mengalami kesembuhan dari asam urat. Selain itu, cara kedua untuk menyembuhkan asam urat dan gejalanya dari luar adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan serai (batang dan daunnya) secukupnya kemudian tumbuk hingga halus
  2. Peras hasil tumbukan sehingga Anda mendapatkan minyak atau ekstraknya
  3. Oleskan secara merata minyak yang Anda dapatkan ke bagian yang mengalami pembengkakan akibat asam urat
  4. Lakukan cara ini secara rutin hingga ada tanda-tanda kesembuhan

Memanfaatkan daun serai sebagai obat bagi penyakit asam urat merupakan sebuah hal baik yang dapat Anda praktikkan. Pada dasarnya, pengobatan secara herbal dan tradisional dapat menjadi pilihan bagi Anda karena efek sampingnya sangat kecil. Pengobatan ini dapat dipraktikkan pula untuk mengobati asam urat pada ibu hamil dan asam urat pada lansia. Selamat mencoba.

, , , , , ,



Oleh :
Kategori : Herbal