Sponsors Link

Manfaat Ikan Gabus Untuk Asam Urat dan Tips Pengolahannya

Sponsors Link

Ikan gabus merupakan jenis ikan yang sudah dikenal banyak orang, mengapa? Karena kandungan protein yang ada di dalam ikan gabus adalah yang paling tinggi jika dibandingkan dengan ikan lainnya. Ikan yang sudah terkenal dan hidup di perairan Indonesia ini biasa hidup di danau, sungai dan juga rawa. Jika dilihat sekilas, ikan ini mirip dengan lele. Jika ingin melihat perbedaan yang paling mudah, Anda bisa mengamati pada kumis nya, ikan gabus tidak memiliki kumis seperti lele dan warnanya tidak terlalu gelap. Ikan gabus juga bisa bertahan hidup di darat dalam jangka waktu cukup lama karena ikan ini bisa bernafas langsung melalui udara. Lalu bagaimana dengan kandungan yang ada di dalam ikan gabus? Apakah akan berbahaya jika dikonsumsi oleh mereka yang memiliki penyakit asam urat? Untuk mengetahui lebih lanjut berikut adalah manfaat ikan gabus untuk asam urat dan tips pengolahan nya.

ads

Kandungan Ikan Gabus

Sebelum mengetahui pengaruhnya pada asam urat, Anda sebaiknya mengetahui apa saja kandungan yang terdapat di dalam ikan gabus. Menurut penelitian pada 100 gram ikan gabus memiliki kandungan gizi sebagai berikut:

  1. Besi : 0,9 miligram
  2. Kalori : 69 kalori
  3. Protein : 25,2 gram
  4. Lemak : 1,7 gram
  5. Phospor : 76 miligram
  6. A : 150 miligram
  7. B : 0,04 miligram
  8. Air : 69 gram
  9. Kalsium : 62 miligram

Kandungan gizi diatas sudah cukup jelas menunjukan bahwa manfaat ikan bagus untuk kesehatan sangatlah baik dan bisa meningkatkan gizi pada seseorang. Gabus mempunyai tekstur yang lembut dan juga sangat enak jika dijadikan hidangan atau pendamping makan.

Manfaat Ikan Gabus Untuk Asam Urat

Tentu saja hal yang sangat dikhawatirkan penderita asam urat adalah kenaikan kadar asam urat dalam tubuh. Apakah Ikan gabus akan menjadi pemicu asam urat naik? Tentu saja tidak! Namun dengan catatan Anda masih mengkonsumsi dalam batasan wajar ya. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan karena mengkonsumsi ikan gabus khususnya bagi penderita asam urat.

  • Mengatasi adanya pembengkakan akibat asam urat

Ikan gabus tidak masuk dalam pantangan makanan bagi penderita asam urat. Ikan ini justru sangat bermanfaat untuk mengatasi adanya pembengkakan. Kandungan albumin nya akan membantu mengatasi bengkak akibat asam urat. Bengkak adalah hal yang umum terjadinya jika asam urat sudah melebihi batas normal dalam tubuh dan endapan nya terus saja didiamkan tanpa diatasi sama sekali.

Endapan yang dimaksud adalah, endapan asam urat yang di picu oleh asupan purin dari luar tubuh. Bisa dari makanan atau minuman penyebab asam urat yang memiliki kandungan purin tinggi. Bengkak sebenarnya tidak akan terjadi jika Anda benar-benar membatasi asupan purin dengan melakukan diet rendah purin, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi ikan gabus. Anda bisa menjadi gabus sebagai salah satu menu makanan untuk diet.

  • Albumin yang menguatkan fungsi sendi

Albumin dan proline yang terkandung dalam ikan gabus juga akan semakin menguatkan tulang dan persendian. Karena serangan asam urat biasanya seseorang akan memiliki masalah pada tulang dan juga sendi nya, karena asam urat memang menyerang bagian sendi dan mengendap di persendian. Kandungan lysine nya pun akan membantu untuk menyerap kalsium lebih cepat dan segera membentuk kolagen yang berfungsi sebagai pelumas atau penyambung tulang, kolagen juga bermanfaat sebagai pembungkus tulang rawan serta jaringan penyambung pada tulang.

Sponsors Link

Tips Pengolahan Ikan Gabus

Setelah mengetahui kandungan dan manfaat ikan gabus, agar gizi nya masih dalam keadaan utuh, Anda juga harus memperhatikan bagaimana cara pengolahan nya. Berikut adalah tips pengolahan ikan gabus untuk asam urat:

  • Jika Anda ikan menggoreng ikan gabus, sebaiknya Anda mengganti minyak Anda dengan minyak zaitun yang lebih baik untuk kesehatan dan tidak memberikan efek samping untuk asam urat.
  • Pengolahan yang paling aman selain digoreng adalah dibakar atau di kukus. Ini akan membuat kandungan gizi nya tetap utuh.
  • Jangan mencampurkan bahan bahan penyedap rasa buatan terlalu banyak agar tidak membahayakan untuk kesehatan.
  • Jika Anda sedang melakukan diet rendah purin, Anda bisa mengikut sertakan sayuran yang baik untuk asam urat sebagai tambahan masakannya.

Itulah manfaat ikan gabus untuk asam urat dan tips pengolahan nya. Sehingga bisa disimpulkan bahwa ikan gabus boleh dikonsumsi namun dengan catatan masih dalam batasan wajar, ikan gabus bisa menjadi suplemen penurun asam urat secara tidak langsung.

, , , ,