Sponsors Link

5 Manfaat Jahe untuk Asam Urat dan Cara Mengolahnya

Sponsors Link

Penyakit asam urat merupakan salah satu jenis penyakit yang paling dihindari oleh kebanyakan orang saat ini. Penyakit asam urat ini dapat hadir di dalam kehidupan Anda apabila Anda memiliki tumpukan lemak dan kolesterol yang terlalu banyak. Tumpukan lemak dan kolesterol ini akan mengakibatkan timbunan zat purin yang pada akhirnya akan masuk ke dalam persendian tubuh Anda. Apabila hal ini terjadi maka Anda akan mengalami rasa sakit yang luar biasa.

ads

Siksaan dari penyakit asam urat yang berupa rasa nyeri dan pembengkaan ini sangat dihindari oleh masyarakat. Dengan kehadiran asam urat, kegiatan-kegiatan Anda akan banyak terganggu. Anda akan mengalami kesusahan dalam menjalankan kegiatan-kegiatan sehari-hari Anda. Oleh sebab itu, Anda perlu menemukan cara pengobatan penyakit asam urat yang paling sesuai untuk diri Anda.

Baca juga:

Pengobatan penyakit asam urat ada beraneka ragam. Namun demikian, pengobatan asam urat dapat dibagi menjadi 2 golongan, yaitu pengobatan secara medis dan pengobatan tradisional atau herbal. Kedua jenis pengobatan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya. Namun demikian, pengobatan herbal lebih cenderung dipilih oleh masyarakat karena memiliki efek samping lebih kecil daripada pengobatan secara medis.

Pengobatan asam urat secara herbal ada banyak jenisnya. Salah satu jenis obat herbal untuk asam urat ialah menggunakan jahe. Jahe bisa menjadi pilihan obat herbal bagi penyakit asam urat yang Anda derita jika Anda dapat mengolahnya dengan benar. Manfaat jahe untuk asam urat sangat beraneka ragam karena jahe memiliki berbagai kandungan aktif yang menyehatkan badan. Oleh sebab itu, Anda perlu mempelajari segala hal tentang jahe sehingga Anda bisa memperoleh jutaan manfaatnya.

Jutaan Kandungan Jahe untuk Kesehatan

Jahe (Zingiber officinale) merupakan suatu tanaman obat-obatan yang amat terkenal di masyarakat. Tanaman jahe berguna sebagai obat dan rempah-rempah bagi masakan. Tanaman jahe sudah dikenal masyarakat sejak dahulu karena khasiat dan kegunaannya yang luar biasa. Selain itu, jahe juga dapat diolah menjadi berbagai macam olahan bumbu sehingga bisa memperkuat rasa masakan. Oleh sebab itu, jahe menjadi salah satu tanaman favorit masyarakat.

Tanaman jahe memiliki beberapa varietas yang beredar di masyarakat. Varietas tanaman jahe ini terbagi menjadi 3 jenis, yaitu: jahe badak/gajah, jahe kuning dan jahe merah. Ketiga jahe ini memiliki spesifikasi atau keistimewaan masing-masing untuk digunakan oleh manusia. Namun pada dasarnya, ketiga jenis jahe ini memiliki khasiat yang luar biasa bagi kehidupan manusia.

Manfaat yang berlimpah dari tumbuhan jahe datang dari kandungan jahe yang beraneka ragam, salah satunya ialah senyawa keton yang disebut zingeron. Selain itu, jahe memiliki kandungan minyak atsiri zingiberena. Kandungan inilah yang menyebabkan jahe memiliki rasa pedas dan sensasi panas saat dikonsumsi. Keberadaan panas di dalam jahe ini membuat jahe sangat cocok untuk obat masuk angin atau sekedar menjadi penghangat tubuh.

Selain itu, ada banyak  kandungan lain yang dimiliki oleh jahe, antara lain: zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena dan resin pahit. Semua kandungan-kandungan yang terdapat di dalam jahe ini sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi jahe sebagai obat atau bahan tambahan makanan atau minuman Anda.

Baca juga: Asam Urat pada Ibu HamilAsam Urat pada Lansia.

Manfaat Jahe untuk Asam Urat 

Dalam dunia obat herbal, jahe (khususnya jahe merah) dikenal sangat berkhasiat dalam menyembuhkan berbagai penyakit berbahaya di dalam tubuh. Banyak sekali penyakit-penyakit yang dapat disembuhkan oleh olahan tanaman jahe bila pembuatannya tepat. Anda tentu tertarik mengetahui manfaat-manfaat jahe ini karena jahe akan sangat membantu Anda dalam mengatasi persoalan kesehatan.

Sponsors Link

Salah satu persoalan kesehatan yang bisa Anda selesaikan dengan menggunakan jahe adalah asam urat. Jahe memiliki khasiat khusus untuk mengobati penyakit asam urat yang kerap menghantui kehidupan Anda. Anda perlu mengetahui manfaat luar biasa dari jahe ini sehingga Anda dapat menyelesaikan permasalahan asam urat Anda dengan cara yang hemat dan aman. Penggunaan jahe sebagai obat dinilai aman karena jahe merupakan salah satu obat herbal yang tidak memiliki efek samping terlalu besar untuk tubuh Anda.

Banyak sekali manfaat jahe untuk asam urat. Manfaat-manfaat ini tentunya tidak terlepas dari cara Anda mengolahnya dan menjadikannya obat-obatan. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui cara pengelolaan dan pengolahan dari jahe itu sendiri. Adapun manfaat jahe untuk asam urat, antara lain:

1. Mengurangi Tumpukan Lemak Jahat atau Kolesterol dalam Tubuh

Asam urat pada manusia terjadi saat adanya penumpukan lemak-lemak jahat di dalam tubuh. Lemak-lemak jahat ini muncul karena adanya kesalahan pola makan yang tidak seimbang sehingga menyebabkan terlalu banyaknya tumpukan lemak di tubuh. Jika Anda seorang yang suka makanan berlemak maka Anda perlu mewaspadai kehadiran asam urat ini.

Jahe memiliki khasiat untuk menurunkan kadar lemak jahat yang ada di tubuh. Anda dapat memanfaatkan jahe (khususnya jahe merah) untuk menggempur lapisan lemak di usus. Selain itu, Anda juga dapat menghancurkan penumpukan zat purin (penyebab asam lemak) dengan kandungan-kandungan di dalam jahe itu sendiri.

Baca juga: Manfaat Binahong untuk Asam Urat.

2. Mengurangi atau Meredakan Rasa Nyeri Berlebihan akibat Asam Urat

Asam urat seperti yang sudah menjadi karakteristiknya merupakan sebuah penyakit yang ditimbulkan oleh penumpukan zat purin di dalam tubuh. Penumpukan zat-zat purin ini ada di sela-sela atau sekitar persendian manusia. Akibat penumpukan zat purin ini sendiri, penderita  asam urat akan mengalami rasa nyeri yang luar biasa karena zat purin akan menusuk keberadaan otot atau persendian.

Jahe memiliki khasiat yang baik untuk meredakan rasa nyeri yang diakibatkan oleh penumpukan zat-zat purin tersebut. Kandungan alami jahe dapat menurunkan penumpukan zat purin di dalam tubuh sampai dengan 90% sehingga rasa nyeri akibat asam urat dapat segera berkurang. Jika Anda ingin menurunkan rasa nyeri akibat asam urat dengan lebih cepat maka Anda dapat mengonsumsi jahe dengan jumlah atau takaran yang sesuai.

Baca juga: Manfaat Sambiloto untuk Asam Urat.

3. Sebagai Pereda Inflamasi atau Pembengkakan

Akibat atau efek samping dari asam urat selanjutnya ialah munculnya pembengkakan atau inflamasi yang dapat mengganggu jalannya aktivitas. Jika Anda sedang mengalami asam urat maka Anda akan segera menemukan bercak-bercak merah di sekitar persendian Anda. Bila hal ini terjadi maka Anda harus segera mewaspadai dampak atau efek dari asam urat yang lebih buruk lagi.

Penggunaan jahe atau ramuannya untuk meredakan asam urat bisa jadi sebuah pilihan yang bijaksana bagi Anda. Anda dapat menurunkan atau meredakan bengkak akibat adanya penumpukan zat purin di dalam tubuh Anda. Khasiat luar biasa dari jahe ini disebabkan oleh kandungan jahe sendiri yang dapat menggugurkan keberadaan zat purin di dalam tubuh.

ads

Baca juga: Khasiat Sidaguri untuk Asam Urat.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh atau Antibodi

Kehadiran suatu penyakit dapat diakibatkan oleh banyak hal. Salah satu penyebab datangnya suatu penyakit adalah sistem kekebalan tubuh atau imunitas tubuh yang buruk. Buruknya sistem imunitas tubuh ini dapat terjadi karena kurangnya asupan makanan atau minuman yang berkualitas. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda perlu mencari asupan nutrisi yang baik.

Salah satu asupan nutrisi yang baik bagi sistem kekebalan tubuh dapat Anda peroleh dari jahe. Dengan meminum atau mengonsumsi jahe maka Anda dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Baca juga: Manfaat Daun Serai untuk Asam Urat.

5. Minuman Antioksidan yang Baik untuk Tubuh

Kehadiran kuman penyakit (bakteri maupun virus) merupakan penyebab lain dari kehadiran suatu penyakit. Untuk melawannya, Anda memerlukan asupan nutrisi yang baik terutama pada makanan atau minuman yang mengandung antibiotik. Salah satu makanan yang mengandung zat antibiotik tersebut ialah jahe. Dengan mengonsumsi jahe yang cukup maka tubuh Anda akan memperoleh asupan zat antibiotik.

Baca juga: Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Kelor.

Pengolahan Jahe Sebagai Obat Asam Urat

Tanaman jahe sudah terkenal sebagai sebuah tanaman yang memiliki kandungan atau khasiat tinggi dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit, salah satunya asam urat. Dengan mengonsumsi jahe secara teratur dan cukup maka Anda dapat menurunkan risiko terkena asam urat. Selain itu, khasiat jahe yang baik bagi kesehatan ialah menahan bakteri atau parasit tubuh yang hendak menyerang sehingga tubuh Anda akan menjadi lebih sehat.

Baca juga: Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Sirsak.

Untuk mendapatkan manfaat jahe untuk asam urat, Anda perlu mempelajari cara pengolahan dan langkah membuat racikan jahe dengan baik. Kesalahan pengolahan jahe justru akan membuat berbagai manfaat alaminya menghilang. Secara garis besar, cara pengolahan jahe menjadi makanan atau minuman yang menyehatkan adalah sebagai berikut:

  1. Persiapkan 2 atau 3 ruas jahe dengan ukuran sebesar ibu jari dan potong-potong
  2. Bersihkan jahe-jahe yang sudah Anda potong-potong dengan cara alirkan air bersih di permukaan jahe tersebut
  3. Ambillah jahe yang telah dibersihkan dan masukkan ke dalam air mendidih
  4. Rebus jahe hingga terlihat perubahan pada warna air (hal ini menandakan bahwa air air yang digunakan untuk merebus jahe telah tercampur dengan ekstrak jahe
  5. Angkat rebusan air jahe tersebut dan biarkan agak mendingin
  6. Minum air rebusan jahe tersebut sebanyak 2 hingga 3 kali dalam satu hari dan rasakan manfaatnya

Ramuan jahe ini berisi jutaan manfaat yang dapat menurunkan kadar asam urat yang Anda derita. Selain itu, ramuan jahe ini akan membuat Anda lebih sehat dan merasa segar setelah mengonsumsinya. Namun demikian, Anda perlu memperhatikan hal-hal penting agar Anda tidak salah dalam mengolah jahe sebagai obat.

  • Pilihlah jahe yang matang dan tidak terlalu muda ataupun terlalu tua. Kandungan jahe yang matang akan lebih optimal dalam mengobati berbagai macam penyakit, khususnya asam urat.
  • Rebuslah jahe dalam air mendidih hingga jahe berubah menjadi ekstrak sehingga tidak ada nutrisi yang tertinggal.

Baca juga: Jus untuk Asam Urat.

Pengolahan jahe sebagai tanaman obat memang hampir sama dengan pengolahan berbagai tanaman obat lain, seperti daun jeruk, daun serai, daun sirsak, sidaguri dan lainnya. Anda dapat memperoleh manfaat alami tanaman-tanaman herbal ini untuk tubuh yang lebih sehat. Salam sehat.

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Herbal